Jurusan Sastra Inggris – Syarat Masuk, Prospek Kerja dan Lain-lain
5 Agustus 2022
Homadorma adalah platform online untuk homestay di Canada dan USA. Platform ini menyediakan akomodasi ideal untuk para mahasiswa internasional. Untuk menyewa akomodasi dari Homadorma, siswa tinggal memasukkan kota yang dituju atau nama universitasnya. Sistem Homadorma akan menyaring akomodasi terdekat dengan kampus yang dituju. Sebagaimana platform akomodasi lainnya, calon penghuni bisa menghubungi pemilik akomodasi atau host lewat Website Homadorma. Jika cocok, host akan mengundang siswa untuk memesan akomodasi yang diinginkan. Pembayaran Homadorma juga cukup sederhana dan mudah, jadi tidak perlu khawatir saat booking akamodasinya. Pembayarannya bisa dilakukan lewat Visa, Amex, Master Card dan Stripe. Berbeda dengan akomodasi lainnya, Homadorma menyediakan 7-day trial atau 7 hari percobaan untuk siswa dan host untuk bergaul. Hal ini dilakukan untuk melihat kecocokan antara keduanya. Jika tidak cocok dengan host, siswa bisa memilih homestay lainnya.
Homadorma
8 Agustus 2022

Wajib Coba 5 Makanan Khas Singapura Pas Kuliah di Sana!

makanan khas singapura

Apa yang terlintas di pikiranmu saat memikirkan keuntungan kuliah di Singapura? Karir yang terjamin? Kualitas belajar skala internasional? Ada satu yang sering kita lupakan yakni studi di luar negeri menjadi kesempatan terbaik untuk menyelami budaya baru yang tentunya lekat dengan kuliner lokal. In other words, inilah kesempatanmu menjajali segala jenis makanan khas Singapura selagi studi di sana!

Wajib Cicip Makanan Khas Singapura Ini!

Kebanyakan orang memanfaatkan kesempatan untuk mencicipi makanan dari budaya lain ketika mereka berada di luar negeri. Contohnya makan croissant asli saat di Perancis, dim sum tradisional buatan China, atau bahkan pasta otentik Italia. Hal yang sama juga harus kamu terapkan saat studi di Singapura!

Tau nggak sih kalau ada penelitian yang menunjukkan bahwa pengalaman kuliner seorang mahasiswa yang belajar di luar negeri itu bisa menjadi salah satu faktor dalam kesuksesan studi mereka.

Lebih lanjut, homesickness, atau rindu rumah, dan culture shock adalah masalah yang sangat nyata bagi mereka yang belajar di luar negeri. Kedua isu ini biasanya dapat menjadi semakin parah dengan kurangnya makanan yang familiar di lidah kita. Intinya, makanan adalah bagian besar dari budaya dan “belonging” atau rasa kepemilikan atas suatu budaya, hal ini nggak cuma dalam rasa tetapi juga menyangkut etika makan. 

That being said, sebagai mahasiswa asing yang sedang melangsungkan studi di Singapura, kamu harus merasa beruntung akan keragaman cita rasa lokal yang diterjemahkan dalam makanan khas Singapura. Kuliner di Singapura memiliki pengaruh budaya dari banyak tempat dan telah bersatu melahirkan cita rasa yang unik.

Selama berkuliah di Singapura, mungkin kamu akan menyantap makanan tradisional Singapura yang memiliki pengaruh signifikan dari China, Indonesia, India, dan Melayu. Jika ditanya oleh-oleh khas Singapura apa yang worth your money, jawabannya udah pasti makanan mereka!

Without further ado, daripada ngiler doang membayangkan makanan khas Singapura, mending cek beberapa antaranya di bawah ini!

 

Chili Crab

makanan khas singapura

 

Sebuah survei dari CNN pada 2011 mencantumkan Chili Crab sebagai salah satu dari 50 makanan terbaik di dunia. Dengan prestasi sekeren ini, pastinya studimu di Singapura nggak bakal lengkap tanpa mencoba hidangan ciri khas Singapura yang satu ini. Chili Crab bahkan dikenal sebagai hidangan nasional mereka lho!

Meskipun ada banyak cara untuk memasak kepiting, dua gaya memasak paling terkenal di Singapura adalah kepiting dengan saus cabai-tomat dan kepiting dengan saus lada hitam. Keunikan negara singapura yang satu ini wajib dicoba lho, SUNners!

Hidangan ini konon ditemukan pada 1956 oleh seorang pasangan yang berjualan menggunakan gerobak. Pada saat itu, sang suami meminta istri bereksperimen dengan metode memasak kepiting lain selain mengukusnya, lahirlah makanan tradisional Singapura yang satu ini!

 

BACA JUGA: Cek di Sini Buat Tau Cara Mengurus Visa Pelajar ke Singapura!

 

Hainanese Chicken 

makanan khas singapura

 

Makanan khas Singapura yang satu ini merupakan salah satu hidangan lokal favorit banyak orang. Banyak yang menyukai Hainanese Chicken karena rasanya yang lezat dan kesederhanaannya. 

Hainanese Chicken adalah hidangan nasi dengan potongan ayam putih kukus tipis-tipis. Ayam kemudian disajikan di atas nasi harum dengan kecap yang tidak terlalu asin. Kedengeran enak banget kan!

Biar tambah laper, bayangin aja hidangan ini lengkap dengan daun ketumbar dan minyak wijen, serta kombinasi saus bawang putih dan cabai yang cenderung asam. Cara memberikan aroma unik a la Hainanese Chicken? Masak nasinya dalam kaldu ayam dengan jahe dan daun pandan!

Makanan tradisional Singapura yang satu ini berasal dari para imigran Tionghoa dari provinsi Hainan di wilayah selatan China. 

Kalo kamu mencari sajian Hainanese Chicken yang terkenal, bisa banget cek di Tian Tian, salah satu tempat makan paling terkenal di Singapura! Tian Tian terkenal dengan nasi ayam Hainannya. Ini telah dipopulerkan oleh koki selebriti seperti Anthony Bourdain serta dipilih oleh penduduk setempat sebagai nasi ayam terbaik di Singapura.

Eits tapi inget ya sebagai mahasiswa internasional yang kuliah jauh dari rumah, jajan juga harus dikira-kira! Jangan sampe kamu malah kekurangan uang karena kebanyakan makan di luar. Meskipun biaya makan di Singapura terhitung murah bagi pelajar, budgeting tetap perlu ya temen-temen!

 

Nasi Lemak

 

Nasi Lemak adalah kuliner yang berasal dari budaya Melayu dan merupakan makanan yang sangat populer di Singapura. Makanan tradisional Singapura ini dimasak dengan santan dan daun pandan.

Sebagai makanan khas Singapura, Nasi Lemak umumnya disajikan dengan ikan goreng atau ayam, ikan bakar, teri goreng dan kacang tanah, telur, irisan mentimun, serta sambal. Lengkap banget pokoknya!

Beraroma dan kaya akan rasa, kuliner khas Singapura ini paling baik kamu makan saat punya napsu makan besar atau pas lagi lapar-laparnya. Keunikan negara singapura yang satu ini pasti cocok sama lidah orang Indonesia.

 

Kaya Toast dan Kopi

 

Kalo yang ini udah nggak usah kamu tanya lagi! Kaya Toast plus kopi udah jadi ciri khas Singapura dalam hal hidangan sarapan. Roti panggang dan kopi, kok kayak ngebosenin ya? Di Singapura, they’re a national treasure.

Kaya Toast adalah roti panggang dengan mentega dan srikaya, selai yang terbuat dari telur, gula, santan dan daun pandan. Selai ini nggak terlalu manis dan memiliki citarasa unik. 

Sementara itu, kopi semakin nikmat dengan campuran gula dan susu kental manis. Sarapan ala Singapura ini adalah awal yang sempurna untuk memulai hari baru atau camilan lezat di tengah hari.

Hidangan sarapan ini semakin nikmat kamu santap dengan telur rebus yang lembut dan secangkir kopi atau teh hangat. Ini baru namanya sarapan yang mencerminkan keunikan negara Singapura!

 

BACA JUGA: 6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu

 

Sarapan ini pas banget buat kamu kalo lagi buru-buru ke kelas dan nggak sempat makan apa pun pada pagi hari. Treat yourself to a nice Singaporean breakfast!

 

Murtabak 

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu keunikan negara Singapura merupakan pengaruh beragam etnis dan latar belakang budaya berbeda yang melahirkan kuliner yang unik. Salah satunya merupakan makanan India, Murtabak, yang menjadi salah satu hidangan yang nggak boleh kamu lewatkan saat sedang di Singapura!

Murtabak adalah makanan seperti pancake besar dengan isi daging ayam, sapi, atau kambing. Namun, di Singapura kamu bisa memesannya dengan isian daging rusa dan sarden. Sederhananya, Murtabak mirip seperti martabak yang sering kita temukan di Indonesia.

Beda dengan martabak yang populer di dalam negeri, Murtabak terdiri dari lapisan adonan naan mentega yang renyah dengan warna keemasan. Bagian dalamnya penuh dengan potongan ayam yang lezat, lipatan telur dan bawang manis, serta rempah-rempah layaknya makanan India lainnya. Selain itu, Murtabak dihidangkan dengan semangkuk kari ayam kental, cocok banget dimakan bersamaan!

Mulai dari makanan khas Singapura yang savory hingga sweet udah dibahas, sekarang tinggal giliranmu mencoba semua kelezatannya!

Semakin termotivasi buat kuliah di Singapura? Cari tau kesempatan kuliah di Singapura dan banyak negara tujuan studi lainnya hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash, recipesaresimple.com

Tinggalkan Balasan