study in germany
Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya
13 Januari 2020
cara kuliah di luar negeri
Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri
15 Januari 2020

Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Kuliah

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: Freepik

Bercita-cita kuliah di luar negeri namun bimbang karena impian tersebut ‘dikenal’ menguras kantong? Tidak di negara ini!

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: Freepik

Tak perlu mengurungkan niat ataupun ragu akan meraih cita-citamu untuk mengejar mimpi hingga di negeri lain. Negara destinasi studi tidak semuanya mahal. Kamu pasti akan berpikir “Kuliah saja sudah mahal. Bagaimana biaya hidupnya nanti..” Kekhawatiran itu wajar—kami memahaminya! Namun percaya tidak percaya, kamu bisa loh meraih mimpi tersebut.

Tapi bagaimana sih caranya?

Kamu cukup memilih negara dengan biaya hidup termurah untuk kuliah secara tepat. Di dunia yang luas ini, ada banyak negara yang dikenal memiliki pendidikan terbaik dengan biaya yang dapat dijangkau. Terlebih, biaya hidupnya tidak akan membuatmu pusing karena sangat financially-friendly bagi kamu para calon siswa internasional! Untuk membantumu memutuskan pilihan, berikut ini beberapa rekomendasi negara dengan biaya hidup termurah untuk kuliah:


Italia

Italia merupakan lokasi yang sangat populer untuk studi internasional. Hal itu tidak hanya karena suasana multikulturalnya yang tinggi, tetapi karena negara ini juga memiliki beberapa universitas negeri dan swasta terkemuka.

Meskipun biaya perguruan tinggi swasta di Italia dapat berkisar hingga 17 ribu USD (250 juta rupiah) per tahun, perguruan tinggi di negara ini ternyata merogoh kocek lebih murah. Biaya yang dikeluarkan dapat berkisar antara 900 hingga seribu USD (Rp 13 hingga 15 juta rupiah) per tahun untuk program sarjana. 

Baca Juga : Biaya Hidup di Swiss

Jika kamu ingin menempuh perkuliahan di universitas swasta—kamu tetap bisa dapat menemukan harga yang lebih murah karena tak semua institusi memasang standar tuition fee yang sama. Lebih mudahnya, kamu dapat mendaftar bantuan finansial dari kampus seperti beasiswa ataupun bursary. Disamping itu, biaya hidup di Italia juga tak setinggi yang dikira. Biaya pengeluarannya dapat berkisar sekitar EUR 1.000 hingga EUR 1.500 per bulan tergantung kota yang ditinggali. 


Spanyol

Spanyol adalah tempat menyenangkan untuk studi di luar negeri. Iklim Mediterania, destinasi indah, musik yang semarak, dan budaya lokal membuat berkuliah di Spanyol menjadi impian banyak mahasiswa internasional dan membuat mereka semakin bersemangat.

Universitas baik negeri maupun swasta banyak yang menawarkan beasiswa dan tentu kamu berkesempatan untuk mendaftar yang sesuai dengan persyaratan. Mahasiswa internasional dapat belajar di Spanyol dengan mengeluarkan biaya sekitar 700 hingga 1,500 USD ( 10 hingga 21 juta rupiah) per tahun. Biaya dibebankan pada ‘per kredit’ dasar dan bisa lebih tinggi di tingkat pascasarjana. 

Sementara itu biaya hidup di Spanyol dapat berkisar mulai 900 hingga 1,000 USD (13 hingga 17 juta rupiah). Biaya hidup selama belajar di Spanyol juga akan sangat tergantung pada jenis program yang kamu pilih dan di kota mana kamu tinggal.


Jerman

Jerman terkenal memiliki universitas-universitas terbaik dunia. Negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah ini juga menjadi salah satu negara favorit yang dipilih oleh mahasiswa internasional. Kenapa bisa? Karena biaya kuliah di negara ini terhitung murah dan bahkan ada yang gratis. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh filosofi Jerman yang meyakini bahwa pendidikan tinggi harus terjangkau dan mudah diakses.

Baca Juga : Biaya Hidup di New Zealand

Pemerintah Jerman memberikan biaya pendidikan yang sangat terjangkau sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8,5 juta per tahun. Biaya terjangkau tersebut diperuntukkan baik bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

Untuk biaya hidup, kamu perlu menyiapkan setidaknya €8,400 atau sekitar Rp130 jutaan per tahun. Kamu dapat menggunakannya untuk membeli kebutuhan harian, pangan, keperluan lainnya, termasuk berjalan-jalan mengunjungi tempat menarik yang ada di negara ini.


Prancis

Prancis memiliki sejarah yang kuat sebagai penyedia pendidikan dan keingintahuan intelektual. Negara ini juga menjadi salah satu destinasi populer untuk kuliah di luar negeri. Hal tersebut tak lain karena ternyata Prancis memiliki biaya kuliah yang murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Setiap tahun, terdapat 1,5 juta siswa yang belajar di universitas yang ada di negara ini—yang mana sekitar 10% nya merupakan siswa internasional. 

Universitas di Prancis menawarkan ribuan program gelar akademik, teknis, dan profesional di setiap bidang. Negara ini menerapkan sistem berbasis kredit dimana setiap modul studi bernilai sejumlah ECTS (kredit Eropa). Mayoritas universitas di negara ini merupakan lembaga public. Inilah yang membuat biaya kuliah di negara ini relatif rendah.

Jika kamu berkuliah di universitas negeri, rata-rata untuk biaya kuliah S1 dapat berkisar antara 3 juta rupiah per tahun dan 4,5 juta rupiah untuk S2. Disamping itu, biaya hidup di Prancis rata-rata berkisar antara 1000-2000 euro setiap tahun. Biaya hidup tentu bervariasi, bergantung pada tempat tinggal dan gaya hidup. Biaya tersebut termasuk akomodasi, transportasi, dan telekomunikasi.


Malaysia

Malaysia adalah salah satu negara di Asia yang sering dipilih sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi. Negara ini menjadi favorit karena biaya studi yang terjangkau bagi para pelajar. Dikenal sebagai pelopor dalam program twinning pada tahun 1980an, Malaysia bekerjasama dengan universitas luar negeri baik Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, Selandia Baru, dan lainnya.

Mengenai biaya studi, kamu hanya mengeluarkan dana sekitar RM 20.000 hingga RM 25.000 (67 juta rupiah) per tahun. Biasanya biaya tersebut sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan, biaya laboratorium, serta biaya lainnya. Meskipun begitu, tetap ada beberapa program jurusan yang menawarkan biaya yang lebih murah.

Baca Juga : Biaya Hidup di Kanada

Untuk biaya hidup, Malaysia ini memiliki budget pengeluaran yang sangat bersahabat! Kamu hanya perlu merogoh kocek dengan rata-rata total 4 juta rupiah tiap bulannya.

Bagaimana? Apakah ada yang tertarik untuk kamu jadikan pilihan?

negara dengan biaya hidup termurah

Sumber: Freepik

Jangan biarkan kekhawatiran menjadi batas penghalang untuk menyempurnakan rencana studimu yah! Karena studi di luar negeri akan memberikanmu pengalaman yang benar-benar berbeda dan bermanfaat. Tak hanya membimbingmu, tapi juga akan membentukmu. Kamu akan belajar lebih mandiri karena tinggal sendiri, memaksimalkan skill yang dimiliki, menambah pengetahuan baru, membangun circle baru dengan berteman bersama mahasiswa lain dari berbagai latar belakang budaya, dan juga memantapkan cita-citamu kedepannya. 

Terlebih, di tempatmu belajar nanti, kamu akan bertemu sesama pelajar Indonesia melalui Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Berkumpul dan bertukar pikiran bersama mereka akan menambah semangatmu untuk saling menginspirasi. Ketika nanti kalian telah menyelesaikan perkuliahan, kalian dapat kembali ke Indonesia dan sangat mungkin untuk menyusun ataupun bekerja sama dalam proyek untuk memajukan negeri Indonesia!

Menyenangkan bukan? Oleh karena itu, yuk yakinkan niat dan rencanakan studi ke luar negerimu mulai saat ini.


Karena Indonesia membutuhkan orang sepertimu yang akan terus membangun dan memajukan Bangsa. Beranikanlah dirimu dan berkarya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!