Kenalan dengan Humber College, Universitas Bersejarah di Kanada
Kenalan dengan Humber College, Salah Satu Universitas Kaya Sejarah di Kanada
7 Oktober 2021
JMC Academy, Kampus untuk Karir di Industri Kreatif Terbaik di Australia
JMC Academy, Kampus untuk Karir di Industri Kreatif Terbaik di Australia
11 Oktober 2021

Mau Tahu Reading IELTS Tips Agar Lancar? Simak Di Sini!

reading ielts tips

Source: Unsplash

International English Language Testing System (IELTS) menjadi salah satu sertifikasi kemampuan yang wajib dilampirkan saat kamu mau melamar pekerjaan ataupun menempuh studi di luar negeri. IELTS merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang Cambridge University dan British Council selenggarakan. Institusi atau lembaga pendidikan memerlukan sertifikat IELTS sebagai bukti yang dapat memastikan kalau kemampuan berbahasa Inggrismu cukup baik dalam mengikuti kegiatan maupun pembelajaran nantinya!Bahasa yang digunakan dalam tes ini merupakan British English yang dikenal dengan tulisan dan aksen british yang kental. IELTS dikenal sebagai tes bahasa Inggris dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan membutuhkan strategi dalam menjawabnya. Karena tingkat kesulitan itu, nggak heran kalau banyak yang mengikuti preparation course agar bisa lulus. IELTS sendiri memiliki dua jenis tes yakni General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk keperluan studi). Tes ini memiliki empat bagian yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Sebelum mengikuti tes IELTS, kamu harus perhatikan bahwa setiap negara mempunyai standar skor IELTS yang berbeda-beda. Misalnya di Australia, kamu harus mendapatkan minimum skor 4.5 hingga 5.00 untuk General Training dan 5.5-7.00 untuk Academic Training.Total waktu tes adalah 2 jam 44 menit, ditambah 10 menit waktu jeda. Tes akan diawali dengan komponen listening, kemudian diikuti oleh komponen reading dan writing. Tergantung pada kebijakan tempat pelaksanaan tesmu, tes speaking mungkin dilaksanakan pada hari yang sama dengan tiga tes lainnya, atau sampai dengan tujuh hari sebelum atau sesudahnya.Dari keempat komponen IELTS yang ada, tentunya kamu perlu memiliki strategi untuk mengerjakannya. Tidak terkecuali bagi komponen reading atau membaca. Kali ini, SUN Education akan membahas mengenai reading IELTS tips agar kamu yang berencana mengikuti tes ini dapat lulus dengan nilai yang memuaskan! 

Pahami Jenis Soal

reading ielts tips

Source: Unsplash

Reading IELTS tips yang pertama adalah memahami keterampilan yang dibutuhkan dan jenis soal yang akan diberikan. Keterampilan yang dibutuhkan dalam bagian reading adalah prediksi, menemukan informasi spesifik, serta mengidentifikasi pendapat. Gaya pertanyaan seperti pilihan ganda dan penyelesaian kalimat juga akan menjadi bagian dari pertanyaan dalam reading IELTS test.

Untuk Academic Training, jenis reading akan terdiri dari tiga teks akademik panjang yang mirip dengan jenis bacaan yang mungkin akan kamu temui di universitas. Bahan bacaan tersebut diambil dari jurnal akademik, majalah, buku, dan surat kabar. Sementara itu untuk General Training, peserta akan diberikan campuran teks panjang dan pendek yang jauh lebih umum dan beberapa terkait dengan pekerjaan atau situasi sosial tertentu. Bahan bacaan diambil dari pemberitahuan, brosur, jadwal, dokumen, surat kabar, instruksi dan manual.

Atur Waktu

reading ielts tips

Source: Unsplash

Selanjutnya, kemampuan mengatur waktu saat mengerjakan soal menjadi reading IELTS tips kedua kali ini! Kamu akan memiliki waktu satu jam untuk menyelesaikan 40 pertanyaan secara penuh dan menuliskan jawabanmu pada lembar jawaban bagian reading.

Kamu perlu catat, nih! Berbeda dengan listening test, kamu nggak akan memiliki waktu tambahan untuk memindahkan jawaban ke lembar jawabanmu.

Keterampilan yang Akan Diuji

Soal-soal dalam bagian reading akan menguji sejumlah keterampilan yang berbeda, memahami dan mengetahuinya adalah salah satu reading IELTS tips agar kamu bisa unggul!

Beberapa keterampilanmu yang akan termasuk dalam tes seperti melengkapi diagram, tabel, atau ringkasan, menyebutkan perbedaan antara gagasan utama dan detail pendukung, menemukan informasi spesifik, mengidentifikasi pendapat penulis, serta mengikuti argumen utama. Selain itu, kamu juga harus mengidentifikasi tujuan penulis.

Tes membaca juga mengandung unsur tes kosakata karena sebagian besar jawaban merupakan sinonim atau parafrase dari sebuah pertanyaan.

Pick Your Battles!

Source: Unsplash

Kosakata yang luas adalah kunci untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam reading IELTS, tetapi mengkhawatirkan setiap kata yang tidak kamu pahami dalam reading test adalah salah satu kesalahan besar yang dapat kamu lakukan. Oleh karena itu, reading IELTS tips selanjutnya adalah jangan berharap untuk mengerti setiap kata yang ada!

Kalau kamu tidak memahami satu kata pun dalam reading test, ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Kamu dapat melihat kata-kata dan kalimat di sekitarnya untuk mencari petunjuk tentang arti kata itu atau kamu dapat melanjutkan dan melupakannya. Please remember that you don’t have to understand the meaning of every word. Bahkan native speakers atau penutur asli pun tidak akan bisa memahami semua kata dalam reading test.

Kenapa nggak boleh berharap untuk mengerti semua arti kata? Peserta yang mengkhawatirkan setiap kata akan panik dan menghabiskan terlalu banyak waktu memikirkan kata-kata yang mungkin tidak terkait dengan pertanyaan yang ada. Fokuslah pada kata-kata yang berhubungan dengan pertanyaan dan jangan khawatirkan kata-kata yang tidak kamu mengerti!

Latih Keterampilan Membaca

reading ielts tips

Source: Unsplash

Penting untuk membiasakan dirimu dengan tes membaca IELTS, reading IELTS tips dan mendapatkan pemahaman tentang berbagai pertanyaan. Namun, siswa yang hanya berlatih untuk IELTS test akan kehilangan kesempatan yang baik untuk meningkatkan keterampilan membaca umum mereka.

Teks reading IELTS bisa sedikit membosankan untuk dipelajari berulang kali. Kamu cenderung akan membaca sesuatu secara teratur jika kamu membaca tentang sesuatu yang kamu minati. Membaca untuk kesenangan sedikit setiap hari tidak hanya akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris-mu tetapi juga menambah kosakatamu. Ada ribuan blog, surat kabar, majalah, dan surat kabar yang bisa kamu akses secara online. Practice makes perfect!

Baca Instruksi Dengan Hati-Hati

Reading IELTS tips berikutnya adalah berhati-hati dalam membaca instruksi soal! Banyak nilai mudah yang hilang hanya karena peserta tes gagal membaca instruksi dengan benar. Hal ini terutama berlaku dalam tes reading dan listening karena mereka memberikan instruksi dengan sangat spesifik. 

Misalnya, instruksi mungkin menyatakan ‘write two words and/or a number‘. Ini bisa berarti kamu harus menulis satu kata, satu kata dan satu angka, dua kata, atau dua kata dan satu angka.

Jika jawabannya hanya meminta dua kata dan jawabannya merah dan kuning, kamu harus menulis ‘merah, kuning’, bukan ‘merah dan kuning’. Merah, kuning adalah dua kata. Sementara itu, merah dan kuning adalah tiga kata.

Jangan Panik!

Source: Unsplash

Beberapa pertanyaan yang kamu hadapi akan mudah dan beberapa akan sulit. Kunci untuk menghadapinya adalah jangan panik saat mencoba untuk menjawab soal yang sulit. 

Langkah salah yang dapat kamu lakukan adalah untuk menghabiskan banyak waktu di sebuah pertanyaan dan gagal untuk membagi waktu dalam menjawab pertanyaan lainnya. Jika jawabannya tidak muncul dengan sendirinya, lanjutkan ke pertanyaan yang berikutnya. Ingatlah bahwa kamu selalu dapat kembali ke pertanyaan sulit nanti dan menjawab pertanyaan lain bisa membantumu. 

Perkaya Kosakata

Reading IELTS tips selanjutnya adalah perkaya kosakata! Dalam banyak hal, reading test lebih merupakan tes kosakata daripada tes membaca. Mereka akan menggunakan sinonim dan kalimat parafrase untuk menguji seberapa luas kosakatamu. Untuk bersiap menghadapi ini, cobalah untuk melakukan tiga hal: membaca, mencatat, dan meninjau.

Membaca adalah cara terbaik untuk memperkaya kosakatamu. Saat kamu melihat kata baru yang tidak kamu pahami, coba tebak artinya dari konteks yang ada. Artinya, kamu mencoba menebak artinya berdasarkan kata dan kalimat di sekitarnya. Kamu kemungkinan akan melakukan ini dalam ujian, jadi sebaiknya berlatih sekarang.

Selanjutnya, kamu harus memasukkan semua kata baru tersebut ke dalam buku catatan kosakata IELTS khusus. Catat tidak hanya artinya tetapi juga hal-hal seperti sinonim, antonim, kolokasi, bentuk, contoh, pengucapan, dan gambar. Ini akan membantumu mengingat kosakata yang baru kamu pelajari.

Finally, there’s no point in doing it if you don’t review it! Setelah mengerahkan segala upaya untuk mencari makna dan mencatat semuanya dalam buku catatan, hanya akan membuang-buang waktu jika kamu nggak meninjaunya dan mempelajarinya lagi secara teratur.

Itu dia beberapa reading IELTS tips yang bisa kamu praktekkan untuk unggul dalam tesmu! Jangan lupa kamu bisa mempelajari persiapan untuk IELTS di SUN English juga, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan