Scape: Akomodasi Paling Tepat Saat Studi di Australia
3 Januari 2022
Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!
Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!
7 Januari 2022

Seru Banget! Ini Dia Pengalaman Kuliah Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis

pengalaman kuliah jurusan manajemen

Source: Unsplash

Mempelajari bidang manajemen bisnis memberikan lulusan pengetahuan yang luas soal bisnis, keuangan, ekonomi dan pemasaran, serta berbagai keterampilan praktis dan pengalaman kerja. Kamu penasaran dan mau tau soal pengalaman kuliah jurusan manajemen bisnis? Keep reading!

Dengan bekal yang didapat dari belajar manajemen bisnis, lulusan dengan gelar ini sangat dicari oleh pemberi kerja. Lulusan di bidang manajemen bisa bekerja di berbagai sektor termasuk sektor negeri, swasta, bahkan pekerjaan sukarela.

Apa itu Manajemen Bisnis?

Sebelum tau lebih dalam soal pengalaman kuliah jurusan manajemen bisnis, kenalan dulu yuk sama jurusan ini!

Menurut US News, manajemen bisnis berfokus pada seni dan ilmu menjalankan organisasi yang kompleks dan mengawasi orang lain. Seorang manajer bisnis yang baik harus serba bisa berbagai keterampilan, termasuk kreativitas yang diperlukan untuk memimpikan ide bisnis yang luar biasa dan intuisi yang diperlukan untuk mencegah potensi bencana bagi perusahaan mereka. Mereka harus menjadi pemikir dan komunikator yang tepat, dan mereka harus mampu menyusun rencana yang jelas untuk bawahan mereka.

 

Pengalaman Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

pengalaman kuliah jurusan manajemen

Source: Unsplash

Jurusan manajemen mempelajari bagaimana bisnis berfungsi. Kamu akan mempelajari prinsip-prinsip bisnis sambil memperkuat keterampilan kepemimpinan mereka, dan mereka memiliki kurikulum yang fleksibel yang memungkinkanmu mengejar berbagai karir.

Lebih lanjut, pengalaman kuliah jurusan manajemen bisnis akan mencakup kelas dasar seperti keuangan, akuntansi dan marketing. Selain itu, kamu juga bakal mempelajari topik yang lebih khusus.

Sebagai mahasiswa manajemen bisnis, kamu akan didorong untuk menemukan cara memecahkan masalah menggunakan data, sembari mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajerial. Kamu juga akan tau dan mengerti aspek etis yang menjadi salah satu faktor sebelum membuat keputusan bisnis.

Pengalaman kuliah jurusan manajemen bisnis lainnya merupakan jenis mata kuliah yang akan dipelajari. Sebagai mahasiswa baru, kamu akan diperkenalkan kepada manajemen bisnis melalui kelas-kelas pengantar. Mata kuliah meliputi ekonomi, statistik, akuntansi, marketing, manajemen dan organisasi, komunikasi bisnis, hingga kewirausahaan.

Setelah itu, kamu akan lebih fokus pada mata kuliah yang sesuai dengan minat mereka atau dapat memilih konsentrasi tertentu.

Ke depannya, kamu bisa mengambil kelas lanjutan yang mencakup variasi konsentrasi seperti manajemen operasi, teori dan praktik manajemen, perilaku organisasi, entertainment entrepreneurship, hingga investasi dalam usaha baru. Beberapa program memungkinkan jurusan administrasi bisnis untuk mengejar gelar ganda di berbagai bidang seperti hubungan internasional, ilmu komputer, neuroscience  atau filsafat.

Gimana Tau Kalau Jurusan Ini Pas Buatmu?

Kalau kamu berencana untuk mengambil manajemen bisnis, kamu setidaknya harus punya ketertarikan pada angka. Hal ini karena banyak mata kuliah yang berhubungan dengan matematika seperti ekonomi makro, ekonomi mikro, kalkulus dan akuntansi. 

Nggak hanya itu, jurusan ini juga butuh mahasiswa yang punya kepemimpinan, pemikiran kritis, dan keterampilan pemecahan masalah. Jurusan manajemen bisnis mungkin berfokus pada skenario dunia nyata atau mengharuskan siswa membuat rencana bisnis untuk produk baru.

You wanna be challenged? Well, di jurusan ini akan tersedia banyak mata kuliah yang mendorong mahasiswanya untuk mengembangkan pemahaman soal prinsip-prinsip bisnis dan manajerial.

 

Apa Gunanya Gelar dari Jurusan Ini?

Source: Unsplash

Dengan gelar dari jurusan manajemen bisnis kamu bisa memiliki opsi karir yang terbentang luas di berbagai bidang. Mulai dari karir di bidang akuntansi, keuangan, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, hubungan masyarakat, hingga teknologi. 

Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai analis keuangan, spesialis urusan regulasi, sales manager, sampai analis riset pasar.

Not only that, kamu juga bisa banget mengejar gelar yang lebih tinggi dalam manajemen bisnis. Selain itu, kamu dapat memperoleh kualifikasi seperti certified manager, certified business administration, atau project management professional credential.

Setelah sudah dijelasin lebih lengkap soal prospek karir hingga pengalaman kuliah jurusan manajemen bisnis, it’s your turn to really think if this is the right path for you! We paved the road, you just gotta decide if you wanna walk on it or not. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan