biaya kuliah di jerman
Yuk, Intip Biaya Kuliah di Jerman!
27 Januari 2020
syarat kuliah di jerman
Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Kamu Persiapkan
29 Januari 2020

Malaysia: Salah Satu Destinasi Studi Terbaik di Asia

negara bebas visa

Sumber: Freepik

Selain menjadi negara ‘bebas visa’ dan pusat kekuatan bisnis di Asia Tenggara, Malaysia tak dikenal dengan hal tersebut saja loh. Negara ini juga dikenal memiliki pendidikan yang berkualitas dan menjadi salah satu destinasi studi terbaik di Asia bagi pelajar dari seluruh dunia. Untuk siswa yang berasal dari Indonesia dan ingin studi di luar negeri namun tidak ingin mengambil lokasi terlalu jauh—Malaysia adalah opsi sempurna yang dapat menjawab kekhawatiranmu.

Negara ini menyandang status pusat pendidikan tinggi dengan sistemnya yang menempati peringkat dunia. Malaysia menghabiskan sebagian besar investasi pendidikan tingginya dalam menumbuhkan dan memperkuat kemitraan dengan universitas asing. Hingga kini, Malaysia memperluas strateginya yang melibatkan kerjasama dengan universitas top luar negeri seperti University of Nottingham UK. Terlebih, biaya kuliahnya bisa jauh lebih rendah saat di kampus cabang dibandingkan saat kamu kuliah di cabang utama.

negara bebas visa

Sumber: Sunway Group

Sangat banyak siswa internasional yang tertarik untuk studi ke Malaysia. Biaya hidup serta biaya studinya sudah bukan rahasia lagi jika sangat terjangkau. Disamping itu, universitas di negara ini sudah ada yang masuk dalam daftar 200 universitas terbaik di dunia. Jika kamu memutuskan untuk menempuh pendidikan tinggi di Malaysia, kamu bisa memilih berbagai universitas terkemuka seperti; Taylors University, Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU), Sunway University, UCSI, dan juga kampus kampus branch top dari luar negeri seperti Monash dan Nottingham. Kamu bisa memilih program studi sesuai dengan bakat dan passion yang kamu miliki.

Negara Malaysia juga sepenuhnya multikultural karena warganya berasal dari etnis yang berbeda. Sekitar setengah dari populasi merupakan Melayu asli sementara sisanya dari Cina dan India. Nah, melalui faktor multikulturalnya inilah, kamu sebagai siswa internasional akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di Malaysia. Kamu jadi dapat memperkaya diri tidak hanya dari segi pendidikan yang sangat baik tetapi juga dari pengalaman berbagai budaya.

negara bebas visa

Sumber: Freepik

Namun jangan lupa, meski negara ini bebas visa untuk dikunjungi oleh citizen Indonesia, kamu tetap memerlukan student visa saat menempuh studi. Sebagai pelajar internasional dari Indonesia, kamu perlu mengajukan single entry visa di Konsulat Malaysia di Indonesia. Hal ini harus dilakukan sebelum kamu berangkat ke Malaysia. Selain itu, sesuai dengan peraturan terbaru dari Departemen Pendidikan Malaysia per bulan Juni 2019, pelajar internasional dari Indonesia yang mendaftar kuliah di universitas di Malaysia diharuskan untuk medical check-up post-arrival di Malaysia. 

Proses pembuatan visa memakan waktu sekitar 6 – 8 minggu setelah dokumen diterima oleh Education Malaysia Global Services (EMGS). Setelah itu pihak universitas akan mengurus aplikasi Student Pass Application kamu dan pass tersebut berguna untuk tiket masuk sebagai pelajar. Aplikasi permohonan Student Pass ini haruslah sudah disetujui sebelum kamu tiba di Malaysia. Pihak universitas akan membantumu dalam pengurusan Student Card di Departemen Imigrasi dengan nama i-Kad dan biaya prosesnya adalah sebesar RM50.

Untuk lebih menghemat biaya pengeluaran nantinya, kamu bisa memilih akomodasi dalam kampus yang dituju. Kebanyakan universitas menyediakan akomodasi dalam kampus bagi pelajar-pelajar internasional. Dibandingkan dengan negara-negara lain, akomodasi dalam kampus Malaysia termasuk sangat leluasa dan dilengkapi dengan fasilitas yang memuaskan dengan harga yang terjangkau loh. Biaya akomodasi dalam kampus saja dapat mematok harga mulai dari RM800 hingga RM1.500 per bulan, tergantung lokasi, universitas, dan kelengkapan fasilitas. 

negara bebas visa

Sumber: Freepik

Nah, menarik bukan? Jika kamu benar-benar memiliki keinginan kuat untuk studi di luar negeri, Malaysia bisa menjadi opsi yang bagus untuk kamu pertimbangkan. Tapi jangan lupa, persiapkan segala keperluannya secara matang ya!

SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai studi luar negeri, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!