SUN Edu For HSBC
17 November 2021
6 Syarat Masuk Jurusan Farmasi di Universitas Luar Negeri, Jangan Sampai Ada yang Skip, Ya!
6 Syarat Masuk Jurusan Farmasi di Universitas Luar Negeri, Jangan Sampai Ada yang Skip, Ya!
19 November 2021

Masih Ragu? Ini 5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Teknik Sipil!

alasan memilih jurusan teknik sipil

Source: Unsplash

Pernah nggak, sih, kamu lagi jalan di atas jembatan atau melewati terowongan terus kamu mulai berpikir, “Gimana ya cara bangun ini semua?”. Infrastruktur apa pun nggak akan bisa berdiri tanpa tim insinyur sipil yang berkualitas. Kalau kamu lagi kebingungan mencari jurusan apa untuk kuliah nanti, baca lebih lanjut untuk cari tahu 5 alasan memilih jurusan teknik sipil!

Teknik sipil bisa dibilang disiplin teknik tertua. Lingkungan dengan konstruksi memadai mencakup banyak hal yang mendefinisikan peradaban modern. Bangunan dan jembatan sering kali merupakan konstruksi pertama yang terlintas dalam pikiran, karena merupakan kreasi yang paling mencolok dari teknik struktur.

Menurut penjelasan Columbia University, insinyur sipil melakukan lebih dari sekadar merancang bangunan dan jembatan. Insinyur sipil dapat ditemukan di industri kedirgantaraan, merancang pesawat jet dan stasiun luar angkasa, dalam industri otomotif, hingga industri pembuatan kapal.

Insinyur sipil adalah salah satu profesi yang akan selalu diminati dan nggak pernah ketinggalan zaman. Konstruksi bangunan adalah aktivitas yang esensial dalam keberlangsungan masyarakat. Tanpa pembangunan rumah, kita sekarang masih akan tinggal di gua-gua untuk bertahan hidup dalam kondisi cuaca ekstrem. 

Untungnya, konstruksi bangunan dan infrastruktur lainnya telah menjinakkan dunia kita, membuatnya lebih cocok untuk ditempati dan menyokong kehidupan manusia yang aman dan nyaman.

Teknik sipil adalah profesi yang mengasyikkan karena pada akhirnya, kamu bisa melihat hasil pekerjaanmu sendiri terpampang nyata, apakah itu jembatan yang sudah jadi, gedung bertingkat, stasiun kereta bawah tanah, atau bendungan pembangkit listrik tenaga air.

Setelah sudah tau lebih lanjut mengenai jurusan teknik sipil, lanjut baca terus ya untuk tau 5 alasan memilih jurusan teknik sipil bagimu!

 

1. Bekerja di Lingkungan Seru

alasan memilih jurusan teknik sipil

Source: Unsplash

Alasan pertama memilih jurusan teknik sipil adalah kamu akan menjadi bagian dari bidang dan lingkungan kerja yang bergerak cepat dan menantang. Sebagai insinyur sipil atau civil engineer, kamu akan memainkan peran penting dalam lingkungan fisik kita. Hal ini mulai dari merancang proyek hingga menghidupkan dan memeliharanya. 

Nggak cuma itu, kamu juga akan mewujudkan ide-ide kreatifmu sendiri. Mahasiswa teknik sipil memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek pribadi untuk menunjukkan keterampilan asli mereka, memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri.

2. Bekal Pengalaman Praktis

Ilmu terkait pengalaman praktis menjadi alasan kedua memilih jurusan teknik sipil. Pasalnya, sebagian besar program teknik sipil mencakup pilihan untuk penempatan industri selama gelar. Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman profesional, membangun jaringan profesionalmu, serta memperoleh ilmu praktis yang nggak bisa didapatkan di tempat lain.

Selain itu, teknik sipil berkaitan erat dengan penggunaan teknologi inovatif. Desain bangunan melewati banyak inovasi akibat perkembangan zaman dan teknologi. Apa yang dulu sangat memakan waktu, kini telah berevolusi dengan teknologi seperti Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Hal ini memungkinkan kita membangun gedung pencakar langit, jalan raya, dan sistem transportasi berkecepatan tinggi.

Kamu juga akan mengembangkan banyak keterampilan baru seiring kemajuan studi dan karirmu nantinya. Seorang insinyur sipil adalah seorang spesialis, yang terus-menerus mempelajari keterampilan baru yang akan sangat berguna, tidak hanya untuk pekerjaan tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah IT dan komputasi, perencanaan anggaran, analisis, akuntansi, dan manajemen proyek, dan lainnya.

3. Opsi Pascasarjana yang Luas

Alasan memilih jurusan teknik sipil selanjutnya adalah banyaknya pilihan pascasarjana yang berlimpah. Ini adalah kabar gembira terutama bagi kamu yang ingin melanjutkan studi teknik sipil ke S2! Program S2 yang tersedia di sebagian besar universitas internasional mencakup beberapa seperti teknik sipil maritim, teknik lingkungan, dan manajemen air.

Ada banyak pilihan spesialisasi teknik sipil. Spesialisasi yang dapat kamu dalami mencakup pembangunan jembatan, mempelajari isu lingkungan, mempelajari seismologi, pengembangan strategi untuk mencegah kerusakan lingkungan, membangun infrastruktur untuk bandara, atau kota bawah laut.

4. Gaji Awal yang Bagus

alasan memilih jurusan teknik sipil

Source: Unsplash

Memiliki gelar di bidang teknik sipil sudah pasti akan memberikan keuntungan dalam hal gaji. Data lulusan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara gaji awal setelah lulus bagi sarjana teknik sipil dan gaji awal untuk non-lulusan di sektor kerja ini.

Hal ini tentu karena insinyur sipil is always high in demand! Teknik sipil adalah salah satu industri yang bertanggung jawab atas konstruksi bangunan yang ditujukan untuk penggunaan sipil, industri, dan militer. Pembangunan ini termasuk bangunan tempat tinggal, rumah sakit, hotel, stasiun kereta api, bandara, dan masih banyak lagi. Kamu akan selalu menemukan pekerjaan di industri ini di mana pun di dunia!

5. Banyak Pilihan Pekerjaan

Source: Unsplash

Prospek karir yang luas jadi alasan memilih jurusan teknik sipil selanjutnya. Belajar teknik sipil akan membuka banyak pilihan karir bagimu, lho! Ada banyak bidang berbeda yang bisa didalami seperti teknik nuklir, survei kuantitas, atau bahkan pekerjaan yang menggabungkan bidang-bidang teknik sipil dengan konsultasi atau hukum.

Karena area subjek yang beragam, kamu akan mempelajari keterampilan berharga yang dapat diterapkan ke berbagai profesi. Keterampilan ini termasuk pemecahan masalah, serta pengambilan keputusan dan analisis. Kamu juga akan mengembangkan pengetahuan sains, matematika, serta teknologi saat mempelajari teknik sipil.

Saat mempelajari teknik sipil, kamu akan dihadapkan pada banyak perspektif berbeda untuk pengembangan diri dan dapat mengembangkan kemampuan serta potensimu. Setelah tau 5 alasan memilih jurusan teknik sipil, jangan lupa saat nanti mempelajarinya kamu harus belajar dengan giat! Dengan begitu, kamu akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi insinyur sipil yang berkualitas.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan