trans-canada-highway
Trans-Canada Highway: Jalan bebas Hambatan Nasional Terpanjang di Dunia
22 Juli 2019
CHALLENGE YOURSELF AND WIN UP TO 6 MILLION RUPIAHS
23 Juli 2019

Museum Louvre, Paris: Museum Seni Terbesar di Dunia

Apa yang ada di benakmu ketika seseorang menyebut “Prancis”?

Bagi sebagian besar orang, negara Prancis identik dengan Menara Eiffel yang berada di Kota Paris. Namun, sebagai salah satu negara tujuan wisata terpopuler, Prancis memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi selain Manara Eiffel. Kota Paris sendiri terkenal sebagai kota yang identik dengan seni dan sejarah serta memiliki banyak museum.

Musee du Louvre atau Museum Louvre

Museum Louvre

Sumber: theculturetrip.com

Salah satu museum yang terkenal di Kota Paris adalah Musee du Louvre atau Museum Louvre yang merupakan museum seni dan monumen sejarah terbesar di dunia. Pada tahun 2018, museum ini menerima predikat “world’s most visited art museum” yang dikunjungi lebih dari sepuluh juta orang. Maka tidak berlebihan jika Museum Louvre ini disebut sebagai daya tarik lain kota Paris selain menara Eiffel.

Terletak di Istana Louvre, Kota Paris

Louvre Museum

Sumber: foundtheworld.com

Berlokasi di Rive Droite Seine, Arondisemen pertama Kota Paris, Museum Louvre terletak di Istana Louvre (Palais du Louvre) yang awalnya merupakan benteng yang dibangun pada abad ke-12. Museum ini memiliki 460.000 objek dan memamerkan lebih dari 38.000 karya dari zaman prasejarah pada area seluas  72,735 meter persegi. Koleksi-koleksi tersebut dibagi menjadi delapan departemen kuratorial yaitu: Egyptian Antiquities; Near Eastern Antiquities; Greek, Etruscan and Roman Antiquities; Islamic Art; Sculpture; Decorative Arts; Paintings; Prints and Drawings.

Koleksi dari berbagai peradaban

Louvre museum

Sumber: arup.com

Ada banyak koleksi berharga disimpan dan dipamerkan dalam museum ini, di antaranya ada koleksi dari berbagai zaman dari peradaban mesir yang cukup lengkap mengungkap sejarahnya. Selain itu, ada pula koleksi benda-benda dari berbagai peradaban mulai dari Yunani, Etruskan, Romawi, hingga Islam. Koleksinya Museum ini juga termasuk benda-benda bersejarah dari berbagai belahan dunia. Ada pula koleksi dari karya-karya fenomenal seperti lukisan-lukisan Leonardo Da Vinci, termasuk Mona Lisa yang melegenda.

louvre museum

Sumber: timesofisrael.com

Musem Louvre dibuka untuk umum pada tahun 1793 dengan memamerkan sekitar 500 koleksi yang berupa lukisan. Sebagian besar koleksi tersebut merupakan properti gereja dan kerajaan yang disita oleh pemerintah. Museum ini sempat ditutup pada tahun 1796-1801 karena masalah struktural bangunan.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!