Mau Lanjut S2 Pariwisata, di Universitas Mana, Ya?
Mau Lanjut S2 Pariwisata, di Universitas Mana, Ya?
27 April 2022
IELTS iBT
Jangan Sampe Keliru, IELTS iBT Beneran Ada?
29 April 2022

Mahasiswa Wajib Tau! Ini Fakta Jurusan Teknik Informatika

fakta jurusan teknik informatika

Sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika, kamu bakal mempelajari soal teknologi informasi atau IT yang merupakan penggunaan komputer dan software untuk menganalisa, mengumpulkan, dan mengirimkan data. Tau nggak sih kalo ada beberapa fakta jurusan teknik informatika yang masih banyak belum diketahui? Daripada kepo mending baca terus!

Jurusan teknik informatika mengacu pada apa yang dikenal sebagai “information and communication technology,” atau ICT. Istilah IT sendiri diciptakan pada 1967 oleh Gordon Bell dari IBM.

Bisa dilihat jelas kalo IT udah mendominasi perkembangan teknologi masyarakat dalam banyak hal, misalnya sekarang transaksi keuangan kita aja udah didominasi teknologi. Selain itu, teknologi juga memungkinkan adanya internet dan membuat kita bisa berkomunikasi secara lebih gampang dan praktis.

 

BACA JUGA: Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!

 

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mahasiswa jurusan teknik informatika saat mereka mempersiapkan diri untuk berkarir di lapangan. It’s never too early to start preparing for your studies or career!

IT sendiri adalah bidang yang terus-menerus berkembang. Ini berarti, kamu sebagai mahasiswa jurusan informatika perlu bisa fleksibel biar bisa selalu memenuhi tuntutan industri yang berkembang. Mau tau apa aja fakta jurusan teknik informatika yang kamu kudu tau? Catet nih!

 

1. Jangan Takut Ambil Spesialisasi

fakta jurusan teknik informatika

 

Ada banyak banget pilihan bahasa pemrograman  yang tersedia dan ratusan aplikasi khusus untuk keterampilan IT. Dengan perkembangan yang rapid ini, pastinya spesialisasi jadi kebutuhan. 

Fokus pada beberapa bidang tertentu selama sekolah hanya akan meningkatkan prospek kualifikasi untuk segelintir posisi aja. Sementara itu spesialisasi juga nggak hanya diperoleh melalui gelar akademis, jadi jangan ragu untuk eksplor ide, teknik, dan ilmu ya!

 

2. Perlu Social Skill!

fakta jurusan teknik informatika

 

Walaupun kamu nantinya menghabiskan sebagian besar waktumu di depan komputer, hampir semua pekerjaan yang berkaitan dengan IT butuh keterampilan sosial dan komunikasi.

Misalnya kalo kamu bekerja di posisi senior, kamu harus punya keterampilan manajemen dan organisasi. Makanya sebagai mahasiswa IT, kamu perlu bangun kemampuan ini dari masih di kuliah! Kamu nggak cuma harus menjelaskan istilah IT ke orang yang mengertinya, tapi juga ke menerjemahkan informasi itu ke para non-ahli.

Pemikiran kritis dan kemampuan bekerja dalam tim hanyalah beberapa contoh untuk jenis keterampilan non-teknis yang harus dimiliki oleh pakar IT.

 

3. Cari Pengalaman Kerja

fakta jurusan teknik informatika

 

Fakta jurusan teknik informatika selanjutkan berkaitan dengan pengalaman kerja. Magang dan pengalaman kerja langsung lainnya sangat berharga ketika tiba saatnya kamu perlu melamar pekerjaan.

Pihak perusahaan yang kamu tuju pasti akan minta portofoliomu yang berhubungan dengan bidang pekerjaan mereka. Nah, makanya magang pas kamu masih jadi mahasiswa bakal membantu kamu membangun pengalaman dan mencari tau apa yang dicari future employer-mu!

Pengalaman ini juga bisa jadi peluang bagus untuk networking dengan calon pemberi kerja dan mulai bangun hubungan juga dengan orang-orang di industrimu.

 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

 

4. Jangan Cuek Sama Tugas Kuliah

Selanjutnya, fakta jurusan teknik informatika yang perlu kamu sebagai mahasiswa IT adalah kamu harus serius belajar dan ngerjain tugas! Bahkan kalo sekarang nilai kamu aman, jangan gampang puas dan harus terus meningkatkan kemampuan diri.

Mengikuti organisasi dan proyek dari kampusmu nggak cuma akan mengasah keterampilanmu, tetapi juga memberikan kamu nilai plus saat wawancara kerja nantinya. Selalu manfaatkan setiap tugas sebaik-baiknya and aim for the best!

 

5. Ikuti Perkembangan Industri

Selalu terjadi perkembangan besar-besaran, inovasi, dan tren baru dalam dunia IT. If you stay still, you’ll get left behind. Sebagai mahasiswa dan saat nanti kamu bekerja, kamu selalu harus ikuti perkembangan terbaru di bidang IT.

Penting juga untuk melihat perubahan di market, seperti munculnya aplikasi smartphone baru-baru ini.

Gimana? Penting kan fakta jurusan teknik informatika yang barusan kita bahas? Jangan lupa untuk terus belajar dan mendorong diri untuk berkembang sebagai mahasiswa IT ya!

Masih ada banyak pembahasan soal jurusan seru yang bisa kamu cari tau! Semua tersedia dengan lengkap di SUN E-Guide Book, akses sekarang! E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun secara GRATIS.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan