visa pelajar Amerika
Persyaratan Umum Visa Pelajar Amerika yang Perlu Diperhatikan
17 Maret 2020
persyaratan kuliah di singapura
Persyaratan Kuliah di Singapura yang Perlu Kamu Persiapkan
19 Maret 2020

Persyaratan Visa Amerika untuk Pelajar Indonesia

persyaratan visa amerika

Sumber: Freepik

Visa merupakan salah satu dokumen penting yang harus kamu persiapkan sebelum keberangkatan ke Amerika Serikat untuk keperluan studi. Dokumen ini akan bukti legalitas kedatangan kamu ke Amerika untuk tujuan melanjutkan studi dalam jangka waktu tertentu. Sebelum mengajukan permohonan visa pelajar, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu persyaratan visa Amerika. 

Jenis Visa yang Kamu Butuhkan

syarat visa amerika

Sumber: Freepik

Secara umum, visa di Amerika dibagi menjadi visa imigran dan visa non-imigran. Visa imigran adalah visa yang diperuntukkan bagi warga negara asing yang ingin menetap di Amerika Serikat secara permanen. Sementara visa non-imigran digunakan oleh warga negara asing yang datang ke Amerika Serikat untuk keperluan tertentu dan dalam jangka waktu yang singkat. Sebagai warga negara asing yang datang ke Amerika untuk keperluan studi dan dalam jangka waktu tertentu, pelajar Indonesia akan membutuhkan jenis non-imigran tepatnya visa pelajar. 

Visa Pelajar, seperti namanya digunakan bagi pelajar internasional yang ingin tinggal di Amerika dalam rangka belajar atau kuliah. Kamu baru dapat mengajukan visa ini jika kamu sudah menerima bukti penerimaan oleh institusi pendidikan di Amerika Serikat. Nantinya institusi pendidikan yang menerimamu akan memberikan dokumen yang diperlukan untuk diserahkan saat pengajuan permohonan visa. 

Jenis Visa Pelajar Amerika Serikat

Jenis visa pelajar Amerika Serikat ada dua jenis berdasarkan jenis program dan institusi di mana pelajar internasional terdaftar. 

Visa F1 

Visa ini adalah jenis visa yang paling umum digunakan untuk keperluan akademis pelajar asing di Amerika. Kamu memerlukan jenis visa ini jika kamu terdaftar pada program belajar dengan durasi lebih dari 18 jam per minggu di institusi pendidikan seperti perguruan tinggi, sekolah menengah swasta atau program bahasa Inggris. 

Visa M-1

Jika kunjunganmu ke Amerika Serikat adalah untuk keperluan penelitian non-akademis atau pelatihan di lembaga AS, maka kamu akan membutuhkan visa M-1.

Persyaratan Visa Amerika 

visa amerika

Sumber: Freepik

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu serahkan sebagai persyaratan visa Amerika Serikat:

1. Permohonan Elektronik Visa Non-imigran secara online, Formulir DS-160
2.
Paspor dengan masa berlaku setidaknya enam bulan dari periode tinggal di Amerika Serikat
3. 1 lembar foto dengan ukuran 2″x2″ (5cmx5cm)
4. Tanda terima pembayaran proses permohonan visa sejumlah $160,00 yang dibayarkan dalam mata uang rupiah
5. Formulir I-20 yang disetujui oleh institusi pendidikan AS di mana kamu terdaftar

Selain itu, kamu juga harus melampirkan dokumen-dokumen pendukung pada saat wawancara. Dokumen-dokumen tersebut akan jadi bahan pertimbangan seperti situasi keluarga, dan rencana jangka panjang dan pendek kamu sebagai pemohon. Berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu kamu lampirkan:

1. Menunjukkan kemampuan finansial, sosial, hubungan keluarga di luar negeri yang akan memastikan kamu kembali begitu program studi selesai.
2.
Bukti kuat bahwa kamu memiliki akses dana yang cukup untuk biaya studi dan hidup selama tinggal di AS.
3. Laporan bank asli atau buku tabungan.
4. Jika finansial kamu didukung oleh orang lain, kamu perlu menunjukkan bukti yang menunjukkan hubungan dengan orang tersebut, formulir pajak asli, buku tabungan atau sertifikat deposito dari pihak tersebut.
5. Dokumen akademik yang berhubungan dengan pendidikan seperti transkrip nilai, sertifikat EBTA (level A, dll), nilai tes (SAT, TOEFL), dan ijazah.

Beberapa Ketentuan yang Harus Diperhatikan

visa usa

Sumber: Freepik

Pelajar dengan visa F-1 dan M-1 dapat kehilangan statusnya jika tidak melanjutkan studi dalam jangka waktu 5 bulan. Hal ini juga berlaku jika kamu mengajukan cuti dalam jangka waktu yang lama atau keluar negeri, kecuali untuk keperluan yang berhubungan dengan studi. Oleh karena itu, kamu sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan visa pelajarmu agar tidak mengalami kesulitan dalam mengurus pengajuan kembali di kemudian hari. 

Persiapkan Persyaratan Visa Amerika untuk Keperluan Studimu!

Pengurusan visa adalah hal yang paling krusial dari keberangkatan studimu di Amerika Serikat. Tidak sedikit pelajar yang mengalami kesulitan dalam pengurusannya dan mendapat penolakan. Penolakan visa umumnya terjadi karena bukti kesanggupan finansial, atau kurang lengkapnya dokumen yang dibutuhkan. Oleh karena itu, agar tidak kesulitan dua kali, lebih baik kamu mempersiapkan semua persyaratan visa Amerika sejak awal. 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!