Perbedaan Each dan Every yang Kamu Belum Tahu!
20 Juli 2022
Idiom Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan
20 Juli 2022

Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Yang Sulit Tapi Penting Untuk Kamu Hafal

Tidak sedikit dari kita merasa kosakata bahasa inggris yang sulit akan menghambat kita untuk memahami suatu konteks bacaan maupun percakapan di dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita dapat jika terbiasa menjumpai dan memahami arti dari sejumlah kata tersebut. Sulit atau tidaknya sebuah kata terukur dari seberapa sering jenis atau kelompok kata tersebut terpakai oleh pengguna Bahasa Inggris. Seperti dalam obrolan ringan, sapaan kepada teman atau rekan kerja, serta berbagai situasi sosial di masyarakat dan tempat umum.

Lalu, bagaimana cara memulainya? Tentunya, ada banyak jalan pintas yang bisa kamu tempuh untuk menghafal kosakata bahasa inggris yang sulit. Kamu pun dapat menyesuaikan metode belajar ini dengan caramu sendiri. Di sini kami akan berikan beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan langsung ketika ingin mendalami vokabuler baru yang jarang terpakai. Simak Yuk!

 

1.Kelompokkan Sesuai Tema

Kendala yang kerap kita alami saat ingin menghafal adalah kelupaan. Ini merupakan hal wajar karena bahasa asing tidak seperti Bahasa Ibu yang biasa kamu pakai 24 jam. Dengan mengelompokkan kata-kata sesuai dengan tema bahasan atau topik, kamu akan lebih mudah mengingat kembali kosakata tersebut. Sebagai contoh jika kamu ingin menghafal kata dengan kategori alam dan lingkungan, kamu dapat mengurutkan mulai dari jenis kata orang atau benda yang terlibat di dalamnya, nama kata kerja, sifat atau istilah-istilah lain. Tahukah kamu, topik yang memiliki banyak kosakata Bahasa Inggris yang sulit terdapat pada beberapa tema seperti kesehatan, sains dan teknologi, politik, hukum dan kriminal, sejarah, dan sejenisnya.

Source: 123rf.com

 

2.Temukan Satu Kata Dengan Beragam Sinonim

Tahukah kamu, satu kata dalam Bahasa Inggris dengan arti tertentu memiliki sejumlah kata lain dengan arti yang serupa, lho. Mengapa demikian? Sama halnya dengan Bahasa Indonesia, kata-kata tersebut memiliki berbagai macam sinonim yang bermakna serupa. Namun tentu saja, pemakaian kata-kata tersebut harus kamu sesuaikan kembali dengan situasi kalimat atau konteks yang kamu bicarakan. Contoh kata “good” memiliki arti baik atau bagus. Kamu bisa membiasakan diri mencari persamaan kata lainnya seperti nicekindfinegreat, dan lain-lain.

 

3.Tidak Mengulang Pola atau Struktur Bahasa Yang Sama

Cara ini cukup serupa dengan teknik sebelumnya, namun tidak selalu berfokus pada sinonim saja. Dengan tidak menggunakan susunan kalimat yang sama, kamu akan terdorong untuk lebih banyak memakai vokabuler beragam serta struktur bahasa yang beragam. Kamu bisa mengubah gaya bahasa kalimat agar tidak repetitif. Sehingga kualitas produksi kalimat akan lebih meningkat dengan kosakata Bahasa Inggris yang sulit. Perhatikan contoh berikut ini:

*Contoh 1: The restaurant is cheap.

The restaurant offers affordable prices.

*Contoh 2: I dislike horror movies.

I don’t have any particular interest in horror films.

Sumber: vectorstock.com

 

Rekomendasi Kosakata Akademis Untuk Beberapa Topik

Di sini kami akan berikan beberapa rekomendasi kosakata Bahasa Inggris yang sulit beserta sedikit pembahasan singkat. Selain itu, kami bedakan berdasarkan kategori topik sehingga lebih mudah untuk kamu hafal dan pahami.

Perasaan dan Karakter Manusia

*Industrious (adjective): Adalah “rajin” yang ke arah pekerja keras dan produktif.  Kata lain yang memiliki arti serupa adalah diligent yang berarti “bekerja rajin dengan berhati-hati dan detail”.

*Idle (adjective): Bermakna “Malas”. Kata ini memiliki tingkat arti yang sama dengan lazy.

*Tickled pink (adjective): Kata ini mengungkapkan arti “sangat bahagia” yang masuk dalam kategori bahasa tidak resmi atau informal.

*Doting (adjective): Arti dari doting adalah “memanjakan dengan penuh” atau “memberikan kasih sayang lebih”. Ini dapat kamu pakai misalnya pada situasi perhatian ibu kepada bayinya, atau ayah kepada anaknya.

Teknologi

*Hereditary (adjective): faktor keturunan; diturunkan secara turun temurun

*Proprietary(noun/adjective): hak milik; hak kepemilikan secara sah di mata hukum

*Emerging (adjective): muncul ke permukaan; menjadi lebih nyata dan bertumbuh

*Assistive (adjective): bersifat membantu. Biasanya kata “assistive” dipakai pada situasi pekerjaan maupun akademis untuk membantu sebuah project, tugas, dan sejenisnya.

Source: alamy.com

 

Contoh-Contoh Lainnya

Kesehatan dan Penelitian

*Sedentary (adjective): sikap seseorang yang cenderung menghabiskan waktu lebih banyak duduk dan tidak aktif.

*Prescription (noun): resep obat; rekomendasi obat dari dokter.

*Sprain (noun): sakit keseleo; rasa sakit yang umumnya terletak di daerah tangan, kaki, bisa juga leher.

*Contagious (adjective): menular.

*Remedy (noun): obat, bahasa lain dari “medicine”.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris di Bali dan di berbagai wilayah di Indonesia, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan