Culinary Arts and Chef Training
27 Oktober 2021
Kuliah di Shanghai Lulus di Inggris, Cuma di Sino-British College!
Kuliah di Shanghai Lulus di Inggris, Cuma di Sino-British College!
28 Oktober 2021

Mau Raih Skor Tinggi? Simak TOEFL Listening Tips Ini!

toefl listening tips

Source: Unsplash

Baik pelajar atau pun pekerja pasti sudah nggak asing dengan Test of English as a Foreign Language (TOEFL). TOEFL merupakan sertifikasi bahasa Inggris yang umum menjadi salah satu syarat untuk studi di luar negeri. Untuk masuk ke hampir semua universitas di Amerika Serikat, Eropa, atau Australia, kamu harus melampirkan hasil tes yang satu ini.


Untuk mengenal lebih dalam soal TOEFL, kamu perlu tahu bahwa tes ini secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test). Perbedaan keduanya berdasarkan skor maksimalnya dengan 500-600 untuk TOEFL ITP dan 120 untuk TOEFL iBT.


Saat mengerjakan TOEFL iBT, kamu akan melewati empat segmen berbeda yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Dianggap sebagai salah satu segmen yang mengintimidasi, apalagi jika kamu bukan native speaker, kamu akan membutuhkan banyak latihan dan praktik untuk menaklukan segmen listening. Meskipun mungkin terasa asing pada awalnya, TOEFL listening bisa menjadi akrab di telinga juga, lho, kalau sering berlatih!
Demi mendapatkan skor terbaik dan lancar saat mengerjakannya, ada sejumlah hal yang perlu kamu cermati! Meskipun skor TOEFL listening mengukur banyak faktor yang berbeda, dari pemahamanmu tentang petunjuk hingga kelancaran berbahasa Inggris, ada beberapa tips yang dapat membantumu secara keseluruhan. Berikut TOEFL listening tips yang bisa kamu coba:

1. Perhatikan Intonasi

toefl listening tips

Source: Unsplash

TOEFL listening tips yang pertama adalah untuk mengenali ritme intonasi bahasa Inggris. Kamu perlu mengetahui bahwa intonasi adalah hal yang penting dan transisi antarkalimat merupakan kunci dalam memahami apa yang akan kamu dengar.

2. Bedakan Antar Suara

Mampu mencermati dan mengenali suara dalam bahasa Inggris menjadi TOEFL listening tips selanjutnya. Kamu nggak harus mempelajari semua pelafalan, tetapi setidaknya kamu perlu memastikan dapat mendengar perbedaan antara suara yang sedikit mirip-mirip dalam bahasa Inggris.

3. Berlatih Parafrase dan Menyimpulkan Arti

toefl listening tips

Source: Unsplash

Saat kamu mendengarkan soal TOEFL, percakapan, dan rekaman audio dalam latihan, coba pikirkan kata-kata lain yang dapat digunakan pembicara. Ini akan berguna pada hari ujian ketika pilihan jawaban yang benar seringkali merupakan parafrase dari teks. Demikian pula, ada kalanya pembicara menggunakan kata yang tidak kamu ketahui. It’s OK! Gunakan keterampilan penyimpulan untuk mendapatkan jawaban yang benar.

4. Coba Catat!

Source: Unsplash

Cara tercepat untuk menjawab pertanyaan lebih akurat dalam tes TOEFL listening? Jadilah pencatat yang baik. Belajarlah untuk mengikuti apa yang kamu dengar, mencatat dengan penuh perhatian tetapi secara cepat. Hal ini termasuk mengetahui informasi mana yang penting dan informasi mana yang mungkin dapat kamu abaikan.

Kenapa harus mencatat? Karena pertanyaan detail adalah jenis pertanyaan yang paling umum di bagian TOEFL listening. Kamu hampir tidak mungkin menjawab tanpa catatan.

5. Your Eyes? Your Enemy

Source: Unsplash

TOEFL listening tips berikutnya adalah menyadari bahwa matamu kerap mengalihkan perhatian telingamu sendiri. Coba pikirkan, saat kamu berbicara dengan seseorang dan ada TV tepat di belakang mereka. Pasti matamu akan memperhatikan layar dan konsentrasimu tidak sepenuhnya pada orang yang berada di depanmu.

Saat berbicara dengan seseorang dalam kehidupan nyata, kita dapat fokus pada gerakan tangan, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh untuk memberi kita petunjuk tentang apa yang sedang dibicarakan seseorang atau emosi apa yang ingin mereka ekspresikan. This isn’t the case with TOEFL listening test. Pada ujian TOEFL, kamu hanya bisa mengandalkan audio yang masuk ke telingamu.

Kamu perlu berusaha untuk mengurangi perhatian pada bacaan dan benar-benar memusatkan perhatian pada soal audio. Untuk membantu dalam hal ini, kamu perlu membuat catatan. Remember, don’t let your eyes wander!

Sebagian besar kesuksesanmu dalam menaklukkan TOEFL listening bergantung pada pengetahuan tentang tes itu sendiri, mencakup jenis soal apa yang akan kamu dapatkan, bagaimana pembagian waktu saat mengerjakan soal, dan lainnya. Namun, separuh lainnya bergantung pada fokusmu! Kamu harus fokus pada soal audio dan memperhatikan catatanmu.

Masih belum yakin bisa unggul walaupun sudah baca TOEFL listening tips di atas? Fear not! Kamu juga bisa meminta bantuan profesional dalam persiapanmu menghadapi tes TOEFL iBT. Para tutor profesional bahasa Inggris di SUN English siap membantumu dalam mempersiapkan diri! Ayo, daftarkan diri ke SUN English secepatnya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan