kuliah di Inggris atau Amerika
Bercita-cita Kuliah di Inggris atau Amerika? Simak Keunggulannya Disini!
15 Maret 2020
visa pelajar Amerika
Persyaratan Umum Visa Pelajar Amerika yang Perlu Diperhatikan
17 Maret 2020

Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Amerika

kuliah di amerika

kuliah di amerika

Kuliah di Amerika merupakan salah satu impian sekaligus tantangan yang ingin taklukkan oleh banyak pelajar tanah air. Hal tersebut menjadi impian karena Amerika memiliki banyak universitas kelas dunia. Namun menjadi suatu tantangan karena pelajar harus jauh dari tanah air dan keluarga serta membuat mereka harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Kuliah di Amerika

kuliah di amerika

Sumber: Freepik

Jika kamu salah satu pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri, tepatnya ke Amerika Serikat. Kamu perlu mengetahui dan mempersiapkan diri untuk hal-hal berikut ini agar tidak terlalu terkejut nantinya. 

1. Bahasa

Meskipun bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang juga sudah sudah tidak asing lagi di Indonesia. Hanya saja, bahasa tersebut bukan menjadi bahasa pertama melainkan hanya bahasa kedua. Saat kuliah di Amerika, bahasa Inggris adalah bahasa utama yang harus digunakan, tidak hanya konteks pembicaraan sehari-hari namun juga dalam studi. 

Dalam perkuliahan, pada awalnya kamu mungkin akan agak kesulitan untuk memahami apa yang disampaikan oleh dosen karena gaya bahasa dan aksen yang belum familiar. Untuk mengatasi ini kamu dapat merekam apa yang diajarkan di kelas akan bisa kamu ulangi lagi di rumah sehingga dapat dimengerti. Selain itu, kamu dapat mempersiapkan diri sejak awal dengan cara mengikuti program intensif bahasa Inggris di dalam negeri, maupun yang disediakan oleh pihak kampus. Dengan mengikuti program intensif, kamu akan lebih percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris kamu sehingga juga lebih siap untuk menggunakannya dalam konteks akademik. 

Baca Juga : 7 Fakta Mengenai Kehidupan di Amerika

2. Akademik

Sistem belajar pada program studi S1 di Amerika Serikat akan cukup berbeda di Indonesia karena tidak ada “budaya” mencatat. Pembelajaran di kelas umumnya difokuskan pada diskusi, presentasi serta proyek bersama. Selain itu, keaktifan di kelas merupakan hal penting yang memiliki pengaruh pada nilai. 

Mahasiswa dari Indonesia umumnya akan cukup kesulitan untuk menyesuaikan diri karena kendala perbedaan cara belajar serta kendala bahasa. Selain itu, kurikulum yang digunakan di Amerika juga tidak sesuai dengan kurikulum nasional di Indonesia. Untuk mengatasinya, ada baiknya kamu dapat memilih alternatif lain selain langsung masuk ke program Bachelor. Misalnya mengikuti program Pre-University, atau bergabung dengan Community College terlebih dulu.

3. Culture Shock

Bukan hal yang baru bahwa jika pelajar Indonesia yang kuliah di Amerika akan pernah mengalami culture shock di awal-awal kedatangan. Culture shock ini terjadi karena perbedaan yang terjadi secara signifikan pada hal-hal di sekitar yang membuat seseorang harus beradaptasi. Hal-hal yang dimaksudkan di sini seperti hal-hal kecil dalam kehidupan seperti bagaimana orang-orang sekitar berperilaku, kecenderungan orang-orang dalam bersikap atau berbicara. 

Kebiasaan-kebiasaan yang berbeda termasuk bagaimana berbasa-basi, mengobrol dan berteman. Di Indonesia kita jarang sekali berbasa-basi dengan orang yang sama sekali tidak dikenal. Sementara di Amerika, orang-orang akan sangat ramah dalam memulai percakapan meskipun dengan orang yang belum dikenal atau bahkan dengan orang kebetulan bertemu seperti di lift atau ketika menunggu sesuatu. 

Orang Amerika umumnya sudah keluar dari rumah sejak masih SMA dan kerap berpindah sehingga jarang memiliki pertemanan yang lama dan dalam. Sementara sebagai orang Indonesia kita justru sebaliknya. Meskipun tampak seperti bukan hal yang besar, nyatanya hal tersebut cukup berdampak pada awal kedatangan untuk kuliah di Amerika. 

Baca Juga : Bercita-cita Kuliah di Inggris atau Amerika? Simak Keunggulannya Disini!

Untuk mengatasi culture shock, kamu harus berusaha menerima perbedaan dan lebih terbuka terhadap perubahan. Termasuk perubahan gaya hidup serta mulai membiasakan diri. Kamu juga perlu untuk lebih berusaha berteman dan berbaur dengan orang Amerika agar lebih dekat dengan budaya mereka dan bisa menyesuaikan diri. 

Persiapkan Dirimu!

kuliah di amerika

Sumber: Freepik

Ketiga hal yang disebutkan di atas sebenarnya bukanlah hal yang menakutkan, tetapi umumnya akan dialami oleh setiap pelajar Indonesia yang kuliah di Amerika. Setelah mengetahui hal tersebut, kamu akan lebih tahu apa yang perlu dipersiapkan dan apa yang harus dilakukan untuk menghadapinya. 

Kamu punya keinginan untuk kuliah di Amerika? Segera konsultasikan rencana studimu dengan SUN Education ya!

Tinggalkan Balasan