biaya kuliah jurusan teknik mesin
Biaya Kuliah Jurusan Teknik Mesin di 5 Uni Top Australia
29 Juni 2022
Tenang, kali ini SUN Education akan share materi reading comprehension lengkap dengan tips mengerjakannya!
Apa Aja Sih Materi Reading Comprehension?
30 Juni 2022

Penasaran Apa Saja Kegiatan Mahasiswa Arsitektur? Intip di Sini!

apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur

Yuk salim dulu sama salah satu jurusan yang paling diincar mahasiswa internasional, yakni jurusan arsitektur. Eits, tau nggak sih kalo jurusan ini tuh bukan cuma gambar-gambar sketsa bangunan doang lho. Lantas apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur? Penasaran ya?

 

Apa itu Jurusan Arsitektur

apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur

 

Jurusan arsitektur mempelajari sejarah dan teori sambil juga membuat mahasiswanya praktik untuk merencanakan konsep arsitektur mereka sendiri.

Setelah lulus dengan gelar arsitektur, kamu bisa langsung terjun ke dunia kerja setelah memiliki lisensi. Persyaratan untuk mendapatkan lisensi termasuk memiliki pengalaman magang atau pengalaman profesional lainnya.

 

BACA JUGA: 5 Hal yang Identik dengan Kehidupan Mahasiswa Arsitektur!

 

Nah, setelah kamu bisa menyebut diri sebagai seorang arsitek berlisensi, kamu bisa banget memulai bisnis sendiri atau bekerja untuk firma arsitektur, perusahaan konstruksi, atau bahkan badan-badan pemerintahan.

Ada juga opsi mengambil jalur karir sebagai architectural drafters, yang bekerja di bawah seorang arsitek. Mereka umumnya menggunakan software untuk merancang produk atau menentukan bahan dan prosedur pembangunan. Untuk itu, mereka memerlukan pelatihan dan pengalaman lebih sedikit dari seorang arsitek berlisensi.

Selain itu, kamu juga bisa banget jadi perencana tata kota lho! Seringkali, ahli tata kota punya latar belakang arsitektur soalnya.

 

Apa Saja Kegiatan Mahasiswa Arsitektur?

 

Sama kayak mahasiswa dari jurusan lainnya, sebagai mahasiswa arsitektur kamu bakal dituntut belajar dan praktik. Lebih tepatnya, kamu akan mengambil sejumlah mata kuliah yang berkaitan dengan desain. Biasanya pada tahun pertama mahasiswa arsitektur juga akan belajar cara menggambar freehand dan digital.

Kegiatan mahasiswa arsitektur lainnya juga melibatkan pelajaran teori, sejarah, struktur bangunan, dan bahan bangunan. Jadi, jangan keliru dan berpikiran bahwa mahasiswa arsitektur kerjaannya cuma gambar-gambar seharian ya!

Ada beberapa mata kuliah yang berfokus pada satu bahan bangunan, seperti baja atau beton, atau mungkin pada sistem pembangunan arsitektur. Kemudian beberapa mata kuliah lainnya mencakup kelas soal sustainability–dengan topik mulai dari pemanasan global hingga metrik bangunan berkelanjutan–dan desain lanskap.

Masih penasaran soal apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur lainnya? Hitung-hitungan! Yup, jurusan ini nggak lepas dari studi soal matematika dan sains. Mata kuliah umum yang mungkin akan ditemui adalah kalkulus, geometri, dan fisika.

Seluruh kegiatan mahasiswa arsitektur selama pembelajaran ini bertujuan agar pada akhir masa studi, mahasiswa dilengkapi keterampilan pemikiran kritis dan desain untuk mengerjakan berbagai jenis proyek arsitektur. Mereka juga harus memiliki keterampilan teknis untuk membuat desain bangunan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti sustainability dan aksesibilitas. 

Selain dapat menemukan solusi desain teknis, jurusan arsitektur perlu mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kolaborasi yang baik, yang akan membantu mahasiswa secara profesional.

 

Pingin Coba tapi Masih Ragu?

 

Setelah tau apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur, makin tertarik buat apply jurusan ini tapi masih ada keraguan? Baca terus ya!

Architects are meticulous artists. Mereka yang mempertimbangkan jurusan arsitektur harus memiliki keterampilan kreatif dan fokus kuat terhadap detail. 

Nggak cuma itu, mahasiswa arsitektur juga perlu punya ilmu yang kuat tentang mata pelajaran seperti geometri dan fisika agar bisa merancang desain yang akurat, aman, dan fungsional.

 

BACA JUGA: Masih Bingung? Ini 6 Alasan Memilih Jurusan Arsitektur

 

Kalo kamu mempertimbangkan jurusan ini, it’s also important to note that you must enjoy working with others. Karena karir dalam bidang arsitektur nantinya pasti melibatkan kolaborasi dengan klien, insinyur, dan sesama arsitek juga. Arsitek biasanya bekerja berjam-jam, terutama untuk mengejar deadline, sehingga jurusan arsitektur harus siap untuk bekerja – di sekolah dan dalam kehidupan profesional mereka.

Gimana? Rasa penasarannya udah terjawabkan setelah tau apa saja kegiatan mahasiswa arsitektur kan? Sebagai salah satu jurusan yang jadi incaran mahasiswa internasional, tentunya banyak banget kesempatan yang tersedia untuk mempelajari jurusan ini di luar negeri.

Pingin tau lebih lengkap soal kesempatan belajar jurusan arsitektur di luar negeri? Semuanya bisa kamu akses melalui satu sumber! Baca SUN E-Guide Book sekarang juga! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan