Aktivitas Asik Sambil Kuliah di Lancaster University
Aktivitas Asik Sambil Kuliah di Lancaster University
1 April 2022
Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!
Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!
4 April 2022

Pengalaman Kuliah Online di Masa Pandemi: Apa Sih Keuntungannya?

pengalaman kuliah online di masa pandemi

Salah satu istilah yang paling sering digunakan akibat pandemi adalah “new normal”. Fenomena ini juga terlihat jelas di dunia pendidikan di mana adanya peningkatan tajam dari pembelajaran online. Pelajar dari tingkat dasar sampai mahasiswa pun pasti mengalami ini! Nah, tapi sebenernya apa aja sih keuntungan dari pengalaman kuliah online di masa pandemi? Baca terus ya!

Pandemi Covid-19 memicu cara belajar yang baru. Di seluruh dunia, institusi pendidikan mencari platform terbaik untuk menyelenggarakan pembelajaran online agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan.

Ini juga pasti jadi salah satu pertimbangan bagi kamu yang mau kuliah di luar negeri. Meskipun udah ada beberapa negara dan daerah yang membuka perbatasan mereka untuk turis luar negeri, menurut situs berita CNBC, masih banyak negara yang belum membuka border buat mahasiswa asing demi mencegah potensi penularan virus dari luar negeri.

But we’re here to tell you that online learning doesn’t suck! Kamu masih bisa menikmati kuliah di universitas internasional dan melakukan kegiatan belajar via online lho!

Seperti kebanyakan metode pengajaran, pembelajaran online juga memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri. Untuk tau lebih banyak mengenai keuntungan dari pengalaman kuliah online di masa pandemi, scroll terus ya!

 

1. Efisiensi

pengalaman kuliah online di masa pandemi

 

Keuntungan dari pengalaman kuliah online di masa pandemi yang pertama adalah efisiensi. Pembelajaran online menawarkan para tenaga pengajar cara yang efisien untuk menyampaikan pelajaran kepada mahasiswa. 

Kuliah online bisa berjalan atas bantuan beberapa perangkat teknologi semacam video meeting dan masih banyak lainnya. Dengan memperluas rencana pelajaran di luar teks buku dan memasukkan sumber daya online, dosen kamu bisa menjadi pendidik yang lebih efisien.

 

2. Waktu dan Tempat Fleksibel

pengalaman kuliah online di masa pandemi

 

Keuntungan lain dari kuliah online adalah kamu sebagai mahasiswa bisa menghadiri kelas dari tempat manapun yang kamu mau! Hal ini juga memungkinkan sekolah untuk menjangkau jaringan mahasiswa yang lebih luas dan nggak terkendala oleh batasan jarak.

Nggak cuma itu, kuliah online juga bisa direkam dan di-share jika dibutuhkan di masa mendatang. Ini membuat kamu jauh lebih mudah mengakses materi kuliah pada waktu yang nyaman bagi kamu.

Untuk itu, fleksibilitas akses dari waktu dan tempat jadi keuntungan dari pengalaman kuliah online di masa pandemi.

 

3. Hemat Biaya

pengalaman kuliah online di masa pandemi

 

Lanjut! Keuntungan berikutnya dari kuliah online adalah mengurangi biaya. Kuliah online jauh lebih affordable dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka di kelas.

Kenapa? Ini karena dengan kuliah secara online, otomatis kamu menghilangkan biaya transportasi dan jajan di luar rumah. Selain itu, semua bahan atau materi belajar juga tersedia secara online sehingga menciptakan lingkungan belajar tanpa kertas yang lebih murah sekaligus bermanfaat buat lingkungan.

 

4. Meningkatkan Absensi

 

Karena kelas online bisa kamu jangkau dari rumah atau tempat mana pun, kemungkinan kamu melewatkan kelas jadi jauh lebih kecil!

Ini penting banget karena di kuliah nanti, akan ada batas absensi bagi mahasiswa. Jadi kalo kamu melewati batas itu, kemungkinan besar kamu bisa fail dan diminta enroll ulang. Nah dengan belajar online, masalah ini nggak lagi harus kamu hadapi!

You can literally learn from anywhere. Mau lagi di rumah, di kafe, lagi liburan, yang penting kamu bawa laptop atau smartphone sekalipun, kamu bisa belajar! Maka itu keuntungan lainnya dari pengalaman kuliah online di masa pandemi adalah absen kamu jadi aman!

 

5. Adaptasi dengan Gaya Belajar

 

Setiap mahasiswa pasti punya gaya belajar yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya lebih mudah menyerap materi dengan pembelajaran visual, sementara beberapa siswa lebih suka belajar melalui audio. Kamu juga pasti gitu kan?

Sama halnya, ada beberapa mahasiswa yang suka belajar secara individual dan ada juga yang lebih prefer belajar secara berkelompok.

Sistem kuliah online, dengan berbagai pilihan dan sumber dayanya dapat kamu personalisasi dalam banyak cara. Dengan begitu, kuliah online bisa jadi cara terbaik untuk menciptakan lingkungan belajar yang ideal buat kamu!

That’s all! Itu dia beberapa keuntungan dari pengalaman kuliah online di masa pandemi yang bisa jadi bahan pertimbanganmu. Jadi jangan ragu ya buat kuliah online di luar negeri! Dijamin pengalaman belajar kamu tetep maksimal dan ilmu yang kamu bakal dapetin akan tetep berkualitas!

Gimana? Masih penasaran soal kuliah di luar negeri? Kamu hanya perlu akses SUN E-Guide Book untuk dapatkan informasi terlengkap mengenai studi di luar negeri. Buruan, akses E-Guide Book secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu untuk melakukan KONSULTASI GRATIS.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan