Jika kamu ingin mempersiapkan matang-matang kuliah di Kanada, ada baiknya kamu memilih Douglas College. Kampus ini memiliki banyak program yang bisa kamu ikuti
Wow, Sebanyak Ini Course yang Ada di Douglas College!
19 Januari 2022
Kini Australia Permudah Kebijakan Untuk Mahasiswa Internasional
20 Januari 2022

Penasaran? Ini 4 Syarat Umum Masuk Jurusan Fashion Design!

Syarat Masuk Jurusan Fashiion Design

Source: Unsplash

The glamor, the arts, the fabulousness of it all! Profesi sebagai fashion designer tetap menjadi salah satu yang paling diincar. Nggak kaget kalau jurusannya pun diminati banyak mahasiswa. Are you one of ‘em? Kalau iya, baca terus buat tau 4 syarat umum masuk jurusan fashion design, ya!

Menjadi seorang fashion designer terlihat menjanjikan semua hal-hal indah dalam dunia tata busana. Namun, apakah kecintaan untuk mendesain pakaian cukup menjadikanmu seorang fashion designer yang baik?

Menurut Collins Dictionary, fashion design bisa diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan merancang hal-hal yang berkenaan dengan mode. Fashion design telah menjadi industri yang sangat kompetitif saat ini. Kalau kamu berencana buat ambil jurusan ini dan mengejar karir di bidang yang sama, kamu harus kerja keras dan mengembangkan beberapa keterampilan lainnya. 

Now, let’s see what it takes if you wanna be the next Coco Chanel. Cek syarat masuk jurusan fashion design di bawah ini!

Syarat Masuk Jurusan Fashion Design

 

1. Selalu Asah Keterampilan
Syarat Masuk Jurusan Fashion Design

Source: Unsplash

Sebagai calon mahasiswa fashion design, kamu pastinya perlu punya keterampilan dalam bidang studimu nantinya. Salah satu cara untuk mengasah keterampilan adalah dengan pengalaman langsung di dunia mode.

Demi mempertajam keterampilan yang diperlukan untuk mengeksekusi desain dari ide ke produk jadi, kamu perlu memiliki keinginan keras untuk terus mengasah keterampilan dan berlatih di luar kelas. Pembelajaran langsung ini nantinya bisa dilakukan dengan ikut program magang dengan perusahaan desain, produsen pakaian, atau personal fashion stylist. 

 

2. Tertarik Bisnis Fashion
Syarat Masuk Jurusan Fashion Design

Source: Unsplash

Syarat masuk jurusan fashion design selanjutnya adalah tertarik akan fashion business. Being interested in your studies shows that you actually care about it.

Hal ini juga penting karena di balik bakat kreatif industri fashion terletak keterampilan bisnis yang dibutuhkan agar sebuah perusahaan tetap berjalan. Dengan mempelajari fashion design, kamu nggak bisa cuma belajar sisi kreatifnya doang! Perlu banget buat tau dengan apa yang terjadi di balik layar—seperti keuangan, penjualan, dan marketing—terutama kalau kamu berencana buka bisnis sendiri.

 

3. Portofolio Sejak Dini!
Syarat Masuk Jurusan Fashion Design

Source: Unsplash

Punya portofolio menjadi syarat masuk jurusan fashion design yang selanjutnya. Biar perancang busana bisa memamerkan bakat mereka kepada calon klien, mereka perlu membuat portofolio yang menunjukkan keterampilan dan kepekaan kreatif mereka. 

Seringkali, portofolio juga jadi salah satu syarat penerimaan jurusan fashion design. Portfolios doesn’t have to be anything grand. Bisa aja portofolio terdiri dari sketch-sketch kasar atau moodboard yang kamu buat sendiri. Portofolio memungkinkan orang untuk memamerkan berbagai keterampilan, termasuk kemampuan membuat sketsa, menjahit, dan membuat pola.

 

4. Keep Up With the Trends

Source: Unsplash

Industri fashion berubah dari musim ke musim, jadi penting bagi calon fashion designer untuk mengikuti tren. Sebagai mahasiswa fashion design, kamu bisa melakukan ini dengan membaca jurnal penelitian dan majalah mode secara teratur. You highkey have to keep up with the current trends so your designs don’t go out of style! 

 

Why Should You Study Fashion Design

Setelah tau syarat masuk jurusan fashion design, mungkin kamu bertanya emangnya jurusan ini beneran tepat buat kamu, ya? Mungkin kamu masih ragu buat terjun ke jurusan ini.

Worry not! Ada banyak alasan kenapa kamu jurusan fashion design is the perfect fit for you! 

Saat mempelajari fashion design di perguruan tinggi, kamu bakal belajar tentang pasar komersial, pasar niche, luxury dan emerging markets, serta area praktik lintas sektor. 

Kamu juga bisa memilih spesialisasi kecil dalam desain tekstil, perusahaan, atau inovasi berkelanjutan. Hal ini memungkinkan kamu buat menyesuaikan studi di jurusan fashion design sesuai dengan minat dan tujuan karirmu!

Sebagai mahasiswa, kamu akan membuat karya desain yang tidak menyalahi etis tapi tetap menggunakan strategi untuk mendorong tren global dan dapat berkompetisi di pasar. Sementara itu pas udah lulus, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang komprehensif dalam fashion design, mempersiapkanmu dengan berbagai konteks industri yang ada dan baru, atau studi lebih lanjut.

 

Pilihan Karir

Setelah mendapatkan gelar fashion design, kamu bakal memenuhi syarat untuk bekerja sebagai berbagai peran profesional dalam industri terkait mode dan desain.

Beberapa jalur karir yang terbuka buatmu terdapat di bidang praktik komersial, area mode khusus, pasar desain yang sedang berkembang, industri mewah kontemporer, serta sektor lainnya yang masih bersinggungan dengan dunia mode.

Dengan mengantongi gelar fashion design, kamu memperoleh kualifikasi yang dapat mengarah ke banyak banget bidang karir termasuk di bidang mode, aksesoris, kostum, bahan, pembuat konten digital, creative director, stylist, ahli strategi mode, hingga product developer.

Keren, kan, how one degree can open up so many opportunities?

Itu dia tadi pembahasan soal syarat masuk jurusan fashion design sampai alasan kenapa kamu kudu mempelajari bidang ini. Ultimately, fashion is like eating, you shouldn’t stick to the same menu. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan