Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!
Apa Itu Agribisnis? Ini Pengalaman Kuliah Hingga Prospek Kerjanya!
16 Mei 2022
biaya kuliah musik
Kuliah Musik di Uni Top Inggris, Berapa Biayanya?
18 Mei 2022

Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

Sebelum memilih jurusan kuliah, pastinya akan ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Yang paling penting tentunya apakah jurusan yang kamu ambil memiliki opsi karir yang luas dan menjanjikan. Salah satu jurusan yang banyak peminatnya adalah jurusan psikologi. Lalu, bagaimana opsi karir bagi peraih gelar sarjana psikologi? Apakah cukup menjanjikan? Nggak perlu khawatir, kali ini SUN akan membahas opsi karir bagi kamu yang ingin mendapatkan gelar psikologi. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Headhunter
Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

Headhunter adalah perusahaan atau perorangan yang menyediakan jasa konsultasi serta rekrutmen karyawan yang bersifat strategis atau level C-suit. Apakah sama dengan HR? Nope, Head hunter merupakan spesialis yang ahli dalam merekrut pekerja dengan bidang dengan keterampilan yang spesifik.

BACA JUGA: Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?

Biasanya perusahaan menggunakan jasa headhunter untuk menjadi penghubung dengan calon karyawannya. Mereka juga sangat jago “membajak” top talent dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, lho. Dengan bekal dari gelar psikolognya, mereka bisa menilai pribadi mana yang cocok dengan karir yang tepat.

 

2. Research and Development

Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

Research and Development (RND) merupakan profesi yang berkecimpung dalam penelitian dan pengembangan. Penelitiannya bergerak di berbagai bidang dimana salah satu aspeknya adalah perilaku konsumen hingga efek yang ditimbulkan dan tingkat kepuasan pada pengguna suatu produk tertentu. Data dari RND ini sangatlah penting untuk mempelajari pangsa pasar dan perilaku konsumen. Dengan begitu, ke depannya perusahaan bisa membangun strategi yang bisa lebih masuk ke pangsa pasar. 

 

3. HRD

Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

Opsi karir peraih gelar sarjana psikologi selanjutnya adalah Human Resource Department (HRD). Tugas staff HRD adalah membantu tim lain dalam mengimplementasikan kebijakan juga strategi suatu perusahaan organisasi, memperhatikan kinerja karyawan dan tentunya melakukan rekrutmen. Dengan ilmu psikologi ini kamu bisa membaca pribadi calon karyawan apakah tepat dengan posisi yang ditawarkan. Kamu juga bisa harus menjadi tempat mengadu dan memberikan saran atau konsultasi karyawan mengenai kehidupan dan kinerja di kantor.

BACA JUGA: Keuntungan Memiliki Gelar Sarjana Manajemen Bisnis

 

4. Management Trainee

Opsi Karir Peraih Gelar Sarjana Psikologi

Perusahaan membutuhkan management trainee untuk memberikan pelatihan untuk memberikan pengembangan diri dan motivasi untuk meningkatkan kinerja di kantor. Seorang management trainee bisa bergabung dalam satu perusahaan, menjadi pekerja lepas atau bergabung dengan agen. Bila kamu merupakan pekerja lepas, kamu akan dibayar sesuai dengan sesuai dengan jumlah jam training yang diberikan. 

 

5. Psychologist

Peraih gelar sarjana psikologi tentunya memiliki opsi karir sebagai Psychologist. Profesi ini membantu orang untuk mengolah kesehatan mentalnya. Nggak sembarangan, cara seorang Psychologist dalam mengatasi keluhan diperlukan riset panjang mengenai masalah-masalah yang menimpa kesehatan mental seseorang. 

Kehadiran Psychologist ini semakin dibutuhkan seiring banyaknya yang sadar akan pentingnya kesehatan mental. Psychologist bisa bekerja di klinik, rumah sakit, bahkan lewat telemedicine. Dengan banyaknya orang yang makin sadar dengan kesehatan mental, jenjang karir Psychologist pun makin tinggi.

 

6. Counselor

Seperti namanya, Counselor bertugas memberikan konseling pada kliennya. Biasanya mereka di-hire untuk memberikan konseling kepada karyawannya untuk meningkatkan kinerja, profesionalisme dan kesehatan mental pribadi. Selain menjadi Counselor perusahaan, ada juga counselor sekolah yang dikenal sebagai guru bimbingan konseling, counselor olahraga dan banyak lagi. Tentunya dengan berbedanya jenis counselor tugas dan tujuannya pun berbeda.

Dengan mengetahui opsi karir peraih gelar sarjana psikologi, bisa menjadi salah satu alasan kamu memilih jurusan ini. Selain bisa kuliah jurusan ini di dalam negeri, kamu bisa menempuhnya di luar negeri, lho. Tentunya perkuliahan di luar negerinya akan sangat berbeda dan memberikanmu sudut pandang dalam dunia psikologi. Nggak perlu takut, meski kuliah jurusan psikologi di luar negeri, SUN Education siap membantumu mempersiapkan semua persiapannya!

Sambil mempersiapkan persyaratannya, kamu bisa membaca aneka jurusan masa depan lainnya di SUN E-guide book. Nggak hanya informasi jurusan, ada pembahasan tips dan trik kuliah di luar negeri hingga informasi beasiswa. SUN E-guide book juga sudah bisa kamu akses secara GRATIS di gadget manapun, lho.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Sumber gambar: Pexles

Tinggalkan Balasan