Le Cordon Bleu Virtual Culinary Fest
Pelajari Hidangan Klasik Prancis di Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival 2022
8 April 2022
wisata selandia baru
6 Tempat Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Selandia Baru
12 April 2022

Kuliah Jurusan Teknik Geologi Kayak Apa, sih?

Kuliah Jurusan Teknik Geologi Kayak Apa, sih?

Saat memilih jurusan untuk kuliah, banyak banget hal yang perlu kamu pertimbangkan. Mulai dari minat dan bakat, jurusan semasa SMA, prospek karir dan banyak lagi. Makanya, kamu juga harus banyak-banyak browsing tentang jurusan yang ada di universitas. Tanpa kamu sadari, banyak banget jurusan-jurusan kuliah yang belum kamu tahu atau informasinya minim sekali. Jangan khawatir, kami akan membahas tentang kuliah jurusan teknik geologi selengkap-lengkapnya. Mulai dari pengertian, mata kuliahnya hingga prospek kerja lulusannya. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

 

Apa itu jurusan teknik geologi?

Kuliah Jurusan Teknik Geologi Kayak Apa, sih?

Jurusan teknik geologi adalah jurusan yang mempelajari tentang bumi juga isinya. Pembahasannya meliputi bahan dan struktur pembentuk bumi, posisi bumi di alam semesta juga perkembangannya hingga hari ini. Nggak hanya mempelajari sebab-sebab saja, jurusan teknik geologi juga akan mengajarkan bagaimana mengatasi permasalahan-permasalahan di bumi.

Dalam jurusan teknik geologi sendiri memiliki peran untuk mengkaji pemanfaatan sumberdaya alam seperti mineral, energi dan air juga penerapan kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam. Nantinya akan ada banyak ilmu terapan yang ikut kamu pelajari seperti Geologi Tambang, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Minyak dan Gas Bumi dan lain-lain.

 

Mata kuliah jurusan teknik geologi 

Buat kamu yang penasaran dengan bumi beserta isinya, maka teknik geologi bisa menjadi pilihan kamu. Apalagi ilmu ini juga memiliki unsur Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika. Makanya, nanti kamu akan terlatih untuk menjadi lebih rasional, sistematis dan analitis. Mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari dalam jurusan teknik geologi antara lain geologi dasar, sedimentologi, geokomputasi, paleontologi, fisika, petrologi, mitigasi bencana geologi, dan lain-lain.

Jika kamu berminat untuk berkuliah jurusan teknik geologi di luar negeri, biasanya jurusan ini masuk ke dalam program science. Contohnya pada University of Exeter, jurusan ini bernama BSc Engineering Geology and Geotechnics. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari pada tahun pertama seperti Dynamic Planet, Earth and Environmental Chemistry, Earth History and Paleontology, Field Geology and Geological Maps dan lain-lain.

 

Bisa kuliah ke luar negeri?

Kuliah Jurusan Teknik Geologi Kayak Apa, sih?

Untuk jurusan teknik geologi, kamu bisa menempuh pendidikannya lewat universitas dalam maupun luar negeri. Jurusan ini tersedia hampir di seluruh universitas di negara tujuan favorit seperti Australia, Inggris, Singapura dan lain-lain. Seperti yang disebutkan sebelumnya, universitas di Inggris seperti University of Exeter yang jurusan teknik geologinya bernama  BSc Engineering Geology and Geotechnics. 

Kalau kamu berminat kuliah jurusan teknik geologi di luar negeri, durasinya sekitar 3-4 tahun tergantung dengan universitasnya. Ilmu yang diberikan hampir sama dengan universitas dalam negeri, perbedaannya ada pada kurikulum, perkuliahan dan teaching method-nya. Biasanya perkuliahan di luar negeri lebih praktikal dengan kelas berukuran lebih kecil. Kelas yang kecil ini justru menghadirkan suasana kelas yang lebih intimate dimana antara siswa juga dosen. Kamu akan lebih leluasa untuk berdiskusi mengenai mata kuliah sehingga lebih mudah untuk dimengerti.

Yang harus dipersiapkan sebelum kuliah jurusan teknik geologi

Menjadi mahasiswa jurusan teknik geologi tentu butuh banyak persiapan. Apalagi bidang yang dipelajari adalah bidang eksak. Dari sini saja kita sudah tahu bahwa sebaiknya yang masuk ke dalam jurusan ini adalah anak IPA. Menjadi anak IPA membantu kamu mempelajari ilmu-ilmu seperti fisika, matematika, kimia dan biologi yang menjadi ilmu dasar jurusan ini.

Beda lagi kalau kamu mau kuliah jurusan teknik geologi di luar negeri. Semua universitas luar negeri memiliki persyaratan akademis dan bahasa Inggris yang perlu kamu penuhi. Untuk memenuhi dua persyaratan penting ini, kamu harus mengikuti program Foundation yang berdurasi sekitar 12 bulan. Di sini kamu akan belajar pelajaran yang sesuai dengan jurusan yang kamu ambil untuk mendapatkan nilai yang sesuai untuk persyaratan akademis. 

Seperti program BSc Engineering Geology and Geotechnics dari University of Exeter memiliki persyaratan akademis yakni A Level dengan nilai AAB -ABB dengan nilai B untuk Geology atau International Baccalaureate dengan total nilai 34 yang terbagi menjadi 6,6,5 dengan dua mata pelajaran sains bernilai 5 pada level yang lebih tinggi atau Geology dengan nilai 5 pada level lebih tinggi. Pelajaran-pelajaran pada GCE A Level antara lain Biologi, Kimia, Komputer, Desain dan Teknologi, Ekonomi, Elektronik, Studi Lingkungan, Geografi, Geologi, Matematika, Fisika, dan Statistika.

Keuntungan memilih jurusan teknik geologi

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat memilih jurusan teknik geologi. Pertama, lulusan ini sangat dibutuhkan untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perminyakan, geoservice dan pertambangan. Bahkan kamu juga punya pilihan untuk menjadi konsultan rekayasa geologi, lho!

Karir untuk lulusan teknik geologi juga sangat luas. Bahkan berkarir di bidang pengelolaan bencana bisa jadi pilihan karir lulusannya. Apalagi jurusan ini merupakan jurusan yang begitu menantang khususnya bagi kamu yang mencintai ilmu eksak.

 

Prospek kerja lulusan jurusan teknik geologi

Saat memilih jurusan, karir masa depan juga menjadi pertimbangan kamu. Untuk jurusan ini, prospek karirnya juga sangat menjanjikan. Apa saja, ya?

Ahli sistem informasi geografis

Karir ini berkaitan dengan keterampilan kamu menggunakan komputer, aplikasi software dan hardware untuk mengolah data seputar informasi geografi. 

Teknisi tambang dan minyak

Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam pencarian pengolahan minyak bumi dan gas. Kamu harus punya sifat yang super teliti, sistematis dan analisis yang kuat untuk bidang ini.

Geologi tata lingkungan

Tugas dari profesi ini adalah penyelidikan, penelitian dan perekayasaan juga pelayanan air tanah, geologi lingkungan dan geologi teknik.

Itulah informasi tentang jurusan teknik geologi, masih banyak keuntungan dan prospek kerja lain di luar sana. Jika kamu ingin menimba ilmu teknik geologi secara mendalam, kamu bisa memilih kuliah ke luar negeri. Eits, jangan lupa untuk konsultasi GRATIS rencana studimu dengan SUN Education. Mulai dari persyaratan akademis, persyaratan bahasa Inggris, hingga akomodasi akan dibantu!

Mau informasi tentang jurusan kuliah yang lengkap dan mudah diakses? SUN Mobile App wajib ada di handphone kamu. Nggak hanya membahas tentang kuliah ke luar negeri, SUN Mobile App memiliki fitur Field of Study yang memberikan informasi seputar jurusan-jurusan untuk universitas dalam dan luar negeri. SUN Mobile App sudah bisa kamu unduh via Play Store dan App Store.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Sumber gambar: Pexels

Tinggalkan Balasan