Keuntungan Memiliki Gelar Sarjana Manajemen Bisnis
Keuntungan Memiliki Gelar Sarjana Manajemen Bisnis
20 April 2022
Past Perfect Tense: Pengertian dan Contoh Penggunaan
20 April 2022

Penasaran Seberapa Kuat Paspor Australia dan Negara Berikut?

paspor australia

Calon mahasiswa luar negeri pasti tau dong seberapa pentingnya paspor? Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pihak berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya. Nah, paspor dari negara-negara besar seperti paspor Australia tuh punya kesaktian sendiri lho! Penasaran? Baca terus!

As you know, kamu wajib banget punya paspor kalo mau melakukan perjalanan antarnegara. Jadi sebagai calon mahasiswa internasional, kamu harus pegang paspor sebagai dokumen identitas saat mau studi di luar negeri.

Dokumen ini nggak cuma penting untuk digunakan saat berpergian di luar negeri saja, tapi juga sebagai dokumen nyata yang menandakan kamu warga negara legal. Seperti yang udah dibahas di atas, hari ini kita bakal cari tau nih, seberapa sakti sih sebenernya paspor Australia dan beberapa negara lainnya?

Not to be mistaken, kesaktian atau kekuatan paspor yang dimaksud berhubungan dengan berapa banyak destinasi visa-free yang bisa kamu kunjungi dengan sebuah paspor ya!

Sebelum kita lanjut, penting untuk kamu ketahui bahwa paspor Australia pastinya dibutuhkan bagi mereka yang memegang kewarganegaraan Australia aja ya! Sebagai calon mahasiswa internasional, yang kamu butuhkan untuk belajar di Australia adalah visa pelajar. Jangan sampe ketuker ya guys!

Menurut Henley Passport Index, ada kesenjangan semakin lebar antara global north dan global south dalam hal kekuatan paspor.

 

BACA JUGA: Berencana Ke Luar Negeri? Simak Cara Membuat Paspor Berikut!

 

Peringkat Paspor Australia

paspor australia

 

Indeks menampilkan bahwa peningkatan hambatan perjalanan yang telah diberlakukan akibat pandemi Covid-19 telah mengakibatkan kesenjangan mobilitas global yang besar.

Paspor Australia sekarang menempati posisi ketujuh alias lucky number seven! Orang yang memegang paspor Australia dapat mengunjungi 185 destinasi dari 227 tujuan tanpa harus menggunakan visa. Ini adalah peningkatan kecil dari indeks tahun lalu di mana paspor Australia duduk di urutan kedelapan.

Bahkan tahun-tahun sebelumnya, paspor yang sama menempati peringkat kesembilan pada 2019 dan 2020.

 

Peringkat Negara Eropa

paspor australia

 

Udah tau kan seberapa kuatnya paspor Australia, sekarang gimana peringkat paspor dari negara-negara lainnya? Korea Selatan dan Jerman menempati peringkat kedua, artinya pemegang paspor dari kedua negara ini bisa berkunjung ke 190 destinasi tanpa memerlukan visa. Sementara itu Finlandia Italia, Luksemburg, dan Spanyol semuanya sama-sama duduk di peringkat ketiga dengan 189 destinasi.

Negara-negara Uni Eropa mendominasi daftar teratas as usual dengan Perancis, Belanda, dan Swedia naik satu peringkat untuk bergabung dengan Austria dan Denmark di posisi keempat. Di sisi lain, Irlandia dan Portugal berbagi posisi kelima dengan destinasi masing-masing 187.

Amerika Serikat dan Inggris, yang sempat pegang posisi teratas pada 2014, naik satu peringkat ke nomor enam bersama empat negara lainnya yaitu Swiss, Norwegia, Belgia, dan Selandia Baru.

 

BACA JUGA: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Paspor Amerika Serikat

 

Jepang dan Singapura Pegang Predikat Terkuat

 

Untuk tahun ketiga berturut-turut, Singapura dan Jepang memiliki paspor paling kuat di dunia. Menurut data dari International Air Transport Association, warga dari kedua negara tersebut bisa melakukan perjalanan ke 192 tujuan tanpa visa.

Sementara itu di bagian bawah daftar—tujuh tempat di bawah Korea Utara—adalah Afghanistan, di mana warga negara dapat memperoleh akses bebas visa hanya ke 26 negara dan wilayah tujuan.

 

Dampak Covid-19

 

Yakin deh pasti kamu juga merasakan dampak Covid-19 di proses belajar-mengajar, di mana sekarang kelas kebanyakan berjalan secara online demi menghindari penularan virus.

Nah hal yang sama juga terjadi dalam travel! Covid-19 memaksa negara-negara untuk menutup perbatasan dan melakukan lockdown. Apalagi setelah ada varian baru yang mengakibatkan lebih banyak lagi pembatasan perjalanan.

Good news though! Kini situasi pandemi udah berangsur membaik, hal ini ditandai dengan banyaknya negara yang udah perlahan membuka perbatasan mereka. Artinya sebagai mahasiswa internasional, kamu memiliki kesempatan buat kuliah tatap muka dan merasakan pengalaman tinggal di negara tujuan studi!

Itu dia fakta mengenai seberapa kuatnya paspor Australia dan beberapa negara lainnya. Lumayan banget ya sebagai warga negara Australia yang memegang paspor, mereka bisa masuk ke ratusan destinasi tanpa perlu pake visa!

Penasaran soal informasi unik mengenai hidup dan belajar di Australia? Ada cara super gampang untuk tau selengkapnya! Kamu cuma perlu akses SUN E-Guide Book. E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun secara GRATIS.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan