creative writing
Creative Writing/Penulisan Kreatif
28 Februari 2020
5 Sekolah Film dengan Biaya Kuliah Terbaik di Inggris
1 Maret 2020

Pengalaman Kuliah di Jepang

pengalaman kuliah di jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara maju di Asia selain Singapura, China dan Korea Selatan. Selain itu, kualitas pendidikan dan penelitiannya juga sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah sejak lama diakui oleh dunia internasional. Pelajar Indonesia yang sudah memiliki pengalaman kuliah di Jepang sangat menyukai negara ini sebagai destinasi studi mereka. 

Alasan kuliah di Jepang

kuliah di jepang

Di antara banyak alasan pelajar Indonesia yang berpengalaman kuliah di Jepang, alasan-alasan berikut adalah yang paling sering melatarbelakangi mereka. 

1. Pendidikan berbasis penelitian yang ditunjang dengan fasilitas terbaik

Jepang adalah salah satu negara yang terdepan dalam hal sains dan teknologi. Dalam pendidikan, kedua hal tersebut disatukan menjadi pendidikan yang berfokus pada praktek dan penelitian. Hal tersebut membuat pelajar di Jepang lebih memiliki pengalaman dalam bidang yang mereka jalani, bukan hanya sekedar paham teori. Kualitas inilah yang membuat 5 universitas Jepang yang masuk TOP 100 universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings 2020. 

2. Kesempatan belajar budaya Jepang

Selain dalam bidang teknologi dan keilmuan, Jepang juga identik dengan negara dengan sejarah dan kebudayaan yang panjang. Budaya bagi bangsa Jepang bukan hanya hal-hal seperti seni, namun juga nilai-nilai yang dianut. Kebudayaan tersebutlah yang telah menjadikan Jepang sebagai bangsa yang terkenal dengan karakter yang berintegritas dan berdedikasi. Kebudayaan Jepang juga menjadi salah satu daya tarik bagi pelajar Indonesia. 

3. Kualitas hidup yang tinggi

Jepang termasuk salah satu negara paling aman di dunia, di mana masyarakatnya cenderung hidup teratur dan disiplin. Jika kamu kuliah di Jepang, dirimu akan mulai membiasakan diri dengan keteraturan dan ketertiban sejak dalam pikiran. Memiliki pengalaman kuliah di Jepang akan membuatmu merasa kualitas hidup yang tinggi sebagai individu. 

4. Dukungan finansial 

Jepang menyediakan berbagai macam beasiswa untuk berbagai jenis program, mulai dari pertukaran pelajar, studi budaya, penelitian dan lain-lain. Dukungan ini seringkali diberikan dalam bentuk beasiswa penuh bagi pelajar internasional mulai dari biaya keberangkatan, biaya studi dan akomodasi hingga uang saku. 

Fakta Mengenai Pengalaman Kuliah di Jepang

kuliah di jepang

1. 5 universitas di Jepang termasuk dalam TOP 100 universitas terbaik di dunia

Berdasarkan QS World University Rankings 2020, ada 5 universitas di Jepang yang masuk dalam 100 besar universitas terbaik dunia. Berikut adalah kelima universitas tersebut adalah The University of Tokyo (22), Kyoto University (33), Tokyo Institute of Technology/Tokyo Tech (58), Osaka University (71), dan Tohoku University (82). 

2. Ada banyak pelajar internasional

Jumlah pelajar internasional di Jepang cukup banyak, jumlahnya bisa mencapai sekitar 15% dari total pelajar. Pelajar internasional ini tersebar dalam banyak program, baik program gelar S1, S2 atau S3 maupun yang mengikuti program budaya. Selain itu, universitas di Jepang juga banyak melakukan kerjasama internasional untuk program exchange. 

3. Sistem pembelajaran S1, S2, dan S3

Bagi yang sudah berpengalaman kuliah di Jepang pasti akan sangat merasakan perbedaan cara belajar dan kurikulum yang digunakan. Meskipun sama-sama berdurasi selama 4 tahun, fokus pembelajaran S1 di Jepang akan berbeda dengan rata-rata S1 di Indonesia. Pada semester 1-6 program S1 di Jepang akan berfokus di kelas, workshop, ataupun pada studio tentang bidang pengetahuan masing-masing. Sementara pada semester 7 dan 8, ada aktivitas baru selain mempelajari teori yaitu terlibat riset atau fokus pada pendaftaran dan penerimaan karyawan. 

Sementara untuk tingkat S2 dan S3, pendidikan akan lebih berfokus kepada penelitian dan pengerjaan proyek. Kedua hal ini akan didukung oleh fasilitas lengkap dengan peralatan penelitian dan pengerjaan yang canggih. Menariknya, saat pelajar S2 dan S3 melakukan penelitian, pelajar S1 juga dapat terlibat untuk membantu. 

4. Program Pertukaran Budaya

Jepang tidak hanya maju dalam bidang pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga budaya mereka. Setiap tahunnya ada banyak pelajar Indonesia yang berangkat ke Jepang untuk mengikuti program pertukaran bahasa dan budaya. Pemerintah menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa dari negara lain termasuk Indonesia yang mengikuti program tersebut. Dalam program seperti ini, biasanya mahasiswa asing akan tinggal di Jepang selama satu tahun untuk mempelajari bahasa dan budaya Jepang. 

5. Kegiatan Mahasiswa di Jepang

Dibandingkan dengan sebagian besar mahasiswa Indonesia yang umumnya kuliah hanya untuk fokus pada pendidikan, mahasiswa di Jepang sangat berbeda. Selain pembelajaran di kelas, workshop atau praktik di laboratorium, mereka juga aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sebagian yang tidak mengambil kegiatan tambahan di klub, akan memilih untuk melakukan kerja paruh waktu. Selain itu, mahasiswa di Jepang juga rata-rata membawa bekal makan siang sendiri dari rumah sehingga jarang sekali terlihat mahasiswa yang “nongkrong” seperti di Indonesia.

Hal menarik lainnya adalah adanya acara tahunan yang disebut “gakuseikai” di mana para mahasiswa dari semua jurusan akan ikut berpartisipasi. Acara ini berupa festival di mana terdapat bazar dan juga penampilan-penampilan. Bagi mahasiswa Indonesia, gakuseikai merupakan salah satu pengalaman kuliah di Jepang yang menarik dan tidak terlupakan. 

6. Fasilitas Universitas di Jepang

Dalam hal fasilitas, universitas di Jepang emang bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik. Selain fasilitas penunjang pembelajaran seperti peralatan-peralatan di laboratorium, universitas juga menyediakan banyak lahan untuk aktivitas mahasiswa. Misalnya, ruang belajar umum yang dapat digunakan sembari menunggu kelas, mini bookstore, kantin dengan pilihan menu, bahkan kursus bahasa inggris gratis. 

7. Kerja Keras Dalam Belajar

Berdasarkan pengalaman kuliah di Jepang oleh mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar, salah satu fakta menarik lainnya adalah mengenai kerja keras dalam belajar. Seperti diketahui bangsa Jepang memang dikenal sebagai bangsa yang memiliki dedikasi tinggi terhadap apa yang sedang dikerjakan, termasuk belajar. Budaya ini ternyata juga menulari mahasiswa asing terutama bangsa serumpunnya yaitu Korea dan China. Dengan situasi ini, pelajar indonesia yang mengikuti pertukaran pelajar untuk belajar bahasa dan budaya Jepang umumnya jadi semakin terpacu semangat belajarnya. 

8. Persyaratan Masuk

Untuk dapat diterima di negara-negara berbahasa Inggris, pelajar Indonesia akan membutuhkan sertifikasi IELTS atau TOEFL. Hal tersebut juga berlaku di negara Jepang, terutama jika mengambil program khusus untuk pelajar internasional. Meski demikian, terkadang mahasiswa juga diminta untuk memiliki sertifikasi kemampuan bahasa Jepang yang didapat melalui ujian Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Ujian ini diselenggarakan dua kali setahun di Indonesia yaitu pada bulan Juli dan Desember. 

Tertarik Untuk Merasakan Pengalaman Kuliah di Jepang?

Jika saat ini kamu berada di bangku SMA tingkat akhir, kamu bisa mulai mencari tahu mengenai persyaratan masuk dan jurusan-jurusan di universitas di Jepang. Pastikan universitas yang kamu tuju memiliki program khusus untuk mahasiswa internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris ya! 

Tinggalkan Balasan