biaya kuliah kedokteran
Kriteria, Alur Pendidikan dan Biaya Kuliah Kedokteran
23 Februari 2020
universitas terbaik di inggris
TOP 5 Universitas Terbaik di Inggris 2020
25 Februari 2020

Kuliah ‘Culinary’ di Perancis, Industri Makanan Terkenal Dunia

Siapa yang tak ingin berpelesir ke Perancis dan mencoba kulinernya? Perancis adalah negara yang sangat dikenal di kancah internasional dengan kuliner serta wine nya. Setiap daerah memiliki spesialisasi kuliner masing-masing dan kamu membutuhkan lebih dari sekali perjalanan agar puas mencoba semuanya! Bahkan, banyak pelajar internasional yang datang untuk kuliah di Perancis dengan mengambil studi bidang kuliner—industri makanan super terkenal di dunia.

Sejak 2010, ritual dan hidangan gastronomi negara ini telah diakui sebagai warisan budaya UNESCO. Orang Prancis juga sangat terikat dengan kebiasaan makan tiga kali sehari. Umumnya secara tradisional, mereka akan sarapan di pagi hari, makan siang sekitar jam 1 siang, dan makan malam sekitar jam 8 malam.

kuliah di perancis

Sumber: baketomake.wordpress.com

Kalau kamu adalah pecinta makanan manis, kamu bisa mendapati banyak toko kue terbaik di dekat tempat kamu tinggal! Kamu bisa memilih menu menarik seperti chocolate éclair atau lemon meringue tart. Restoran juga sangat memperhatikan penyajian bervariasi makanan penutup. Kamu bisa saja ditawari menu seperti café gourmand—sajian kopi yang ditemani oleh kue-kue mini yang lezat sebagai hidangan pencuci mulut!

Berbicara tentang studi, negara ini adalah tempat yang tepat untuk kamu yang bercita-cita kuliah di bidang kuliner! Kuliah di Perancis, tepatnya di kota Paris, kamu akan bisa dengan mudah terjun langsung untuk merasakan suasana industri kulinernya. Paris sendiri merupakan pilihan lokasi yang ideal untuk mempelajari seni dan teknik kuliner. Salah satu sekolah kuliner dan perhotelan top internasionalnya, Le Cordon Bleu Paris, menawarkan berbagai program di bidang kuliner.

kuliah di perancis

Sumber: Le Cordon Bleu

Berdiri sejak 1985, Le Cordon Bleu bermula sebagai sekolah memasak dan hingga kini berkembang di berbagai belahan dunia dalam seni kuliner dan hospitality. Sudah ada lebih dari 35 sekolah yang berlokasi di lebih dari 20 negara. Le Cordon Bleu juga menghasilkan banyak koki ternama dan beberapa dari mereka telah bekerja di restoran-restoran bergengsi dunia. Beberapa restoran ada yang menyandang status bintang Michelin dan One of the Best Craftsmen in France (Un des Meilleurs Ouvriers de France – MOF).

Le Cordon Bleu Paris memiliki salah satu tujuan dimana mereka ingin melatih para siswa mulai dari studi hingga saat di titik karir. Artinya siswa akan ‘digembleng’ sampai nantinya mampu mengembangkan karier di mana saja di dunia dan di bidang apa pun yang terkait dengan industri jasa. Beberapa program yang ditawarkannya juga bervariasi. Mulai dari cuisine, pastry, boulangerie, culinary management, wine and management, dan masih banyak lagi. Dengan pengalaman 120 tahun yang dimiliki, Le Cordon Bleu dijamin mampu memberikan dasar yang kuat dalam praktek kuliner, perhotelan, dan manajemen.

Biaya studi program Bachelor of Culinary Arts bisa dikatakan sangat sesuai dengan penyajian kualitas akademiknya yang tinggi. Untuk pelajar internasional, kamu dapat membayar sejumlah € 14,000 di tahun pertama. Kamu akan memulai studi dengan mempelajari praktik seperti saat di dapur, pembuatan pastry dan bakery, hotel, dan juga layanan katering. Di tahun selanjutnya kamu akan dibimbing mengenai basic cuisine, culinary design, dietetics, dan juga nutrition. Suasana belajar di Le Cordon Bleu pun menyenangkan. Kamu akan diawasi langsung oleh tenaga pengajar berpengalaman, bertemu koki terkenal, dan ikut aktivitas kunjungan lapangan!

Sumber: Freepik

Nah, berbicara kuliah di Perancis, bisa dipastikan rasa kangen kamu dengan rumah bisa terobati loh. Meskipun negara ini dikenal karena kulinernya, mereka juga punya ruang sendiri untuk menu masakan yang berasal dari negara lain. Karena Perancis adalah negara yang multikultural dan terbuka, banyak kota besar memiliki restoran menu masakan dari beberapa negara. Mulai dari Chinese, Indian, Italian, North African, African, dan bahkan Indonesian! Jadi kalau kamu merasa homesick, kamu bisa langsung memesan hidangan dengan rasa seperti yang ada di rumah.

Bagaimana? Apa kamu siap kuliah ‘Culinary’ langsung di industri makanan terkenal dunia ini?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia seperti Amerika, Australia, Inggris, Jerman, Asia dan masih banyak lagi. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!