5 Tips Tinggal dengan Keluarga Angkat
5 Tips Tinggal dengan Keluarga Angkat
21 Desember 2019
studi luar negeri
Apa yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Luar Negeri
24 Desember 2019

Peran Penting di Balik Layar Sebuah Film, Ada Sekolah Khususnya!

film industry

Pembuatan film selalu dilakukan tahun demi tahun seiring tidak surutnya minat dan antusiasme masyarakat terhadap jenis hiburan yang satu ini. Sepanjang tahun 2019 saja, ada banyak sekali film menarik dari berbagai genre, baik produksi dalam negeri maupun produksi luar negeri. Sebut saja, The Avengers: End Game, Spiderman: Far from Home, Midsommar, dan John Wick 3 untuk produksi luar negeri. Sementara untuk produksi dalam negeri ada Gundala, Dua Garis Biru, Bebas, Perempuan Tanah Jahanam dan masih banyak lagi. 

Pembuatan sebuah film membutuhkan banyak pihak yang terlibat dalam proses produksinya. Meskipun demikian, ada posisi-posisi yang memiliki peran utama agar pembuatan film dapat berjalan dengan baik. Kedelapan posisi ini membutuhkan keterampilan khusus di bidang masing-masing yang apabila kamu tertarik untuk menjadi salah satunya, kamu bisa mendalaminya dalam dunia perkuliahan.

Sutradara

Sutradara adalah komponen paling penting dalam proses produksi atau pembuatan film karena bertugas sebagai pengarah utama. Tugas sutradara meliputi pengecekan segala aspek artistic dalam suatu film termasu bagaimana pengambilan gambar, alur, pelataran dan hal-hal serupa lainnya. Secara umum, ia adalah orang yang menentukan akan seperti apa sebuah film akan terlihat dan mempengaruhi penonton secara visual maupun jalan cerita.

 

Produser

Jika sutradara berfokus pada proses produksi, seorang produser akan terlibat dalam hal-hal sebelum proses produksi dimulai. Tugasnya mulai dari mencari sponsor, memikir strategi bisnis, hingga merekrut kru yang akan terlibat.

screenplay

Penulis Skrip

Merupakan orang yang mengerjakan nasksah sebuah film serta akan menjadi tangan kanan sutradara pada saat proses produksi. Tugasnya meliputi penulisan naskah, memastikan adegen demi adegan sesuai dengan naskah.

Aktor

Aktor bertugas untuk memerankan karakter sesuai degan yang telah tertulis pada naskah. Ia memiliki tugas utama untuk membawa emosi penonton sesuai dengan peran yang ia mainkan.

art director

Tim artistik

Tim artistik adalah tim yang bertanggung jawab untuk tampilan sebuah latar maupun pemeran dalam sebuah film dengan pertimbangan sisi sinematiknya. Secara umum, yang termasuk dalam tim artistik antara lain adalah penata rias, penata busana, serta penata latar yang semuanya dikepalai oleh seorang art director.

Kameramen

Seorang kameramen bertugas dalam pengambilan gambar adegan demi adegan dalam sebuah film. Ia juga harus memastikan kualitas pengambilan gambar tersebut agar selalu sama bagaimanapun perubahan adegan dalam film. Kameramen juga dituntut untuk mengambil gambar dalam banyak cara, baik menggunakan alat bantu maupun secara manual.

film production

Editor

Seorang editor bertugas paling akhir setelah produksi adegan film, yaitu menyatukan pengambilan gambar adegan demi adegan menjadi sebuah film yang utuh sesuai dengan alur pada naskah. Tugas editor termasuk memberi efek visual yang diperlukan sesuai dengan arahan art director dan sutradara.

Untuk menjadi filmmaker profesional dalam bidang-bidang di atas, butuh pengalaman dan waktu yang tidak sebentar jika kamu belajar hanya dari pengalaman. Saat ini mulai banyak sekolah-sekolah yang menawarkan program perfilman terutama yang berfokus pada produksi. Di mana dalam proses belajarnya kamu akan secara langsung terjun ke lapangan sehingga akan menjadikan kamu terbiasa dengan suasananya. Program-program yang dapat kamu ambil antara lain adalah Film Making, Acting, Cinematography, Screenwriting, dll. 

Tinggalkan Balasan