university of adelaide
Ingin Kuliah di The University of Adelaide? Baca Informasinya di Sini!
1 Oktober 2020
universitas jurusan arsitektur terbaik di dunia
10 Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik di Dunia
16 Oktober 2020

Manfaat Punya Pengalaman Kuliah S3 di Luar Negeri

pengalaman kuliah s3 di luar negeri

Sumber: Freepik

Memiliki pengalaman kuliah S3 di luar negeri bisa menjadi hal yang tidak terlupakan seumur hidup. Dalam misi mendapatkan pendidikan yang terbaik, maka sebenarnya berkuliah di luar negeri sangat disarankan. Disana kamu akan menemukan budaya dan bahasa yang berbeda dengan apa yang kamu temui sehari-hari.

Apalagi, sekarang sudah banyak beasiswa dari berbagai pihak (baik lembaga resmi atau swasta) yang bisa kamu jadikan opsi untuk membiayai kuliahmu di luar negeri. Dengan kemudahan yang ada, maka sebenarnya berkuliah S3 di luar negeri bukan hanya impian semata.

Ada banyak sekali negara yang dijadikan tujuan untuk mengemban pendidikan S3 ini mulai dari negara sesama Asia seperti Singapura, Malaysia, ataupun negara di luar Asia seperti Amerika, Belkamu, dan lain sebagainya. Tentunya dalam menentukan negara tujuan ini bukan hanya sekedar untuk gaya, tetapi benar-benar untuk menempuh pendidikan.

Manfaat Memiliki Pengalaman Kuliah S3 di Luar Negeri

kuliah s3 di luar negeri

Sumber: Freepik

Benarkah bahwa kamu akan memiliki manfaat yang lebih banyak apabila berkuliah di luar negeri? Jawabannya adalah iya. Tetapi hal tersebut tergantung bagaimana kamu melihat hal tersebut dan bagaimana caramu memanfaatkan situasi untuk mendapatkan manfaat tersebut. Manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kualitas pendidikan yang lebih bagus

Apabila kamu mengambil S3 di luar negeri, kamu akan mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Mengapa demikian? karena kampus di luar negeri mempunyai stkamur internasional sehingga pendidikan yang kamu dapatkan akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang mengambil S3 di kampus lokal.

Apalagi, sebenarnya program S3 di Indonesia sendiri masih dalam tahap peningkatan kualitas. Rata-rata orang akan menempuh pendidikan S3 di luar negeri karena jauh lebih mumpuni dari segi keilmuan dan juga kualitas pelayanan pendidikannya.

2. Dinilai sebagai lulusan yang berkualitas nantinya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lulusan dari luar negeri akan dilihat sebagai lulusan yang lebih berkualitas. Hal ini dikarenakan memang usaha yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di sana dapat dikatakan tidak mudah. Kamu harus menyesuaikan bahasa yang digunakan, budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah dilihat sebagai lulusan yang berkualitas, maka akan mudah bagimu meningkatkan karirmu nantinya. Tentunya kamu menempuh pendidikan S3 karena ingin mendapatkan hasil akhir bekerja di tempat atau posisi yang lebih baik, bukan?

3. Terbiasa dengan perubahan dan memiliki sikap yang fleksibel

Ketika kamu belajar di luar negeri, maka kamu akan menemukan fakta bahwa ada banyak sekali hal yang berbeda dengan negaramu sendiri. Hal ini akan membentuk dirimu sebagai orang yang fleksibel dan terbiasa dengan perubahan. Kedua sifat ini sangat dibutuhkan ketika kamu memasuki dunia kerja nantinya.

4. Gampang bergaul

Di negara orang dimana kita tidak mengenal siapapun menjadikan kita harus berinteraksi dan berkenalan dengan orang sekitar. Tentunya orang tersebut memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda, tetapi kamu dituntut agar bisa. Dengan begitu, kamu sudah terbentuk menjadi orang yang mudah bergaul. Sifat mudah bergaul tersebut akan meluaskan jaringanmu dan ini sangat penting.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berkuliah di Luar Negeri

pengalaman kuliah s3 di luar negeri

Sumber: Freepik

Dengan banyaknya manfaat dan bayangan bahwa kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, tentu kamu tidak ragu lagi untuk berkuliah di luar negeri. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika ingin kuliah S3 di luar negeri, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan dengan baik topik riset yang ingin dikaji

Ketika kamu menempuh S3 maka kamu akan menghabiskan kurang lebih 3 hingga 5 tahun lamanya. Waktu tersebut bukanlah waktu yang singkat. Maka dari itu, kamu harus menentukan topik riset kamu dengan baik. Jangan lupa untuk memilih topik yang sesuai dengan minat kamu sehingga kamu akan menikmati proses tersebut.

kamu bisa memulainya dengan menyiapkan proposal yang isinya adalah topik riset tersebut. Proposal singkat ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan beasiswa, kampus, ataupun untuk mendapatkan dosen sebagai pembimbing kamu.

2. Jika kamu ingin menggunakan beasiswa, pelajari syaratnya dengan seksama

Mungkin kamu bisa saja menggunakan biaya sendiri untuk menempuh S3. Tetapi, banyak juga orang yang ingin mendapatkan beasiswa karena memang program ini sangat mahal. Untungnya, ada banyak sekali beasiswa yang tersedia untuk kamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari dengan sungguh-sungguh terkait persyaratan dan apa saja yang diminta oleh beasiswa. Setiap beasiswa pada dasarnya memiliki plus dan minus tersendiri. kamu bisa menentukannya dengan bijak jika kamu mau mempelajarinya sungguh-sungguh.

3. Mencari calon pembimbing yang sesuai

Calon pembimbing akan sangat berpengaruh bagi kamu untuk menyelesaikan riset kamu. Salah memilih calon pembimbing akan mempertaruhkan kuliah kamu pula. kamu bisa menemukan calon pembimbing yang tepat dengan melihat latar belakang kepenulisan mereka dan menyesuaikan apakah ini tepat untuk topik yang ingin kamu riset.

Sama seperti ketika kamu mencari dosen pembimbing di s1 ataupun s2, kamu sebaiknya mencari dosen pembimbing yang memiliki anak bimbingan yang banyak. Hal ini menemukan bahwa beliau sudah memiliki jam terbang yang tinggi dan terlihat lebih mudah untuk diajak berkonsultasi.

4. Mempelajari dengan baik negara dan universitas yang akan kamu pilih

Dimana universitas itu berada dan bagaimana universitas tersebut sangat penting untuk kamu pelajari. Seperti yang kamu ketahui bahwa setiap negara memiliki adat istiadat dan tempat yang berbeda pula. Yang tidak kalah pentingnya pula, kamu harus menyelami dengan benar tentang kampus yang akan kamu gunakan sebagai tempat belajar.

Pelajarilah dengan benar tentang persyaratan, syarat-syaratnya, dan lain sebagainya sebelum kamu menempuh S3 disana. Jangan sampai kamu miskin informasi tentang hal-hal yang krusial seperti ini karena ini akan sangat menyulitkan kamu.

5. Pastikan tentang bagaimana nantinya kamu dapat tinggal

Yang tidak kalah pentingnya dari keempat hal di atas adalah tentang bagaimana kamu bisa hidup dengan nyaman dan aman saat menuntut ilmu di negara orang. kamu harus menghitung tentang pengeluaran dan kebutuhan kamu sehari-hari disana. kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki cukup biaya untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Jika kamu mengabaikan hal ini, ditakutkan proses riset dan belajar kamu akan terganggu. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi. kamu harus mempersiapkannya dengan matang-matang sehingga ketika kamu jadi berangkat S3 di negara tersebut, kamu tidak dalam keadaan bertangan kosong.

Memiliki pengalaman kuliah S3 di luar negeri akan menjadikan kamu lebih menguasai bidang ilmu yang kamu tekuni sehingga baik untuk karir kamu ke depannya. Konsultasikan rencanamu untuk melanjutkan studi S3 ke berbagai institusi terbaik luar negeri dengan SUN Education. Segera kunjungi cabang SUN Education terdekat di kotamu ya!

Comments are closed.