ucsi
UCSI University Terima Penghargaan Universitas Swasta Terbaik Malaysia
2 Juli 2019
Apa yang Menarik dari Studi di Les Roches Marbella Spanyol?
2 Juli 2019

Monash University Tunjukkan Prestasi dalam Penelitian

monash university

Setelah menduduki peringkat ke-58 dalam QS World University Rangkings terbaru, Monash kembali mencacat prestasi di bidang penelitian berdasarkan Nature Index 2019.

Nature Index 2019 yang rilis beberapa waktu lalu menjadi bukti bagi Monash University untuk mengukuhkan diri sebagai universitas terkemuka di dunia dalam bidang penelitian sains. Index tersebut menunjukkan bahwa Monash University menduduki peringkat ke 98 di dunia dan peringkat kedua dari sekitar 200 lembaga pendidikan tinggi di Australia. Angka tersebut membuat Monash berada dalam 20% teratas universitas di dunia yang maju dalam bidang penelitian sains.

Nature Index disusun atas kontribusi suatu lembaga dalam 82 jurnal papan atas di dunia. Jurnal-jurnal tersebut menerima puluhan ribu makalah berkualitas tinggi dalam bidang ilmu hayati, fisika, ilmu bumi dan lingkungan, serta kimia. Index tersebut menghitung jumlah artikel dari suatu lembaga dan kontribusi penulis berdasarkan perhitungan fraksional.

Tabel Nature Index 2019 ini menunjukkan bahwa Monash University memiliki 439 publikasi pada tahun 2018. Jumlah tersebut didominasi oleh ilmu hayati yang menempati peringkat 89 secara global, disusul oleh kimia, fisika serta ilmu bumi dan lingkungan.

Provost and Senior Vice-President, Professor Marc Parlange mengatakan bahwa Nature Indeks 2019 ini telah menyoroti prestasi Monash University dalam hal penelitian. ia juga mengatakan bahwa penelitian sains yang berkualitas tinggi tersebut tidak lepas dari staf akademik yang ahli dan berbakat.

“Ini dilatarbelakangi oleh komitmen Monash University untuk meningkatkan kekuatan penelitian, mengembangkan dan menarik bakat penelitian dengan standar internasional dan menumbuhkan lingkungan penelitian yang benar-benar multidisiplin,” ungkapnya.

Selain kontribusi masing-masing institusi pendidikan tinggi, Nature Index juga mencantumkan kontribusi negara. Australia sendiri mendapat peringkat 10 besar dalam pertisipasi negara dalam penelitian sains.

Comments are closed.

Chat di WhatsApp