5 Tips Mengisi Kegiatan #DiRumahAja
31 Maret 2020
tips belajar online
4 Tips Belajar Online untuk Mengisi Waktu
1 April 2020

Rekomendasi Platform Online Learning

platform online learning

Sumber: Freepik

Penyebaran virus korona di Indonesia semakin mengkhawatirkan karena kian bertambah dalam jumlah yang signifikan dari hari ke hari. Sejak pertengahan Maret lalu, pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk membatasi interaksi sosial guna mencegah penularan virus. Oleh sebab itu, sekolah-sekolah dan universitas mulai diliburkan bahkan Ujian Nasional (UN) pun akhirnya ditiadakan. Meski demikian, sebagai generasi penerus bangsa, pendidikan harus tetap kamu lanjutkan, salah satunya melalui platform online learning.  

Kamu sudah tahu belum bahwa ada banyak sekali platform online learning yang dapat kamu akses selama #diRumahAja. Berikut adalah beberapa platform online learning yang dapat kamu akses baik secara gratis maupun berbayar. 

Rekomendasi Platform Online Learning

platform online learning

Sumber: Freepik

Ruangguru

Sebagaimana kamu ketahui, ruangguru adalah adalah satu platform online learning yang cukup terkenal di Indonesia. Sejak berkembangnya isu korona di Indonesia, Ruangguru memberikan sekolah online gratis yang bersifat live teaching di mana pembelajaran berlangsung jarak jauh secara langsung dari pukul 08.00-12.00. Program Sekolah Online Ruangguru ini berlaku untuk pelajar di Indonesia mulai dari kelas 5 SD hingga kelas 12 SMA baik jurusan IPA maupun IPS. 

Selain live teaching, Ruangguru juga menyediakan fitur live chat yang memungkinkan kamu untuk berdiskusi. Ada pula fitur bank soal yang dapat kamu akses untuk menambah wawasan mengenai soal-soal ujian. Selain itu ada pula Online Tryout yang juga dapat diakses secara gratis. Jika kamu ketinggalan satu sesi pembelajaran online, kamu juga dapat menyaksikannya setelah sesi berlangsung. 

Zenius

Platform online learning selanjutnya adalah Zenius, yang juga telah menggratiskan akses video online learningnya. Meskipun tidak menyediakan live teaching, Zenius menyediakan video pembelajaran yang jumlahnya mencapai 80.000 video secara keseluruhan. Semua siswa dalam usia wajib belajar dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA bisa diakses secara gratis.  Video tersebut dibuat dalam format whiteboard yang diklaim lebih hemat kuota internet. 

Selain video pembelajaran, Zenius juga menyediakan Online Tryout dan juga menyediakan latihan soal dan video pembahasan soal-soal ujian nasional. 

Quipper

Platform yang satu ini menyediakan berbagai pilihan pembelajaran mulai dari materi dari video mengenai materi pelajaran dan juga mengerjakan latihan. Menariknya lagi, kamu bahkan bisa mengunduh ringkasan materi. Materi pembelajaran yang tersedia di Quipper dinilai paling sesuai dengan kurikulum nasional yaitu 2006, 2013 dan 2013 revisi. 

Selain itu, Quipper juga bisa menjadi media untuk mempertemukan guru dan murid melalui Quipper School. Hanya saja, platform ini hanya menyediakan materi untuk siswa tingkat SMP dan SMA. 

Rumah Pintar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau kemdikbud juga memiliki platform online learning yang disebut Rumah Belajar. Fitur andalah Rumah Belajar adalah Kelas Digital yang memfasilitasi prose sbelajar mengajar digital oleh guru dan murid. Tersedia pula akses materi-materi pembelajaran dalam format video, animasi, simulasi, evaluasi bahkan permainan. Selain itu, ada bank soal serta laboratorium maya. 

SUN Education Mobile App

SUN Education menyediakan informasi mengenai studi ke luar negeri mulai dari info universitas, program studi, beasiswa serta update terbaru mengenai pendidikan di luar negeri. Selain belajar, kamu bisa mulai merencanakan studimu dan mencari informasinya lewat aplikasi ini. Kamu juga bisa mengikuti simulasi tes bakat serta tes bahasa Inggris GRATIS serta berbagai diskon menarik. Informasi kursus bahasa Inggris hingga jadwal tesnya juga ada di SUN Education Mobile App. 

Aplikasi SUN Education sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di AppStore maupun PlayStore. 

Ikat kepalamu dan bersiap lanjutkan studi!

platform online learning

Sumber: Freepik

Saat ini pembelajaran dengan sistem online learning adalah solusi untuk tetap melanjutkan pendidikan di tengah wabah covid-19. Berbagai institusi pendidikan di dalam dan luar negeri juga segera beradaptasi dan mulai mengalihkan kelas-kelas mereka menjadi kelas online. Oleh karena itu, daripada membuang waktu tanpa melakukan apapun, kamu lebih baik tetap melanjutkan pelajaran sekolah dan mulai merencanakan kelanjutan studimu ke depannya. Tetap produktif dan selalu jaga kesehatan ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!