9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!
9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!
5 Mei 2022
Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin
Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin
9 Mei 2022

Masih Ragu? Ini 6 Alasan Kudu Ambil Pathway di Kings Education!

kings education

Saat beranjak ke jenjang kuliah nanti, ada beberapa istilah akademik yang perlu kamu ketahui, salah satunya adalah pathway. Nah kalo bicara soal pathway, nggak mungkin nggak bahas Kings Education nih!

Kings Education sendiri adalah lembaga pendidikan internasional yang menawarkan beberapa program pathway yang bisa buat kamu masuk ke top 100 universitas di Amerika Serikat dan top 30 universitas di Inggris.

Mereka juga memiliki program pengembangan kemampuan bahasa Inggris lho! Sejauh ini, Kings Education tersebar di beberapa lokasi  seperti London, Oxford, Bournemouth, dan Brighton di Inggris. Sementara di Amerika Serikat, mereka tersebar di Los Angeles, Boston, New York, New Jersey, Wisconsin, serta Connecticut.

Akreditasi Kings Education udah nggak perlu diragukan lagi! Mereka menjamin kamu bakal lebih mudah masuk ke universitas ternama melalui program pathway mereka. Tapi nggak kaget sih kalo kamu masih ragu, apalagi kalo belum tau pathway itu apa, ya kan?

 

BACA JUGA: Masuk ke Universitas Bergengsi Amerika Melalui Program Pathway

 

Pathway, Apa Itu?

Program pathway adalah salah satu kursus persiapan masuk ke universitas, khususnya bagi mahasiswa internasional. Dalam kursus ini, mahasiswa internasional membangun keterampilan, pengetahuan, dan kualifikasi yang mereka butuhkan untuk masuk ke program S1 atau bahkan S2.

Kursus yang tersedia di program pathway umumnya berlangsung selama enam bulan hingga satu tahun akademik doang! Durasi ini tergantung dari jurusan kuliah yang mau kamu ambil, tingkatan jurusan (S1 atau S2), universitas tujuan, serta struktur kurikulum dari program pathway yang kamu ambil.

Ultimately, program ini dirancang agar para mahasiswa bisa bertransisi ke perkuliahan di jurusan yang mereka tuju dengan lancar. Saat mengikuti kursus yang ada di dalam program, para siswa akan mempelajari dasar-dasar ilmu yang diperlukan untuk jurusan pilihan mereka.

Mereka juga akan mendapatkan bantuan biar bisa menyesuaikan diri dengan gaya pengajaran dan budaya pendidikan di luar negeri yang mungkin jauh banget bedanya dari pendidikan di negara asal mereka.

Baca terus buat tau alasan kamu perlu ngambil program pathway seperti yang ditawarkan di Kings Education ya!

Kenapa Perlu Ambil Pathway?

 

Bangun Keterampilan Bahasa

kings education

 

Sebagai mahasiswa asing yang belajar di AS atau Inggris, kamu pasti harus punya tingkat kemahiran tertentu dalam bahasa Inggris. Secara, English is gonna be the primary language they speak even in classes.

Nah, level-level kemampuan bahasa Inggris ini ditentukan oleh tes standar kayak IELTS atau TOEFL. Mahasiswa yang nggak mencapai skor tertentu pada tes ini nggak bakal diterima untuk belajar di perguruan tinggi atau universitas baik di AS atau Inggris.

Good news is, program pathway memberikan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk belajar bahasa Inggris selagi kamu udah belajar di negara tujuan. Jadi, kalo kemampuan bahasa Inggris kamu belum cukup kuat untuk lulus TOEFL atau IELTS, pathway is the way to go!

Lebih kerennya lagi, program pathway mengajarkan bahasa Inggris dengan penekanan khusus pada bahasa akademik yang bakal sering kamu gunakan di universitas. So, bingung no more!

 

Banyak Waktu Pilih Jurusan

kings education

 

Iya sih… Udah tau mau belajar di AS atau Inggris, tapi kalo belum tau jurusan yang mau kamu ambil, gimana dong? Atau kalo punya daftar minat yang panjang banget dan belum yakin mau pilih yang mana, gimana?

Yet again, this is why the pathway program would be a good fit for you! Program pathway memberikan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk mencoba banyak program studi berbeda dalam satu tahun masa pembelajaran mereka. 

Hal ini bakal memberikan kamu gambaran yang lebih baik soal apa yang ingin dan perlu kamu pelajari saat masuk ke universitas nantinya.

 

Peluang Besar Masuk Uni Tujuan

kings education

 

Sebagian besar universitas yang menawarkan program pathway untuk mahasiswa internasional juga menawarkan penerimaan bersyarat setelah siswa menyelesaikan program tersebut. Which means, mahasiswa internasional yang menyelesaikan program pathway dengan IPK tertentu secara otomatis diterima di universitas atau perguruan tinggi tertentu!

In other words, pathway ibaratnya memberikan kamu peluang lebih besar untuk masuk ke universitas tujuan yang menawarkan program ini!

Tetep aja kalo kamu ingin ambil program pathway, penting untuk meneliti kebijakan admission atau pendaftaran & penerimaan masing-masing universitas yang kamu tuju. Nggak semua universitas menjamin penerimaan setelah program pathway.

 

Penyesuaian Budaya

 

Salah satu manfaat terbesar dari program pathway adalah kesempatan untuk belajar bersama sesama mahasiswa internasional. Hal ini membantumu untuk menyesuaikan diri dengan budaya  belajar di negara baru.

Nggak kayak budaya belajar di sebagian besar sekolah di Indonesia, kuliah di luar negeri offers a whole different experience! Mahasiswa diharapkan dan didorong untuk berdiskusi atau berdebat tentang materi perkuliahan. Para tenaga pengajar mau kamu partisipasi aktif dalam kelas dan menghitung hal itu sebagai salah satu bobot nilaimu nanti.

Nah, di program pathway kamu nggak cuma bakal belajar soal bahasa dan program studi lainnya, tapi kamu juga akan lebih tau lagi soal budaya kampus dan budaya belajar di negara tujuan.

 

BACA JUGA: Persiapan Terbaik Agar Studi Sukses Di Inggris

 

Networking Skala Internasional

 

Teman sekelas kamu dalam program pathway seperti di King Education biasanya akan datang dari seluruh dunia. Sebagai sesama mahasiswa internasional, tentunya akan ada koneksi yang kamu bangun di sini.

Just imagine, kamu bakal ketemu sama banyak banget orang dari latar belakang negara dan budaya yang beragam. Hal ini bakal membantumu memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman studi di luar negeri pastinya!

Dengan belajar bersama dalam kursus yang tersedia, kamu akan lebih mengenal mereka dan ini akan membuat kamu membangun networking skala internasional lho.

 

Refresh Ilmu

 

Program persiapan universitas seperti pathway ini adalah cara ideal untuk mengatasi knowledge gap yang mungkin kamu miliki antara SMA dan kuliah.

Soalnya program semacam ini memang ada untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa internasional yang belajar di luar negeri. Pathway membantu memastikan kamu akan siap secara akademis untuk belajar meraih gelarmu nantinya!

There you have it! Itu dia penjelasan mengenai pathway seperti yang ditawarkan Kings Education. Udah tau juga kan beberapa alasan penting kamu sebagai siswa internasional sebaiknya ambil pathway sebelum masuk uni? 

Pingin tau lebih banyak lagi dan memperkaya ilmu soal studi luar negeri sebelum mulai belajar beneran di universitas nantinya? Semuanya bisa kamu temukan dengan lengkap di SUN E-Guide Book, akses sekarang! Super praktis karena E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun secara GRATIS.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan