cara cepat belajar toefl
Ingin Cepat Belajar TOEFL? Ikuti Cara Sederhana Ini!
16 Januari 2020
biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia
19 Januari 2020

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman

kuliah di Jerman

Jerman merupakan destinasi studi favorit banyak orang dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, sosok B.J. Habibie memiliki peran dalam memberikan inspirasi untuk melanjutkan kuliah di negara yang sama dengan beliau yaitu Jerman. Selain itu, reputasi Jerman sendiri sebagai negara maju dalam bidang teknologi memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelajar Indonesia. 

Ada banyak alasan yang membuat Jerman sangat pantas untuk kamu jadikan destinasi studi. Jangan ragu dan mantapkan pilihanmu!

Yuk, simak 5 alasan kenapa kamu harus kuliah di Jerman!

1. Negara dengan latar belakang keilmuan yang kuat, terdepan dalam sains dan teknologi

ilmu

Sejak dahulu, bangsa Jerman adalah salah satu bangsa yang paling aktif dalam “menemukan” sesuatu, sehingga dikenal sebagai Das Land der Erfinder atau “negara para penemu”. Sebelum perang dunia kedua, Jerman telah menerima banyak anugerah Nobel dalam bidang ilmu pengetahuan. Beberapa barang yang ditemukan jerman antara lain adalah mobil, balon udara, mesin diesel, inti atom, aspirin dan fisi nuklir. Jerman juga merupakan negara asal dari ilmuwan terkenal, Albert Einstein, penemu teori relativitas. 

Baca Juga: Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya

Hal tersebut menjadikan Jerman sebagai salah satu negara yang maju dalam bidang sains dan teknologi. Jika kamu ingin mempelajari dua bidang tersebut, Jerman destinasi paling tepat buatmu.

2. Tidak hanya para ilmuwan, Jerman juga melahirkan para pemikir/filsuf serta seniman

Friedrich Nietzsche, Immanuel Kant, dan Karl Marx adalah beberapa filsuf asal Jerman yang dikenal dengan pemikiran-pemikiran mereka. Nietzsche pemikiran-pemikirannya tentang hidup serta kritiknya terhadap konsep agama. Max dikenal dengan pemikirannya dalam bidang masyarakat, ekonomi dan politik dengan teori yang disebut “Marxisme”. Sementara Immanuel Kant adalah pemikir yang menemukan pemahaman pengalaman filosofis serta pengetahuan empiris. 

Di bidang seni musik, tiga komposer Jerman yang mendunia antara lain adalah Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven. Ketiganya sama-sama dikenal sebagai jenius di bidang musik klasik yang karya-karyanya masih diagung-agungkan hingga saat ini.

3. Pendidikan yang inovatif dan berkualitas tinggi

Dengan latar belakang kekayaan ilmu pengetahuan di masa lalu, pendidikan di Jerman seolah sudah menjadi tradisi yang dikenal dan menjadi kiblat banyak negara lain di dunia. Hal itulah yang membuat Jerman selalu mengedepankan pendidikan dengan pemikiran bahwa pendidikan yang tinggi akan membawa kemajuan bagi bangsanya. Oleh karena itu, Jerman juga selalu menjaga kualitas pendidikannya agar dapat selalu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Di Jerman, pendidikan tidak hanya berfokus di kelas, tapi juga di laboratorium atau fasilitas penunjang pendidikan lainnya. Setiap universitas akan memiliki fasilitas berupa peralatan-peralatan berteknologi canggih untuk menunjang pendidikan melalui proyek penelitian. Tidak heran jika dalam berbagai penilaian mutu dan kualitas, universitas-universitas di Jerman kerap mendapatkan peringkat yang baik di antara universitas di dunia.

Baca Juga: Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

buku

4. Kesempatan untuk kuliah gratis di semua universitas milik negara di Jerman

Jerman merupakan salah satu negara yang mencoba menjadikan pendidikan sebagai produk non-komersial. Sejak tahun 2014, baik pelajar nasional maupun internasional dapat menempuh pendidikan secara gratis di 300 lebih universitas milik negara di Jerman. Meskipun pada pelaksanaannya, tetap ada sejumlah kecil biaya yang harus dibayarkan untuk administrasi dan biaya tambahan lainnya. 

Upaya ini sebenarnya telah dilakukan sejak lama, tetapi pada tahun 2006 aturan untuk meniadakan uang kuliah sempat dicabut. Hal ini menyebabkan beberapa negara bagian Jerman menerapkan kembali uang kuliah di perguruan tinggi wilayah mereka. Pada tahun 2014, biaya kuliah di jerman kembali dihapuskan di seluruh negara bagian sehingga kuliah di Jerman kembali gratis.

Baca Juga: Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020

5. Merupakan salah satu negara yang memberikan kesempatan bekerja setelah lulus bagi pelajar internasional

Setelah menyelesaikan kuliah di Jerman, kamu akan berkesempatan untuk menetap dan bekerja di Jerman sampai dengan 1,5 tahun. Hal ini akan memberimu pengalaman kerja di negara maju sehingga akan sangat berguna bagi perjalanan karirmu kedepannya. Banyak universitas di Jerman yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan, sehingga ini juga akan mempermudahmu untuk mencari pekerjaan setelah lulus. 

Siap untuk kuliah di Jerman?

Nah, itu dia alasan kenapa kamu harus kuliah di Jerman. Pendidikan di tingkat perguruan tinggi menjadi salah satu faktor yang menentukan masa depanmu. Jika kamu tertarik untuk kuliah di Jerman, kamu bisa mulai mencari tahu daftar universitas terbaik di Jerman dan mempertimbangkannya. 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!