second bridge penang
Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara Ternyata Ada di Malaysia!
2 Juli 2019
amsterdam business school
Amsterdam Business School, Sekolah Bisnis Berstatus “Triple Crown”
8 Juli 2019

Mengenal Hector’s Dolphin, Lumba-lumba Asli Selandia Baru yang Mulai Langka

hectors dolphin

Sumber: blackcat.co.nz

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang dapat ditemui di berbagai perairan di seluruh dunia, tapi tahukah kamu bahwa Selandia Baru memiliki spesies lumba-lumba yang khas?

Hector’s Dolphin/lumba-lumba Hector (cephalorhynchus hectori) adalah spesies lumba-lumba yang hanya ditemukan di Selandia Baru. Spesies ini memiliki sub-spesies yang disebut Maui dolphin/lumba-lumba Maui. Lumba-lumba Hector berhabitat di Pulau Selatan Selandia Baru, sedangkan Lumba-lumba Maui hanya ditemukan di Pulau Utara.

hectors dolphin

Sumber: nzherald.co.nz

Berbeda dengan kebanyakan spesies lumba-lumba, lumba-lumba Hector memiliki tubuh yang lebih kecil bewarna abu-abu dengan tanda hitam yang khas di bagian muka. Ukuran tubuh lumba-lumba Hector dewasa hanya sepanjang 1,5m dengan berat sekitar 40-60kg. Lumba-lumba jantan dari spesies ini umumnya lebih ramping dan kecil daripada betina. Spesies ini juga memiliki ciri khas yaitu sirip yang berbentuk agak bulat dan menyerupai telinga.

hectors dolphin

Sumber: dennisbuurman.com

Sama dengan lumba-lumba pada umumnya, lumba-lumba Hector hidup dengan memangsa beberapa jenis ikan, kepiting serta gurita. Spesies ini juga merupakan lumba-lumba yang bersabahat dan penuh keingintahuan. Mereka cenderung berenang di dekat permukaan air dan kerap mengikuti kapal-kapal yang lewat. Tindakan tersebut seringkali membuat diri mereka terjebak jaring nelayan atau tanpa sengaja terluka oleh turbin kapal yang tidak menyadari keberadaan mereka.

hectors dolphin

Sumber: greenpeace.org

Baik lumba-lumba Hector maupun lumba-lumba Maui mulai mengalami kelangkaan dan berstatus “terancam punah secara nasional”. Berkurangnya populasi spesies ini disebabkan oleh penangkapan ikan dengan menggunakan jaring yang kerap membuat lumba-lumba Hector ikut tersangkut. Jumlah lumba-lumba Hector di Pulau Selatan hanya sekitar 10.000 ekor yang hanya sekitar 30% dari jumlah aslinya. Sementara lumba-lumba Maui  hanya berjumlah kurang dari 55 ekor atau kurang dari 10% populasi seharusnya.

hectors dolphin

Photo by: Laura Boren from niwa.co.nz

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan lumba-lumba Hector dari kepunahan. Cagar alam laut pertama untuk lumba-lumba Hector didirikan di Semenanjung Banks, lepas Pantai Timur Pulau Selatan pada tahun 1988. Pada tahun 2008, penangkapan ikan dengan jaring pukat dilarang dalam jarak 4 mil dari Pantai Timur dan Selatan Pulau Selatan. Selain itu, pembatasan terhadap survei penambangan dan akustik seismik juga diberlakukan untuk melindungi spesies ini.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!