Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?
Apa Saja sih Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?
16 Februari 2022
7 Kota Dengan Transportasi Terbaik di Amerika
7 Kota Dengan Transportasi Terbaik di Amerika Serikat
18 Februari 2022

Mau Masuk Jurusan Desain Grafis? Ini Syaratnya!

Syarat masuk jurusan desain grafis

Source: Unsplash

Semakin lama, desain grafis kian menjadi jurusan incaran banyak calon mahasiswa. Kalau kamu seorang calon desainer grafis atau ingin berkarir ke arah sana, kamu tentu perlu mempertimbangkan pelatihan, tujuan, serta latar belakang kreatif untuk mengejar mimpi ini. Mau tau syarat masuk jurusan desain grafis di perguruan tinggi? Simak terus!

Meskipun peluang karir sangat luas di industri desain grafis, penting bagi kamu untuk memutuskan secepat mungkin arah mana yang ingin kamu tuju pada awal pendidikan kuliahmu.

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

1. Kreativitas Tinggi

Sama seperti kebanyakan jurusan yang bersinggungan dengan seni, salah satu syarat masuk jurusan desain grafis adalah kamu juga akan membutuhkan kreativitas yang tinggi.

Selain itu, kamu juga dituntut memiliki gaya, orisinalitas, hingga keterampilan komunikasi yang baik. 

2. Melek Teknologi

Berbeda dengan seni tradisional yang menggunakan medium seperti kanvas atau cat minyak, saat belajar desain grafis kamu akan lebih banyak bersinggungan dengan perangkat lunak. Maka itu, calon mahasiswa desain grafis perlu akrab dengan grafik komputer, animasi, serta perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk desain.

Bahkan, beberapa universitas merekomendasikan agar calon mahasiswa mereka menyelesaikan satu tahun kursus seni dan desain dasar selama SMA untuk mengembangkan dan mempelajari dasar-dasar seni dan desain.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu buat tau persyaratan khusus dari universitas tujuanmu dan mengambil informasi sebanyak mungkin agar proses aplikasimu nantinya berjalan lancar.

3. Ikuti Tren dan Perkembangan Industri

Syarat masuk jurusan desain grafis selanjutnya adalah kemampuan untuk mengikuti tren dan perkembangan industri. Penting bagi kamu untuk tau bahwa seorang calon desainer grafis perlu mengikuti tren industri dan kemajuan teknologi, baik secara mandiri atau melalui program pelatihan profesional.

It’s a known fact that consumer tastes and preferences change rapidly, maka itu untuk mengikuti tren yang terus berubah, desainer grafis harus selalu siap. They need to be on their toes!

Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan ide-ide baru, bekerja di bawah tekanan, dan tetap mengikuti tren fashion, musik, dan pop culture lainnya merupakan bagian integral untuk menjadi seorang desainer grafis yang sukses.

4. Mampu Kerja Sendiri & Dalam Tim

Akan sangat bermanfaat kalau kamu bisa bekerja dengan baik secara mandiri maupun kolaboratif. Ini penting karena dalam beberapa hal, kamu mungkin nantinya harus mengerjakan tugas atau bekerja dalam tim. Karena itu, kemampuan untuk delegasi tugas dan menjadi team player yang baik juga diperlukan calon desainer grafis yang baik.

Nggak cuma itu, kamu juga perlu punya keterampilan manajemen waktu yang baik, disiplin diri, mengambil inisiatif, serta mematuhi tenggat dan jadwal produksi.

5. Tertarik Akan Bisnis

Selain bekerja di studio desain atau jadi karyawan korporat, desainer grafis nantinya juga bisa memilih menjadi self-employed atau kerja sebagai pekerja seni lepas.

Nah, karena itu penting bagi mereka untuk memiliki naluri bisnis yang baik dan punya pengetahuan soal marketing dan sales juga. Meskipun nggak wajib, tapi hal-hal ini bisa jadi atribut esensial saat nantinya kamu kuliah bahkan hingga kerja.

Juga bermanfaat bagi desainer grafis untuk mempertahankan keterampilan komunikasi yang baik, karena kamu akan berkolaborasi dengan begitu banyak individu yang berbeda. Kamu nantinya diharapkan untuk mengomunikasikan ide-idemu secara ringkas melalui isyarat visual, verbal, dan tulisan.

 

Jurusan Desain Grafis Pelajarin Apa, Sih?

Syarat masuk jurusan desain grafis

Source: Unsplash

Setelah tau syarat masuk jurusan desain grafis, ini saatnya kamu lebih tau lagi soal jurusan itu sendiri!

Tergantung pada bidang desain grafis apa yang ingin kamu pelajari, kurikulum kamu pun nantinya akan berbeda-beda. Tapi pada umumnya, mata kuliah jurusan desain grafis mencakup desain website, seni studio, desain terkomputerisasi, motion graphics, teknik pencetakan, produksi grafis komersial, tipografi, dan kursus serupa lainnya yang termasuk dalam seni rupa atau desain grafis.

Sementara itu, mata kuliah lainnya mungkin berkisar pada prinsip dasar desain, termasuk teori desain dan mempelajari proses desain. Terlebih lagi, pendidikan seni liberal juga bakal mencakup mata kuliah umum seperti sejarah seni, sosiologi, psikologi, pelajaran menulis, studi budaya, marketing, hingga bisnis.

Mata kuliah yang beragam ini memungkinkan kamu sebagai mahasiswa desain grafis untuk menjadi lebih berpengetahuan luas dan siap untuk terjun ke industri tersebut nantinya.

Beberapa perguruan tinggi dan universitas menawarkan program Bachelor of Fine Arts dengan kesempatan untuk fokus pada desain grafis. Program yang berkisar 4 tahun ini membekali mahasiswa dengan keterampilan teknis dan artistik yang mereka butuhkan untuk pekerjaan tingkat pemula atau bahkan posisi yang lebih tinggi dalam desain grafis. 

 

Keterampilan Desainer Grafis

Source: Unsplash

Seiring dengan pendidikan formal, desainer grafis juga perlu artistik dan kreatif dan memiliki keterampilan komunikasi verbal, visual dan tertulis yang kuat. Desainer sering bekerja secara independen dan harus memenuhi tenggat waktu yang ketat, sehingga kemampuan untuk mengatur waktu dan tetap pada jadwal adalah penting. Keterampilan bisnis, pemasaran, dan penjualan juga bermanfaat untuk karir ini, terutama bagi desainer grafis yang self-employed.

Keterampilan komunikasi ini amat penting, sesuai dengan penjelasan dari situs desain, Interaction Design Foundation, desain grafis membuat konten visual untuk mengomunikasikan pesan. Para desainer menggunakan tipografi dan gambar untuk menyampaikan pesan sembari menampilkan elemen dalam desain interaktif, untuk mengoptimalkan pengalaman penerima pesan..

Jalur Karir

Syarat masuk jurusan desain grafis

Source: Unsplash

Nah, kan udah diuraikan soal syarat masuk jurusan desain grafis, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang bisa kamu harapkan setelah lulus nanti.

Seperti yang terlihat di atas, ada banyak peluang karir berbeda yang dapat kamu kejar dengan jurusan ini. Desainer grafis bekerja di berbagai industri yang membutuhkan keterampilan mereka, tetapi apa sebenarnya yang dapat kamu lakukan dengan gelar desain grafis? Dari agency yang bekerja dengan klien, hingga peran di belakang layar yang bekerja untuk perusahaan swasta, hingga ilustrator. The possibilities are endless!

Bahkan, kamu juga bisa banget memulai bisnis sendiri sebagai freelance designer. Hal ini memungkinkan karena kamu akan memiliki kemampuan artistik dan keterampilan komunikasi verbal dan visual. Bergantung pada keahlian desain, kekuatan, dan bidang minat spesifikmu.

There you have it! Sekarang pastinya pengetahuan kamu soal jurusan ini udah bertambah banyak banget, kan! Mulai dari syarat masuk jurusan desain grafis, mata kuliah yang akan dipelajari, sampai jalur karir udah kita ulas bersama.

Now the next step is yours to take! Syarat terpenting yang mungkin suka dilupakan adalah ketertarikan akan jurusan ini. Love what you learn and it’ll never be a burden!

Buat tau lebih lanjut soal jurusan seru lainnya yang bisa kamu ambil di perkuliahan, download SUN E-Guide Book sekarang! E-Guide Book yang dapat kamu peroleh secara gratis ini akan jadi panduan lengkapmu sebelum studi di luar negeri. Aksesnya pun bisa dari gadget manapun, jadi jangan ketinggalan baca E-Guide Book ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan