Inilah Mata Kuliah Teknik Industri, Catat Ya!
15 Agustus 2022
Hofstra University
Hofstra University, Kampus Impian Untuk Kuliah di USA
17 Agustus 2022

5 Peluang Kerja Jurusan Hukum yang Paling Menjanjikan

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Mempelajari ilmu hukum menawarkan kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan membawamu eksplorasi berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan materi studi yang luas dan prospek karir yang menarik, nggak kaget kalo kamu pun tertarik jadi sarjana hukum. Satu lagi benefit yang ditawarkan adalah peluang kerja jurusan hukum yang beragam dan menjanjikan bagi lulusannya!

Mempelajari ilmu hukum memberikanmu kesempatan untuk mempertajam pikiran, memperkuat pemahaman, dan memperdalam pengalaman di beragam humaniora dan ilmu sosial. Nantinya kamu akan memperoleh pemahaman yang lebih luas mengenai cara kerja sistem hukum dalam masyarakat.

Oleh karena itu, salah satu syarat masuk fakultas hukum adalah kamu ingin mengembangkan pemikiran abstrak dan melatih skill pemecahan masalah yang praktis. 

Ini 5 Peluang Kerja Jurusan Hukum

Menjadi sarjana hukum bisa memberikanmu banyak pilihan karir selain menjadi pengacara lho! Setelah lulus dari kuliah jurusan hukum, kamu akan mendapatkan keterampilan untuk menjadi pengacara yang sukses, politikus, manajer, jurnalis, jurnalis, atau bahkan petugas polisi!

Artinya, gelar dari jurusan hukum membekalimu untuk hampir semua profesi yang membutuhkan kekuatan intelektual yang dikombinasikan dengan pendekatan praktis. Untuk tau apa aja peluang kerja jurusan hukum yang menjanjikan, keep your eyes glued on the screen!

 

BACA JUGA: Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

 

Jurnalis

ilmu hukum

 

Salah satu peluang kerja jurusan hukum adalah jurnalis karena sekolah hukum membantu mengembangkan keterampilan menulis, narasi, dan meneliti. Di bidang jurnalistik, kemampuan ini sangat penting. Selain itu, kamu akan selalu mendapat keuntungan dalam hal melaporkan masalah hukum.

Meskipun memiliki gelar jurnalistik biasanya menguntungkan dalam hal menjadi jurnalis, lulusan hukum juga dapat mengejar karir di media kok! Kalo diperhatiin, sebenernya kualifikasi jurnalis dan pengacara nggak jauh beda, syarat masuk fakultas hukum dan jurnalistik pun nggak terlalu berbeda. Contohnya, seorang jurnalis harus aktif, memiliki kemampuan untuk menemukan kesalahan, bercakap-cakap, bertanya, dan berdebat. Kualitas seorang pengacara tampaknya mirip dengan seorang jurnalis. 

Seorang pengacara bisa menjadi ahli dalam jurnalisme politik karena memiliki pemahaman yang lebih baik tentang undang-undang daripada jurnalis pada umumnya. 

 

Analis Kebijakan

kuliah jurusan hukum

 

Selain menjadi jurnalis, ilmu hukum yang kamu pelajari juga dapat berkontribusi dalam karir menjadi analis kebijakan! Analis kebijakan meninjau, menyusun, dan mengusulkan perubahan pada kebijakan yang ada dan dokumen terkait setiap hari. 

Tugas mereka juga termasuk menganalisis kebijakan perusahaan, mengidentifikasi masalah saat ini dalam organisasi dan menciptakan solusi. Orang-orang dalam peran ini biasanya mendapat manfaat dari perhatian yang kuat terhadap detail, analitis, komunikasi, dan keterampilan kerja tim.

 

Mediator

sarjana hukum

 

Setelah kuliah jurusan hukum, kamu juga bisa lho ambil jalur karir sebagai mediator atau penengah! Tugas utama seorang mediator termasuk memfasilitasi komunikasi antara dua pihak yang berlawanan selama konflik atau perselisihan. Mediator membantu klien menemukan kesamaan dengan berkompromi dan menerapkan solusi inovatif untuk perselisihan mereka. 

Seorang mediator yang sukses adalah seseorang yang bisa berempati, ramah dan mudah didekati. Penting juga bagi mereka untuk memiliki keterampilan mendengarkan aktif dan berpikir kritis yang sangat baik. Hal ini memungkinkan mediator untuk menggunakan kecerdasan emosional mereka untuk membantu klien individu dan bisnis selama mediasi.

 

BACA JUGA: Untuk Masuk Jurusan Hukum, Nilai Harus Bagus di Pelajaran Apa?

 

Diplomat 

syarat masuk fakultas hukum

 

Peluang kerja jurusan hukum berikutnya berada di jalur diplomasi. Yes, you can be a diplomat! Profesi ini pas banget buat kamu yang mau bertugas di luar negeri dan mengetahui lebih banyak mengenai cara kerja politik internasional.

Sebagai diplomat, kamu bertanggung jawab mengawasi hubungan internasional antara kedua negara mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, hingga lingkungan. Memiliki basic hukum dalam memulai karir diplomasi sangat menguntungkan karena kamu perlu mengetahui cara kerja hukum negara lain sebelum menjalin kerja sama bilateral, negosiasi, hingga mengambil keputusan yang mewakili negara.

 

Pengajar

Peluang Kerja Jurusan Hukum

 

Untuk jadi pengajar, akademisi, atau peneliti dalam bidang hukum setidaknya membutuhkan gelar LL.M. atau Ph.D. di bidang hukum yang kamu minati. Siswa yang unggul dalam studi sarjana mereka dan tertarik pada pengajaran dan penelitian adalah kandidat terkuat untuk mengejar karir hukum di bidang akademis.

Mengajar di sekolah hukum adalah profesi yang bereputasi baik dengan gaji yang baik. Orang dengan catatan akademis yang kuat harus mengejar gelar Ph.D., yang akan memungkinkan mereka untuk mempublikasikan makalah penelitian mereka di beberapa platform. Selain itu, ada banyak kemungkinan untuk proyek penelitian.

Udah tau kan jadinya beberaa peluang kerja jurusan hukum yang menjanjikan? Pasti makin tertarik buat kejar sarjana hukum ya?

Tunggu dulu! Jangan lupa untuk membekali diri dengan informasi paling lengkap mengenai studi di luar negeri hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan