evo house
Cari Akomodasi Mahasiswa di Singapura? Coba Cek EVO House!
11 Oktober 2021
Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!
Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan TOEIC dan TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui!
13 Oktober 2021

Kuliah di Luar Negeri? Wajib Tahu Cara Memilih Asuransi Kesehatan!

memilih asuransi kesehatan

Source: Unsplash

Menempuh studi di luar negeri berarti kemungkinan kamu akan menghadapi banyak situasi berbeda. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan hal-hal yang dapat mengatasi keadaan darurat. Seperti apa keadaan daruratnya? Yang paling mudah dan relatable adalah jika kamu jatuh sakit di luar negeri. Kesehatan adalah modal utamamu lancar belajar di luar negeri, untuk itu kesehatan menjadi hal utama yang perlu dijaga.Sebagai mahasiswa asing, kamu harus tahu persyaratan kesehatan yang berlaku di negara tujuanmu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri adalah memilih asuransi kesehatan yang sesuai untukmu. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu nggak perlu takut jika perlu berobat ke rumah sakit atau klinik. Pasalnya, asuransi kesehatan akan menjadi backup situasi medismu! Asuransi kesehatan bagi mahasiswa internasional adalah hal penting, terutama kita sedang berada di tengah pandemi Covid-19.

Jika ingin kuliah di luar negeri, akses ke layanan kesehatan di destinasi studi menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Hal ini karena mahasiswa internasional biasanya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis dari pemerintah negara setempat. Nah, maka dari itu kamu butuh asuransi kesehatan yang dapat membantumu mengatasi keadaan medis apa pun.

Memilih asuransi kesehatan sounds like such a grown-up thing to do, ya? SUN Education sudah merangkum sejumlah tips yang bisa kamu pelajari sebelum memilih asuransi kesehatan yang terbaik untukmu!

Pilih Polis Asuransi yang Sesuai dengan Persyaratan Universitas

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan adalah kebijakan universitas tujuanmu. Ada beberapa universitas internasional yang mewajibkan mahasiswa asingnya untuk membeli asuransi kesehatan dari penyedia asuransi yang telah mereka pilih. Namun, ada pula universitas yang membebaskan mahasiswanya untuk memilih penyedia asuransi sendiri.

Kalau kamu diberikan kebebasan untuk memilih, biasanya kamu akan diberikan daftar persyaratan spesifik dari negara tujuanmu yang harus dipenuhi oleh asuransi kesehatan pilihanmu agar memenuhi syarat pengurusan visa. Setelah menerima daftar tersebut, baca dengan saksama dan pilihlah polis yang menanggung semua biaya yang tercantum dalam daftar tersebut. Ingat untuk memilih polis yang memenuhi daftar kriteria yang diberikan pihak universitas tujuanmu.

Selain itu, pilihlah penyedia asuransi yang bisa menyediakan semua dokumen yang diminta pihak universitas serta badan yang memproses visa pelajarmu.

Jenis Dukungan Dari Penyedia Asuransi

memilih asuransi kesehatan

Source: Unsplash

Masalah lainnya dalam memilih asuransi kesehatan adalah tingkat dukungan yang ditawarkan oleh penyedia asuransi. Pertimbangkan jenis dukungan yang kamu ingin penyedia asuransimu tawarkan. Apa yang kamu anggap sebagai komunikasi yang tepat waktu dan efektif? Bisakah kamu dengan mudah menghubungi perwakilanmu untuk membantu menyelesaikan masalah apa pun yang terkait dengan administrasi rencana, klaim, atau bahkan peristiwa darurat di kampus atau untuk siswa saat mereka berada di luar kampus? 

Double Check Manfaat yang Didapat

Langkah ini krusial dilakukan saat hendak memilih asuransi kesehatan yang sesuai untukmu! Kamu perlu memeriksa kembali semua manfaat yang akan kamu dapatkan untuk tahu apakah kamu akan mendapatkan standar pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebagai mahasiswa internasional, jangan lupa untuk menanyakan opsi dan manfaat khusus yang tersedia bagi mahasiswa asing seperti biaya repatriasi dan evakuasi, ya!

Karena kemungkinan besar kamu akan memiliki asuransi kesehatan yang sama selama seluruh masa kuliahmu, sangat penting untuk mengetahui persis benefit apa yang tercakup dalam asuransimu. Sebagai permulaan, pastikan asuransi kesehatan pilihanmu memiliki cakupan tradisional seperti dan kunjungan dokter, rawat inap, dan penebusan obat.  Kalau misalnya kamu ingin tanggungan biaya kesehatan terkait dengan gigi dan kacamata, biasanya kamu wajib membeli paket asuransi tambahan. 

Sesuaikan Dengan Durasi Kuliah

memilih asuransi kesehatan

Source: Unsplash

Umumnya, asuransi kesehatan bagi mahasiswa internasional dapat diperbarui hingga 4,5 tahun. Namun, jika kamu mengambil program di bawah masa itu, misalnya program Master atau PhD yang berdurasi kurang dari satu tahun, masih ada asuransi alternatif lainnya. Contoh alternatifnya adalah asuransi perjalanan yang ternyata menanggung biaya kesehatan serupa dengan asuransi kesehatan. 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap soal ini, kamu bisa konsultasi dengan pihak universitas pilihanmu maupun konsultan pendidikan internasional agar mengetahui izin atau detail lengkap jika menggunakan asuransi perjalanan sebagai pengganti asuransi kesehatan.

Cari Tahu Biaya Mandiri

memilih asuransi kesehatan

Source: Unsplash

Berikutnya, dalam memilih asuransi kesehatan, kamu perlu mencari tahu segala biaya yang perlu kamu tanggung sendiri. Selain biaya premi asuransi bulanan, kemungkinan kamu juga harus mengeluarkan uang saat mengurus klaim asuransi. Untuk menghindari kesalahpahaman atau misinformasi, minta info lengkap mengenai biaya yang harus kamu tanggung sendiri ke penyedia asuransimu agar kamu bisa membuat anggaran pribadi yang matang.

Tarif yang Stabil

Di tengah dunia yang kerap bergejolak, memprediksi tarif asuransi di masa depan mungkin tampaknya merupakan upaya yang sulit. Maka dari itu, ini bisa berarti bahwa penyedia asuransi mungkin tidak dapat atau tidak mau berkomitmen pada tarif yang stabil.

Kamu harus mencari mitra asuransi yang dapat memberikan ketenangan pikiran melalui tarif stabil.

Kebijakan Pembatalan

Source: Unsplash

Masih ada kemungkinan kamu akan menghadapi berbagai situasi yang tak terduga dalam perjalanan studimu. Misalnya, visa pelajarmu bermasalah atau ada situasi darurat lainnya yang membuatmu terpaksa menunda studi di luar negeri. Nah, saat hal-hal semacam ini terjadi, kamu harus memahami kebijakan pembatalan asuransi kesehatan.

Dengan memahami kebijakan pembatalan, kamu akan tahu apakah kamu memenuhi syarat untuk berhenti membayar premi dan menerima uang pengembalian. Biasanya jika kamu membatalkan asuransi kesehatan sebelum tanggal efektif berlaku, kamu akan mendapatkan pengembalian dana penuh, tetapi setelahnya, kemungkinan kamu akan terkena biaya pembatalan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti demi memudahkanmu memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu! Meski begitu, kamu harus ingat bahwa sebaiknya kamu tidak mengurus asuransi kesehatan saat detik-detik terakhir sebelum keberangkatanmu ke luar negeri. Don’t wait until the last minute! Kamu perlu merencanakan dan membelinya dari jauh-jauh hari agar semua dokumen yang kamu butuhkan dapat terkumpul secara lengkap.

Meskipun universitas tujuanmu mungkin tidak mengharuskan kamu memiliki asuransi kesehatan sampai mulainya hari kelas, tetap bukan ide bagus untuk tidak segera mengurus sesuatu yang sepenting asuransi kesehatan. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mulai memilih asuransi kesehatan sejak awal, bahkan jauh sebelum ke luar negeri.

Kalau kamu berencana untuk kuliah di luar negeri, SUN Education juga bisa membantumu perihal asuransi kesehatan, lho! Jadi kamu nggak perlu bingung dan ribet, tinggal cari informasi lebih lengkapnya di SUN Education.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan