Alasan studi di Kanada
Alasan Kenapa Kanada Wajib Dipertimbangkan Sebagai Destinasi Studi
31 Oktober 2019
Info Penting untuk Orangtua
6 November 2019

Preparation Checklist

Belajar di luar negeri merupakan kesempatan menarik dan pengalaman berharga dalam hidup. Namun, sebelum memutuskan negara mana yang menjadi tujuan studi, rencanakan dan persiapkan dengan matang untuk hal-hal penting berikut ini:

1. Lokasi
– Buat prioritas negara mana saja yang menarik bagimu.
– Tentukan kota-kota yang ingin ditinggali beserta kampusnya. Cari tahu bagaimana kehidupan akademik, budaya lokal, sistem pendidikan, akomodasi, visa, dan perkiraan pengeluaran selama di sana.

2. Kualitas
– Pertimbangkan berbagai indikator universitas pilihanmu. Mulai dari teaching quality, kualifikasi pengajar, kredibilitas, achievement kampus, maupun research output yang dihasilkan oleh universitas tersebut.
– Cari tahu peringkat kampus tersebut melalui beberapa sumber independen seperti Times Higher Education Times Higher Education atau QS University Ranking. Perlu diingat, kampus yang berperingkat tinggi belum tentu cocok untuk semua pelajar. Kamu tetap harus mempertimbangkan apakah kampus tersebut benar-benar cocok dengan minat dan karaktermu.

Sumber: Freepik

3. Hal Finansial
Hidup di luar negeri dengan perbedaan nilai mata uang memungkinkanmu mengeluarkan biaya yang bisa mencapai 3 hingga 5 kali lipat lebih besar ketimbang di Indonesia. Maka dari itu, penting bagimu untuk:
– Mencari tahu informasi mengenai total tuition fee, sistem pembayaran (apa bisa dibayarkan secara langsung untuk periode 1 tahun atau bisa per semester), hingga biaya aplikasi maupun deposit.
– Menyiapkan bukti keuangan dalam jumlah minimal setara tuition fee dan total biaya hidup selama 1 tahun. Bukti keuangan bisa berasal dari tabungan pribadi, orangtua, maupun sponsor beasiswa (perusahaan ataupun pemerintah).

4. Dokumen Penting
– Wajib persiapkan dokumen akademik dan identitas pribadi seperti paspor, kartu keluarga, dan akte lahir. Dokumen penting tersebut akan digunakan untuk memproses pendaftaran ke institusi dan visa ke negara tujuan.
– Jangan lupa untuk membawa dokumen asli ataupun salinannya yang sudah dilegalisir oleh notaris maupun penerjemah tersumpah. Dokumen tersebut akan diminta oleh pihak sekolah dan imigrasi untuk verifikasi saat pelajar sudah tiba di negara tujuan.

5. Syarat Penerimaan
Nilai akademis dan bahasa Inggris adalah syarat penerimaan utama studi di institusi luar negeri.  Setiap universitas biasanya menentukan nilai akademis tertentu, seperti:
– Raport dengan nilai minimal 7 atau IPK di atas 3.
– Untuk bahasa inggris jenjang undergraduate, universitas menentukan hasil IELTS™ minimal 5,5 ataupun TOEFL®, minimal 60. Sementara untuk jenjang postgraduate, universitas menerapkan standar IELTS™ 6,5 dan TOEFL® minimal 90.
– Ada pula beberapa negara yang membutuhkan nilai SAT®, GMAT®, GRE® dan penyetaraan kualifikasi profesi.

6. Berbicara Dengan Orang Lain
Ketika kamu merasa jenuh dengan segala pesiapan teknis tersebut, cara terbaik untuk mengatasinya adalah sharing dengan orang lain. Namun, pastikan untuk:
– Tidak terpengaruh dengan pendapat orang lain yang belum tentu sesuai
dengan kebutuhanmu.
– Komunikasikan segala kesulitan maupun hambatan dengan orangtua yang tentu dapat memahami dan memberi masukan berharga untukmu.

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pembimbing di sekolah atau, jika berkenan, kamu dapat menghubungi konselor SUN Education untuk mendapat bimbingan, masukan, dan pencerahan. Yang tidak kalah penting, lakukan persiapan tersebut setahun lebih awal. Lakukan riset dan pertimbangkan dengan matang segala risikonya, demi meraih masa depan yang gemilang.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!