5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia
1 Februari 2020
universitas terbaik di malaysia
Taylor’s University, Malaysia: Terbaik di Dunia dalam Bidang Hospitality
4 Februari 2020

Macam-macam Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Di Masa Depan

macam-macam jurusan kuliah

macam-macam jurusan kuliah

Apakah kamu sedang dalam fase bersiap untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan bingung ingin memilih jurusan apa? Tak perlu risau. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat serta bakat yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan skill yang dimiliki serta tahu arah karir yang ingin dipilih saat lulus nanti. Namun terkadang, beberapa dari kita masih belum yakin dengan beberapa pilihan—apalagi jika memikirkan jalan karir setelah menyelesaikan studi.

macam macam jurusan kuliah

Sebenarnya, tidak peduli berapa banyak perubahan teknologi yang terjadi di workplace saat ini—ada beberapa pekerjaan yang selalu dibutuhkan maupun yang baru muncul dan demand-nya sangat tinggi. Disamping itu, ada beberapa jurusan kuliah yang bertujuan untuk menyesuaikan dengan pekerjaan baru yang tercipta karena adanya perubahan teknologi.

Nah, dibawah ini ada macam-macam jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan dan mungkin dapat membantu untuk menentukan pilihanmu:

1. Jurusan Teknologi Informasi

Sumber: Freepik

Peran Teknologi Informasi tak lepas dari kalangan masyarakat. Banyak kemajuan yang telah dicapai oleh manusia dalam bidang ini. Seperti yang kita ketahui, bidang Teknologi Informasi memudahkan manusia dalam pengerjaan tugas. Pemanfaatan bidang ini juga diterapkan dalam dunia bisnis untuk perdagangan elektronik atau yang kita sebut dengan e-commerce. Dalam jurusan Teknologi Informasi, kamu akan dituntut untuk mempelajari konsep bahasa pemrograman terlebih dahulu dan akan menjumpai mata kuliah seperti matematika dasar, kalkulus, aljabar, dan lainnya. 

Baca Juga : Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Ada sangat banyak lowongan pekerjaan dalam bidang ini yang membuka pintu sangat lebar bagi para programmer maupun yang berkutat dalam networking. Sebab hingga saat ini banyak sekali perusahaan ataupun pihak-pihak yang merintis proyek dan membutuhkan keahlian bidang Teknologi Informasi. Akan tetapi, kamu juga tidak harus menjadi seorang programmer atau web developer. Kamu dapat mengaplikasikan ilmu yang telah kamu pelajari dalam pekerjaan lainnya.

2. Bisnis dan Manajemen

macam macam jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Jurusan Bisnis dan Manajemen adalah jurusan favorit banyak pelajar! Bidang ini sangat dibutuhkan hampir di seluruh perusahaan. Saat kuliah nanti, kamu akan mempelajari tentang tujuan yang harus dicapai, menganalisa data dan informasi, menyusun strategi berdasarkan prinsip efisien, dan masih banyak lagi.

Jika kamu berkarir dalam lingkup bidang ini, kamu bisa saja ditempatkan di berbagai bagian seperti manajemen perusahaan, marketing, keuangan, dan bahkan statistik ekonomi. Selaini itu, perusahaan besar sering sekali membutuhkan seorang manajer bisnis untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, dan juga mengimplementasikan strategi. Kalau bidang ini merupakan passion mu, itu adalah hal bagus! Kamu memiliki banyak kesempatan untuk meraih karir impian setelah merampungkan studi.

3. Teknik

Sumber: Freepik

Teknik adalah bidang yang melahirkan insinyur-insinyur pembangun masa depan bangsa. Sebagai bidang keilmuan yang populer, jurusan Teknik memiliki banyak spesialisasi. Kamu bisa memilih cabang spesifiknya seperti Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, dan masih banyak lainnya. Dalam jurusan ini, kamu akan diajarkan untuk menyeimbangkan kompetensi teori dan praktek agar dapat menciptakan inovasi untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Baca Juga : Pengalaman Berharga Saat Kuliah di Luar Negeri

Karena teknologi semakin ditingkatkan agar dapat membantu manusia menjadi lebih efisien, bidang ini sangat dibutuhkan dalam setiap lini kehidupan serta karir. Berbagai dunia usaha hingga kini sangat memerlukan tenaga kerja di bidang teknik. Diharapkan dengan bekal pengetahuan serta keahlian yang telah kamu dapatkan, kamu mampu terjun ke lapangan menciptakan karya serta pemikiran bagi perkembangan dan kemajuan negara.

4. Desain dan Komunikasi Visual

macam-macam jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Desain dan Komunikasi Visual merupakan bidang ilmu yang sangat cocok bagi kamu dengan kreativitas serta detil saat dihadapkan pada sebuah rancangan. Jurusan ini adalah cabang ilmu tentang strategi komunikasi dengan menggunakan media visual. Kamu akan belajar menyampaikan pesan melalui media dua dimensi, tiga dimensi, dan bahkan multimedia, seperti: desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, dan lainnya.

Berbagai produk hasil karya Desain Komunikasi Visual juga dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti desain packaging makanan yang ada di rumahmu, cover majalah, iklan televisi, billboard yang ada di pinggir jalan, desain website, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

Karena DKV sangat berhubungan dengan kehidupan dan memberikan dampak, lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Kamu pun dapat memilih untuk menjadi pengusaha, karyawan, maupun pegawai lepas (freelance). Berbagai perusahaan dan industri kreatif akan membuatmu berkesempatan untuk ikut bergabung menjadi bagian dalam menciptakan hasil karyamu.

5. Lingkungan

macam-macam jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Seperti yang kita tahu, isu lingkungan hidup sudah terjadi sejak lama hingga saat ini. Seluruh pemerintah mulai membuat kebijakan yang berkaitan dengan isu lingkungan untuk menanggulanginya. Oleh karena itu, spesialis yang berhubungan dengan lingkungan tentu semakin dibutuhkan untuk bekerja baik di pemerintahan maupun instansi lainnya. 

Saat kamu menempuh studi di bidang ini, kamu akan menjumpai pelajaran mengenai teknik menyelamatkan lingkungan, pencegahan, penyembuhan untuk lingkungan yang sudah tercemar dan lainnya. Bagi para lulusan bidang yang berkaitan dengan Lingkungan diharapkan mampu membuat kebijakan yang berhubungan dengan lingkungan maupun menggerakkan masyarakat lainnya untuk bersama-sama mengusung hidup yang lebih sustainable.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!