kursus bahasa inggris terbaik di jakarta
Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Jakarta untuk Seluruh Kalangan!
17 Juli 2021
university of wollongong
Mengenal University of Wollongong, Kuliah Menyenangkan di Australia
19 Juli 2021

Kuliah di Luar Negeri? Cobain Sertifikasi Duolingo English Test yang Cuma Virtual!

duolingo english test

Sumber: Freepik

Untuk berkuliah di luar negeri, baik itu Amerika, Inggris, Australia, hingga di Singapura—kamu pasti wajib melampirkan sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris. Hal ini penting bagi mereka untuk mengetahui sejauh mana kemampuanmu dapat berkomunikasi dan mengikuti rangkaian proses belajar! Selain IELTS dan TOEFL yang populer—dimana tes tersebut harus kamu lakukan di tempat resmi pihak penyelenggara, ada satu pilihan lain yang lebih mudah untuk kamu lakukan karena sifatnya yang virtual. Tadaaa! Duolingo English Test, bisa jadi pilihan ideal sertifikasi karena hanya bermodalkan komputer, speaker, dan koneksi internet yang stabil!

duolingo english test

Sumber: Scholarships Corner

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, mobilitas tentu jadi pertimbangan besar bagi kita. Belum lagi jika berlokasi di tempat yang sangat jauh dari tempat tes, hal tersebut bisa cukup complicated bagi yang menghadapinya. Luckily, semakin banyak universitas internasional menangani isu-isu tersebut dengan mengumumkan bentuk dokumen persyaratan terbaru! Saat ini beberapa universitas menerima hasil Duolingo English Test sebagai bagian dari kelengkapan berkas persyaratan. Tes tersebut merupakan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris yang dilakukan secara virtual alias online. Kamu nggak perlu khawatir sulit untuk melengkapi aplikasi ke universitas impianmu lagi!

Caranya fleksibel dan mudah untuk kamu akses. Kamu bebas deh memilih waktu tes sesuai yang kamu inginkan! Hihi. Yang pasti sih harus jauh dari ‘jadwal’ persiapan pendaftaran mu ya. Biar nanti nggak mepet dan kamu siap sedia! Nah.. Sebelum mengikuti tes, ada baiknya kamu mengenal Duolingo English Tes ini terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

1. Praktis dan Cepat
Kamu cukup melakukan tes secara online dimana saja dan kapan saja tanpa harus membuat janji. Hasilnya pun bisa keluar 48 jam setelah kamu menyelesaikan tes. Setelah itu, bisa kamu lampirkan atau bahkan bagikan langsung kepada siapapun!

2. Biaya Terjangkau

duolingo english testSatu hal yang menonjol, hemat! Biaya tes ini hanya senilai USD 49 saja lho. Sangat murah kan jika kamu bandingkan dengan harga ujian sertifikasi lainnya? Mereka juga nggak membebankan biaya untuk pengiriman nilai ke universitas pilihanmu.

3. Struktur Tes
Sama seperti ujian sertifikasi lainnya! Tes ini menilai kemampuan bahasa Inggris kamu dari aspek reading, writing, speaking, hingga listening. Nantinya kefasihan tersebut akan terlihat melalui hasil tes dan dilaporkan dalam format nilai holistik mulai dari 10 sampai 160.

4. Konsep Tes Adaptif

duolingo english test

Sumber: Freepik

Tes ini cukup unik karena sifatnya yang adaptif. Artinya, jika menjawab pertanyaan tes dengan benar, maka sistem akan memastikan bahwa pertanyaan berikutnya akan lebih menantang! Sebaliknya jika kamu menjawab dengan salah, pertanyaan selanjutnya yang kamu temui akan lebih mudah. Dengan pertanyaan yang relatif sedikit, tes ini sudah bisa menentukan tingkat kefasihan Bahasa Inggrismu dengan cepat!

5. Yang Harus Kamu Persiapkan
Sangat mudah! Kamu hanya memerlukan komputer dengan mikrofon yang berfungsi, speaker, dan kamera. Pastikan kamu memiliki browser dengan versi terbaru dan koneksi internet yang stabil ya. Pihak Duolingo menginformasikan jika koneksi internet yang disarankan adalah dengan kecepatan unduh minimal 2 Mbps dan kecepatan unggah 1 Mbps. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan tanda pengenal (paspor atau KTP) sebagai verifikasi saat mengambil tes.

Dokumentasi SUN English.

Well, itu dia beberapa hal penting yang wajib kamu tahu sebelum mengambil tes tersebut! Easy peasy, right? Kamu bisa mempersiapkan tes tersebut dengan belajar secara mandiri atau mengikuti preparation program langsung dari lembaga profesional. Pas banget nih, kamu bisa mengikuti program dari SUN English—salah satu lembaga Bahasa Inggris yang terkenal sangat baik di Indonesia! Mereka menyediakan Duolingo Coaching Clinic untuk membantu dalam mempersiapkan Duolingo English Test.

Program eksklusif ini berdurasi selama 15 jam dengan kelas personal yang intensif. Kamu jadi bisa belajar secara efektif, maksimal, dan interaktif deh! Kurikulum mereka termasuk update secara berkala agar materi belajar tetap relevan dengan perkembangan pendidikan di era digital ini. Jadi, melalui program mereka kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki! Bagaimana? Apa kamu sudah menentukan pilihan dalam mempersiapkan Duolingo English Test? Tetap semangat dan siapkan secara matang sebelum tenggat waktu pengumpulan berkas pendaftaran mu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.