Kupas Tuntas Tentang Sejarah Jerman
25 November 2022
fakta unik amerika serikat, penemu internet, Universitas Harvard , negara bagian amerika serikat, orang pertama ke bulan
Fakta Unik Amerika Serikat, Sudah Tahu?
29 November 2022

Negara-negara ASEAN Dengan Destinasi Wisata Terbaik, Apa Saja?

Negara-negara ASEAN

Negara-negara ASEAN

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Selain itu, negara-negara ASEAN terdiri dari 10 Negara! Di bangun nya organisasi negara negara di asean ini bertujuan untuk saling menyejahterakan dan memajukan para anggota nya dalam berbagai bidang.

Banyak banget negara tujuan kuliah di antara 10 negara ASEAN beserta ibukotanya, contohnya seperti Malaysia dan Singapura yang selalu jadi pilihan top mahasiswa Indonesia. Untuk itu, mungkin kamu yang sedang belajar di Asia Tenggara mau mengeksplorasi kawasan ini lebih jauh lagi. Eksplorasi ini bisa dimulai dari jelajah negara negara ASEAN sebagai tujuan wisata kok!

Bingung soal destinasi wisatanya? We got you covered! Baca artikel ini aja buat tau destinasi terbaik di negara-negara ASEAN, as well as sejarah negara ASEAN itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Kuliah di Luar Negeri, Ada Info Syarat Sampai Beasiswa!

Destinasi Wisata Yang Ada Di Negara-Negara ASEAN

Organisasi yang terdiri dari 10 negara ini nggak akan mungkin tidak punya tempat wisata sama sekali. Justru banyak sekali ragam destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di negara anggota ASEAN. Pasalnya kebanyakan daerah yang ada di ASEAN dekat dengan lautan bahkan bersebrangan dengan samudera! Dengan iklim tropis menjadikan negara negara ASEAN pastinya akan nyaman dikunjungi karena tingkat suhu udara yang tidak terlalu dingin maupun panas. Penasaran apa saja destinasa wisata yang ada di negara negara ASEAN? langsung saja cek yang ada di bawah ini!

1. Angkor Wat, Kamboja

Negara-negara ASEAN

 

Terletak di wilayah barat laut Kamboja, kota ini terkenal sebagai pintu gerbang ke wilayah Angkor, tetapi Siem Reap juga bisa banget jadi tujuan wisata buatmu. Perpaduan arsitektur China dan kolonial memberikan suasana kota yang unik, di mana penduduk pedesaan dan sepeda motor tua berpadu dengan budaya kafe yang semarak dan suasana klub modern.

Angkor Wat, monumen keagamaan terbesar dan salah satu World Heritage Sites, terletak kurang dari 6 km di utara Siem Reap. Reruntuhan kompleks candi abad ke-12 ini mencakup area seluas lebih dari 162 hektar, dengan ratusan bangunan yang dibangun menggunakan balok batu pasir.

BACA JUGA : Beasiswa Luar Negeri dari Universitas Terkemuka Dunia yang Mudah Didapat

2. Ha Long Bay, Vietnam

10 negara ASEAN beserta ibukotanya

 

Destinasi wisata di negara-negara ASEAN selanjutnya datang dari Ha Long Bay di Vietnam. Ha Long Bay terdiri dari sekelompok pulau dan karst batu kapur yang telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Banyak dari pulau-pulau tersebut sebenarnya adalah tebing monolitik tinggi yang tidak dapat dilalui, ditutupi oleh hutan hijau yang rimbun. Beberapa di antaranya berlubang dan memiliki gua-gua yang indah. Gua Dau Go (Gua Pancang Kayu) adalah contoh yang bagus, gua besar dengan tiga ruang utama, stalagmit warna-warni, dan lukisan batu. Banyak pulau juga memiliki danau tertutup sendiri.

BACA JUGA: Kuliah Gratis di Luar Negeri? Intip Cara Mendapatkan Beasiswa Disini! 

3. Koh Samui, Thailand

10 negara ASEAN beserta ibukotanya

 

Koh Samui menawarkan resor kelas atas, spa mewah, dan beberapa pantai dengan pemandangan indah di Thailand. Pantai Chaweng dan Lamai menarik sebagian besar wisatawan dan bisa untuk berlayar, menyelam scuba, dan berenang.

BACA JUGA: Cara Dapat Beasiswa S1 di Luar Negeri Paling Ampuh!

4. Boracay, Philippines

sejarah negara ASEAN

 

Pulau kecil Boracay berada tepat di seberang perairan dari Pulau Panay, salah satu pulau terbesar di Filipina. Meskipun hanya berukuran 10 km2, Boracay menarik ribuan pengunjung setiap tahun, yang datang ke sini untuk menikmati pantai sepanjang 4 km dan pasir putihnya yang halus. Without a doubt, Boracay adalah salah satu pantai terbaik di Filipina.

BACA JUGA: Syarat Beasiswa Dalam & Luar Negeri, dari Nilai Rapor ke Rekomendasi

5. Bagan, Myanmar

sejarah negara ASEAN

 

Sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, destinasi wisata negara-negara ASEAN yang kali ini mengandung sejarah negara ASEAN. Kota kuno Bagan pernah menjadi ibu kota kerajaan pertama Myanmar. Antara abad ke-11 dan ke-13, lebih dari 10.000 pagoda dan kuil Buddha dibangun di sini. Lebih dari 3.500 masih berdiri hari ini di daerah yang dikenal sebagai Zona Arkeologi Bagan, yang tersebar di 41 km2.

BACA JUGA: Beasiswa Psikologi S2 di Kampus ‘Top’ Luar Negeri? Cari Tahu Disini!

6. Candi Borobudur, Indonesia

ibukota negara asean

Salah satu warisan dunia UNESCO asal negeri kita tercinta ini merupakan peninggalan kerajaan syailendra. Candi Borobudur sendiri mengandung nilai sejarah yang kental akan agama buddha. Terletak di kota Magelang tepatnya di jawa tengah, Candi Borobudur di tetapkan sebagai cagar budaya sejak tahun 1991. Alasan dari UNESCO menetapkan kuil buddha terbesar ini sebagai situs warisan dunia adalah karena desain nya yang unik dan arsitekturnya yang sarat akan makna. Borobudur sendiri di bangun pada abad 8-9 Masehi oleh kerajaan mataram saat dinasti syailendra. Luas bangunan dari Candi borobudur adalah 2500 Meter persegi.

Ibukota di Negara-negara ASEAN

10 Negara ASEAN sendiri memiliki ibukota nya masing-masing dan beberapa di antaranya memiliki destinasi wisata yang terbaik lohh. Apa saja Ibukota Negara ASEAN? Simak Dibawah ini.

  1. Indonesia dengan Ibukota yaitu Jakarta
  2. Malaysia dengan Ibukota yaitu Kuala Lumpur
  3. Singapura dengan ibukota yaitu Kota Singapura
  4. Filipina dengan ibukota yaitu Manila
  5. Thailand dengan ibukota yaitu Bangkok 
  6. Brunei Darussalam dengan ibukota yaitu Bandar seri begawan
  7. Vietnam dengan ibukota yaitu Hanoi
  8. Laos dengan ibukota yaitu Viantiane
  9. Myanmar dengan ibukota yaitu Naypyidaw
  10. Kamboja dengan ibukota yaitu  Phnom Penh

Ibukota di Negara-negara ASEAN ini juga punya begitu banyak tujuan budaya yang kudu kamu kunjungi! Nggak hanya Singapura dengan merlion nya doang lho, ibukota negara-negara ASEAN lainnya pun bisa banget jadi destinasi wisata kamu saat liburan kuliah nanti.

Sejarah Singkat ASEAN

Setelah mengetahui destinasi turis di negara-negara ASEAN serta mendengar beberapa rekomendasi dari 10 negara ASEAN beserta ibukotanya, sekarang waktunya untuk mengetahui lebih banyak soal sejarah negara ASEAN!

Sejarah negara ASEAN pertama yang kalian perlu tau adalah bahwa ASEAN didirikan oleh 5 negara, termasuk Indonesia, pada 8 Agustus 1967. ASEAN berdiri karena kesamaan negara-negara pendirinya yang saat itu sama-sama baru lepas dari jajahan kolonial, kecuali Thailand.

Awalnya, ide soal pembentukan ASEAN muncul saat Thailand menjadi penengah rekonsiliasi antara Indonesia, Filipina, dan Malaysia atas perselisihan tertentu. Keempat negara terus jadi sadar kalo kerja sama regional penting untuk menghindarkan dari masa depan kawasan yang nggak pasti. Lantas lahirlah ASEAN yang terdiri atas 10 negara ASEAN beserta ibukotanya!

Gimana? Short course soal sejarah negara ASEAN plus rekomendasi wisata negara-negara ASEAN cukup informatif kan?

Kepingin kuliah di mana nih di negara Asia? Daripada bingung, mending perkaya informasi soal studi luar negeri dengan baca SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun! Kamu juga bisa download sun education app secara GRATIS dari playstore maupun appstore untuk info-info terbaru soal universitas dan beasiswa ke luar negeri.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Wikipedia, The Atlantic, Unsplash

Tinggalkan Balasan