5 Kampus Terbaik Dunia Untuk Memulai Pendidikan Tinggimu
5 Maret 2020
Last Call September 2020 Intake Scholarships
6 Maret 2020

Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah Jurusan Priskologi

kuliah jurusan psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku serta fungsi mental manusia secara ilmiah. Ilmu ini merupakan ilmu yang masih akan terus berkembang sehingga suatu konsep atau teori dapat dengan segera berganti, dikembangkan atau dilengkapi oleh teori baru. Di tingkat perguruan tinggi, ilmu ini akan dapat kamu dalami dengan mengambil kuliah jurusan psikologi. 

Kuliah Jurusan Psikologi 

kuliah jurusan psikologi

Sumber: Freepik

Jurusan psikologi sendiri di universitas umumnya diajarkan dengan pendekatan dan cara pandang berbeda oleh setiap institusi. Di Indonesia sendiri, terjadi perbedaan cara pandang dalam cara menyeleksi mahasiswa yang masuk. Ada institusi yang menerima mahasiswa melalui paket ujian saintek (ipa), dan ada pula yang soshum (ips).

Perbedaan ini sebenarnya terdapat pada cara pandang ataupun pendekatan dalam pengajarannya dan penerapannya. Secara umum, psikologi dengan dengan pendekatan saintek akan berfokus pada teori dan analisa, sementara psikologi dengan pendekatan soshum akan berfokus ke aplikasi gejala sosialnya. Meski demikian, tidak ada pengaruh yang signifikan perbedaan tersebut dalam peluang atau jenjang karir ke depannya. 

Pembagian Ilmu Psikologi

jurusan psikologi

Sumber: Freepik

Hal yang akan cukup berpengaruh untuk karir di bidang psikologi adalah spesifikasi atau fokus studi pengaplikasian ilmu ke depannya. Ada baiknya kamu mengetahui bidang-bidang ini sebelum kamu memutuskan untuk kuliah jurusan psikologi. 

Psikologi Umum dan Eksperimental

Cabang ilmu psikologi yang pertama ini berfokus pada pembahasan tentang penelitian atau eksperimen dalam bidang psikologi. Kamu akan diajarkan tentang bagaimana sebuah penelitian psikologi dilakukan dengan menggunakan peralatan atau berbagai metode yang ilmiah sehingga memiliki akurasi yang tinggi. Singkatnya, cabang ilmu ini akan membantu membantu untuk merinci, menjabarkan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan proses-proses psikologi. 

Psikologi Klinis

Psikologi klinis adalah spesifikasi yang akan mengarahkan kamu untuk menjadi psikolog. Pada spesifikasi ini kamu akan mempelajari pola tingkah laku manusia dalam kasus yang lebih fokus dan mendalam. Kamu sudah lepas dari pola umum, dan siap untuk menangani berbagai macam gangguan terkait mental manusia. 

Psikologi Perkembangan

Cabang psikologi yang satu ini merupakan cabang yang berfokus pada proses perkembangan mental manusia. Pada bidang ini aku akan dipersiapkan untuk melakukan observasi pada kasus-kasus perkembangan psikologi mulai dari anak-anak hingga manula. Psikologi perkembangan memungkinkan kamu untuk mengetahui bagaimana berkembang manusia, mengenali gangguan-gangguan atau krisis yang terjadi, hingga menentukan cara menghadapinya. 

Psikologi Industri dan Organisasi

Dalam sebuah industri, organisasi atau perkantoran ada banyak sekali aspek psikologi dan perlu dibahas dan dimengerti. Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) adalah cabang psikologi khusus untuk mendalami hal tersebut. PIO akan mempersiapkan kamu untuk menempati posisi di bagian sumber daya manusia (HRD) di sebuah perusahan. 

Psikologi Pendidikan

Sebagai bagian paling krusial dalam kehidupan manusia, pendidikan adalah suatu hal yang memiliki hubungan erat dengan psikologi. Misalnya bagaimana pendidikan yang tepat untuk anak dalam usia tertentu. Dengan psikologi pendidikan, kamu akan mampu untuk membuat pemetaan kebutuhan dan ketepatan akan pendidikan untuk berbagai situasi dan kondisi. 

Psikologi Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu terlibat dengan orang lain di dalam hidupnya. Kondisi psikologi dari interaksi manusia sebagai makhluk sosial inilah yang dipelajari dan dibahas dalam Psikologi Sosial. Bidang ini menjelaskan bagaimana konflik sosial dapat terjadi hingga bagaimana seseorang dapat memiliki masalah dalam interaksi sosialnya. 

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Psikologi 

kuliah jurusan psikologi

Sumber: Freepik

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa lulusan kuliah jurusan psikologi terbatas akan bekerja sebagai HRD atau psikolog. Namun, sebenarnya kamu memiliki kesempatan untuk menempati posisi seperti konsultan psikologi, peneliti psikologi, ahli psikometri, dosen/guru, terapis, trainer, konselor dan lain sebagainya. 

Matangkan Rencanamu Kuliah Jurusan Psikologi!

are you ready?

Sumber: Freepik

Jika saat ini duduk di bangku SMA dan berencana untuk kuliah jurusan psikologi, kamu hanya perlu memantapkan rencanamu. Banyak mencari informasi mengenai jurusan psikologi di berbagai universitas mungkin akan membantumu untuk membuat keputusan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan penasihat akademik di sekolah dan orang tua mengenai hal tersebut. Selain itu, jika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah jurusan kuliah psikologi di luar negeri, kamu dapat mengkonsultasikannya dengan SUN Education. 

Tinggalkan Balasan