University of Kansas: Kampus Pilihan Aktor Film Avengers Paul Rudd
11 Juni 2019
Pusat Kegiatan Mahasiswa University of Westminster Tembus Nominasi Guardian University Awards 2019
11 Juni 2019

Menilik Sejarah Waitangi Treaty Grounds di Selandia Baru

Ingin mencoba travelling dan kembali ke masa lalu? Kamu bisa mengunjungi Waitangi Treaty Grounds!

Sumber: stuff.nz.co

Waitangi Treaty Grounds merupakan tempat bersejarah paling penting di Selandia Baru dimana Perjanjian Waitangi ditandatangani oleh suku Maori dan pemerintah Inggris pada tahun 1840. Di tempat ini, kamu bisa melihat dan mengunjungi berbagai spot berbeda yang meliputi Treaty House, tiang bendera raksasa, rumah pertemuan Maori yang diukir dengan unik, dan kano (waka) terbesar di dunia.

Sumber: Wikipedia

Asal mula terbentuknya Perjanjian Waitangi ialah karena sejumlah suku Maori mencari perlindungan kepada William IV, Raja Inggris. Mereka mengkhawatirkan adanya pengambilalihan karena pada saat itu semakin banyak imigran yang bermukim secara tetap di Selandia baru. Terkadang para imigran bersikap tidak adil dan berselisih dengan suku Maori perkara lahan. Disamping itu, pemukiman Inggris juga semakin meningkat dan Pemerintah Inggris akhirnya memutuskan untuk menegosiasikan kesepakatan resmi dengan para kepala suku Maori untuk menjadi Koloni Inggris.

Sumber: newzealand

Ketika Perjanjian Waitangi selesai dibuat, beberapa isi pasalnya mengakibatkan kontroversi. Akhirnya, timbullah perselisihan atas kepemilikan dan terjadi serangkaian konflik berdarah sepanjang abad ke-19 yang dikenal sebagai Peperangan Selandia Baru. Kedua belah pihak menderita kerugian namun pada akhirnya Kerajaan Inggris lah yang memenangi perang tersebut. Ketika perang tersebut berakhir, Pengadilan Waitangi pun didirikan pada tahun 1975 untuk membantu memperbaiki hak suku Maori yang terabaikan dalam Perjanjian Waitangi.

Sumber: Hail

Saat ini, tanah dan bangunan tempat perjanjian Waitangi akhirnya dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Waitangi Treaty Grounds juga menawarkan tur dengan pemandu dan pertunjukan budaya yang diadakan secara berkala sepanjang hari. Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin jalan-jalan sekaligus belajar mengenai sejarah. Selain menikmati pengalaman budaya dan keindahannya, mengunjungi tempat ini bisa memberikanmu pemahaman yang jelas mengenai sejarah di masa lampau dan menghargai para penduduk aslinya.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!