Gerontology/Ilmu Orang Lansia
6 November 2020
TeesideUniversity_DesignCompetition
Teesside Design Competition 2020 – 2021
10 November 2020

8 Universitas Terbaik untuk Kuliah Online Luar Negeri 2020

kuliah online luar negeri

Sumber: Freepik

Pandemi mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita di tahun 2020 ini, termasuk dalam hal pendidikan. Untuk menghindari penyebaran penularan covid-19, berbagai sekolah dan universitas harus beradaptasi dan mulai menerapkan sistem online. Proses belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara langsung atau tatap muka pun mulai sangat dibatasi. 

Berbeda dengan di Indonesia, sistem kuliah secara online bukanlah hal yang baru karena telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu. Sudah banyak sekali institusi pendidikan tinggi di luar negeri yang menawarkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem online. Tidak heran jika pendidikan di luar negeri dinilai lebih siap dengan hal ini, ketimbang di Indonesia. 

8 Universitas Terbaik untuk Kuliah Online Luar Negeri 2020

kuliah online

Sumber: Freepik

1. Ohio State University–Columbus

Ohio State University telah menyediakan program online untuk tingkat Sarjana sejak tahun 2008-2009. Universitas ini umumnya menawarkan program-program terkait bidang kesehatan, seperti keperawatan dan lain-lain. Peminat program ini setiap tahunnya cukup banyak baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

2. Embry-Riddle Aeronautical University–Worldwide

Universitas swasta yang terletak di negara bagian Florida, Amerika Serikat ini telah menawarkan program online sejak tahun 1996-1997. Universtas ini menyediakan beragam program mulai dari bisnis hingga ilmu dan teknologi penerbangan. Embry-Riddle Aeronautical University tidak hanya menawarkan program sarjana, namun juga master, PhD, dan program non-gelar. 

3. University of Illinois–Chicago

University of Illinois Chicago adalah universitas publik yang sudah menawarkan program online sejak 2007-2008. Universitas ini menawarkan berbagai macam program studi mulai dari tingkat sarjana, master, hingga doktor. Bidang studi yang tersedia antara lain adalah bisnis dan kesehatan. 

4. University of Florida

Sejak 2001-2002, University of Florida telah menawarkan program online untuk tingkat sarjana. Tidak hanya itu, universitas ini juga menyediakan program-program untuk gelas master dan doktor, serta program-program non gelar. Sementara itu, bidang studi yang ditawarkan juga cukup beragam, termasuk kriminologi dan manajemen olahraga. 

5. Oregon State University

Universitas ini termasuk salah satu yang sudah menyediakan program online sejak lama, yaitu sejak 2000-2001. Oregon State University sendiri adalah universitas publik yang menawarkan lebih dari 80 program gelar secara online. Pilihan program studi yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari bisnis, komputer, teknik, seni, hingga kesehatan. 

6. Arizona State University

Arizona State University menawarkan program studi online untuk program gelar sarjana, master dan doktor, serta program studi non-gelar. Universitas ini adalah universitas publik yang telah menyediakan program online sejak tahun ajaran 2006-2007. Ada 253 program studi online yang universitas ini tawarkan dalam berbagai bidang studi dan tingkatan. 

7. University of Oklahoma

University of Oklahoma merupakan universitas yang menawarkan program studi online khusus untuk tingkat master. Universitas ini telah menyediakan program online sejak tahun ajaran 2003-2004. Program-program yang tersedia umumnya sudah sangat spesifik seperti International Business Law, Hydrology & Water Security, hingga Integrative Studies.

8. Loyola University Chicago

Universitas ini terbaru baru dalam menyediakan program studi online yaitu sejak tahun ajaran 2011-2012. Meski demikian, universitas swasta ini termasuk yang terbaik dan terlengkap dengan pilihan program di berbagai tingkatan. Loyola University Chicago menawarkan pilihan program studi yang sangat beragam layaknya yang tersedia untuk kelas dan perkuliahan offline. 

Siap untuk kuliah Online di luar negeri tahun ini?

Sumber: Freepik

Nah itu dia 8 universitas terbaik untuk kuliah online luar negeri, khususnya Amerika Serikat berdasarkan Best Online Programs U.S. News & World Report 2020. Selain itu, terkait covid-19, sebagian universitas di seluruh dunia juga membuka program online. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Amerika, Kanada, Inggris, Eropa, Australia, Selandia Baru dan Asia kamu dapat berkonsultasi dengan SUN Education, lho! Hubungi cabang SUN Education terdekat dan wujudkan rencanamu untuk melanjutkan studi!

Comments are closed.