Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!
Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!
8 November 2021
Kuliah di University College Dublin, Kunjungi Tempat-Tempat Ini
Kuliah di University College Dublin, Sayang Banget Kalau Belum Kunjungi 6 Tempat Ini! 
10 November 2021

Penasaran? Ini Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di 3 Universitas Top Dunia!

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi

Source: Unsplash

Berkomunikasi merupakan hal natural yang kita lakukan sejak lahir, baik secara sadar atau tidak. As humans, communicating is as natural as breathing. Akibatnya, jurusan ilmu komunikasi juga menjadi salah satu program studi terfavorit bagi mahasiswa. Baca terus artikel ini untuk mengenal lebih jauh perihal ilmu komunikasi, mulai dari biaya jurusan kuliah ilmu komunikasi, hingga prospek kariernya!

Kalau komunikasi terjadi secara alami, buat apa kita pelajari? Mungkin ini juga menjadi pertanyaanmu! Tapi kamu tahu nggak sih kalau berkomunikasi secara efektif itu mengandung banyak unsur dan tidak semudah itu untuk dilakukan? Mempelajari ilmu komunikasi dalam perguruan tinggi akan membangun keterampilan menulis, skill berkomunikasi interpersonal, dan berpikir kritis yang kuat.

Sebagian besar perguruan tinggi menawarkan jurusan ilmu komunikasi. Bahkan, kemungkinan kamu memiliki teman atau saudara yang berencana mengambil jurusan atau sedang mempelajari jurusan di bidang tersebut.

Jurusan kuliah ilmu komunikasi akan mengajarkanmu tentang bagaimana menyampaikan informasi secara efektif di berbagai bidang seperti jurnalisme atau media, bisnis, politik, hingga hukum. Selain itu, kuliah jurusan ilmu komunikasi dapat mengkhususkan gelar mereka dengan berkonsentrasi pada jurnalisme, penulisan teknis, komunikasi massa, atau hubungan masyarakat.

Dengan gelar ilmu komunikasi, kamu bisa mendapatkan pekerjaan di media, termasuk online dan print marketing, jurnalisme, serta hubungan masyarakat.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Secara umum, jurusan ilmu komunikasi mempelajari media massa, komunikasi teknik, dan periklanan. Jurusan ini belajar bagaimana menulis siaran pers, artikel panjang, dan dokumen teknis lainnya. Dalam jurusan ilmu komunikasi, mahasiswa akan memperkuat keterampilan menulis dan komunikasi mereka untuk mempersiapkan mereka berkarir di industri yang sedang berkembang.

Sebagai mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, kamu akan belajar cara meneliti dan menganalisis informasi dan cara menyampaikan topik dengan jelas, serta memberikan pesan yang meyakinkan baik secara verbal maupun tertulis. 

Menurut situs Communication Studies, program sarjana komunikasi dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yakni kursus berbasis teori dan kursus berbasis keterampilan. Kelas berbasis teori berurusan dengan berbagai jenis komunikasi (misalnya, komunikasi politik VS virtual), sementara itu kelas berbasis keterampilan menekankan penerapan dan penguasaan keterampilan utama dalam berkomunikasi, termasuk berbicara di depan umum, komunikasi kelompok, dan hubungan masyarakat.

Untuk sebagian besar program studi ilmu komunikasi, kamu akan diwajibkan untuk mengambil kelas-kelas yang berhubungan dengan komunikasi inti. Kelas-kelas ini biasanya diambil selama dua tahun pertama program sarjana untuk memberikanmu landasan dasar dari jurusan tersebut.

FYI, karena ilmu komunikasi adalah bidang yang sangat luas, banyak perguruan tinggi menawarkan konsentrasi khusus untuk jurusan komunikasi. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengkhususkan diri dalam bidang tertentu.

Pilihan Karier

biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi

Source: Unsplash

Nah, sekarang setelah kamu tahu persis apa yang dimaksud dengan kuliah jurusan ilmu komunikasi, apa yang dapat kamu lakukan dengan gelarnya setelah lulus kuliah dan memasuki dunia kerja? Apa saja sih pekerjaan komunikasi yang populer?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ilmu komunikasi adalah bidang yang cukup luas, artinya ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan jurusanmu. Tergantung pada apa konsentrasi jurusanmu, jenis pekerjaan atau karier yang terbuka bagimu juga berbeda-beda!

Gelar dari jurusan ilmu komunikasi mempersiapkan kamu untuk berkarier di media massa, hubungan masyarakat, dan bidang pemasaran. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bidang yang mengandalkan keterampilan komunikasi yang kuat termasuk periklanan, politik, teknologi, dan perawatan kesehatan.

Terlebih lagi, sejumlah jenis karier utama lulusan jurusan komunikasi mencakup beberapa pekerjaan seperti penyiar, sutradara kreatif, graphic designer, spesialis SDM, jurnalis, direktur komunikasi, peneliti pasar, politikus, manajer hubungan media, manajer media sosial, spesialis PR, hingga penerjemah.

Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Setelah mengetahui prospek karier, kamu pasti sudah tertarik, kan, buat terjun ke program studi ini! Untuk itu, SUN Education telah mengkompilasi biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi dari 4 universitas top dunia menurut QS World University Rankings by Subject!

1. University of Amsterdam
biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi

Source: Facebook

University of Amsterdam (UvA) menduduki peringkat pertama di daftar ini. Berada di peringkat 20 universitas terbaik di Eropa dan 65 teratas di seluruh dunia, UvA memegang teguh nilai untuk rasa ingin tahu yang tak terbatas, pembelajaran, penelitian, dan inovasi untuk dunia yang lebih baik.

Dalam program ini, kamu akan mempelajari isi, penggunaan dan efek komunikasi dan berbagai bentuk media, dari radio dan televisi hingga surat kabar dan internet. Beberapa pertanyaan yang dibahas dalam program ini adalah: Bagaimana hiburan mempengaruhi kehidupan anak muda? Apa peran media dan komunikasi dalam partisipasi politik dan kewarganegaraan? Apa dampak dari komunikasi dan iklan yang sehat?

Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di UvA bagi mahasiswa internasional adalah sebesar €9,916.

2. University of Southern California

Source: Facebook

Sementara itu, mahasiswa ilmu komunikasi di University of Southern California (USC) akan mempelajari cara menjelaskan dan mengkritik perspektif, masalah, dan teori komunikasi. Kamu juga akan menganalisis beragam pesan dan sistem produksi pesan, serta menerapkan prinsip dan teori komunikasi untuk mengatasi masalah dunia nyata yang kompleks yang berdampak pada komunitas yang beragam.

Nah, biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi yang di USC kira-kira sebesar $60.446 per tahunnya.

3. The London School of Economics and Political Science (LSE)

Source: Wikipedia

The London School of Economics and Political Science (LSE) memiliki program studi Media & Communications yang terkenal di Inggris dan dunia! Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di universitas ini bagi mahasiswa baru dari luar negeri adalah £22.430 untuk setiap tahun studi.

Studi sarjana di LSE dirancang untuk mahasiswa yang ingin terlibat secara kritis dan mau menerapkan pembelajaran mereka ke dunia nyata. Di LSE, kamu akan mendapatkan penelitian ilmu sosial yang bergerak dengan perkembangan zaman, seringkali melalui pengajaran dari para akademisi dan praktisi lapangan.

Kini informasimu sudah lengkap deh! Mulai dari penjelasan soal jurusan, prospek kerja, sampai biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi sudah ada di atas. Gimana? Sudah mantap menentukan akan lanjut kuliah ilmu komunikasi di luar negeri?

Dengan semua informasi ini, kamu mungkin masih bertanya-tanya: apakah gelar komunikasi tepat untukmu? Nah, ada tiga pertanyaan, nih, yang bisa kamu tanyakan ke  diri sendiri untuk membantumu memutuskan apakah akan mengambil jurusan ini atau nggak.

Pertama, apakah kamu memiliki gairah untuk berkomunikasi dengan orang lain? Kedua, apakah kamu memiliki ketertarikan pada bidang atau konsentrasi komunikasi tertentu? Atau mungkin kamu ingin gelar lanjutan di ilmu komunikasi? Kalau jawabannya “iya”, that means this is the degree for you!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan