Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin
Aneka Syarat Jadi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin
9 Mei 2022
8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis
8 Syarat Masuk Jurusan Administrasi Bisnis
11 Mei 2022

Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?

jurusan sosiologi

Jurusan sosiologi adalah salah satu jurusan yang nggak punya jalur karir pasti setelah lulus nanti. Ini mungkin terdengar menakutkan buat kamu yang berencana memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya. 

Ada tapinya nih! Dengan mengambil kuliah jurusan sosiologi, kamu sebenernya akan punya fleksibilitas dalam berkarir! Kamu bisa membawa karirmu ke banyak arah yang berbeda.

Beberapa jurusan sosiologi bisa aja lanjut kerja jadi sosiolog atau memperoleh gelar master, doktor, atau bahkan lanjut ke gelar hukum. Ini semua karena apa yang dipelajari mahasiswa sebagai sarjana di bidang ini udah relevan dengan begitu banyak pekerjaan dan industri, mulai dari bisnis, kesehatan, hingga pendidikan.

Kenapa Perlu Belajar Sosiologi?

Mahasiswa jurusan sosiologi mempelajari perilaku manusia, interaksi sosial, dan struktur dan kelompok sosial yang membentuk masyarakat. Dalam proses belajar ini, mereka akan mengembangkan apa yang dikenal sebagai soft skill yang menurut situs Balance Careers, sangat berkaitan erat dengan pembentukan pola pikir.

Lulusan jurusan psikologi biasanya memiliki keterampilan interpersonal yang tinggi dan pemahaman tentang dinamika sosial. Hal ini karena banyaknya kurikulum yang melibatkan kerja kelompok dan pembelajaran tentang konteks dan budaya yang berbeda

 

BACA JUGA: Top 6 Pilihan Karir Bagi Lulusan Luar Negeri

 

Jurusan ini akan membantumu dapat keterampilan komunikasi tertulis dan verbal. Kamu juga bisa belajar cara menggunakan metode penelitian, serta mengumpulkan dan menganalisa data kualitatif & kuantitatif.

Walaupun banyak dari keterampilan yang lebih teknis ini mempersiapkanmu untuk berkarir di bidang sosiologi, tapi mengetahui cara meneliti, menulis, dan menyajikan informasi juga penting lho dalam banyak pekerjaan lainnya. Dengan belajar sosiologi, kamu akan tau cara membaca dan mengolah informasi, memecahkan masalah, serta melihat gambaran yang lebih besar dari hal-hal yang lagi kamu kerjakan.

Buat tau lebih lanjut soal prospek karir jurusan sosiologi, baca terus ya!

Opsi Karir Jurusan Sosiologi

 

1. Learning and Development Specialist

jurusan sosiologi

 

Prospek kerja jurusan sosiologi yang pertama adalah learning & development specialist yang merancang dan memimpin program untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan di perusahaan di berbagai bidang industri.

Pekerjaan ini identik dengan pelaksanaan survei dan wawancara dengan karyawan atau manajer untuk menilai kebutuhan pelatihan apa yang dibutuhkan. Selain itu, jika memilih jalur karir ini, kamu akan in charge untuk memfasilitasi berbagai jenis pelatihan untuk karyawan.

Skill berpikir dan berkomunikasi secara analitis sangat penting untuk pekerjaan ini, maka dari itu mahasiswa sosiologi cocok karena memiliki pemahaman tentang cara kerja organisasi.

 

2. Koordinator Human Resources

jurusan sosiologi

 

Human resources atau profesional HR mengelola isu yang mempengaruhi tenaga kerja dalam suatu organisasi, termasuk rekrutmen, kompensasi, tunjangan, pelatihan, hingga keselamatan tempat kerja.

Dalam peran HR, kamu akan menjawab pertanyaan mengenai topik penting dalam perusahaan seperti tunjangan, penggajian, dan kebijakan esensial lainnya. 

Koordinator HR seringkali cocok untuk lulusan jurusan sosiologi karena mereka mengembangkan keterampilan interpersonal dan komunikasi yang kuat, serta pemahaman mendalam soal dinamika sosial di dunia kerja.

 

3. Paralegal

 

Paralegal adalah seseorang yang mempunyai keterampilan hukum, tetapi bukan pengacara dan bekerja di bawah bimbingan seorang pengacara. Pada dasarnya, paralegal membantu pengacara mempersiapkan sidang, persidangan, dan pertemuan penting lainnya dengan mengumpulkan bukti & fakta, menyiapkan dokumen hukum, serta melakukan penelitian tentang UU yang relevan dengan suatu kasus.

Nah karir ini cocok banget buat jurusan sosiologi karena mahasiswa jurusan ini tau betul gimana cara mengumpulkan dan menafsirkan informasi dengan benar. Karena akan ada banyak dokumen dan kerja tim yang terlibat juga, jadi keterampilan komunikasi verbal dan tertulis pun dinilai penting.

Lebih lanjut, kalo kamu berencana ambil jalur karir ini, sebagai paralegal nantinya kamu bisa berspesialisasi dalam bidang hukum tertentu kayak hukum pidana, real estate, keluarga, atau bahkan imigrasi. Karir ini juga bisa jadi batu loncatan buat mereka yang mempertimbangkan untuk lanjut ke sekolah hukum lho!

 

4. Market Research Analyst

 

Market research analyst atau analis riset pasar membantu perusahaan memahami produk dan layanan apa yang diinginkan target konsumen mereka, konsumen mana yang bersedia membelinya, dan harga yang masuk akal. Pekerjaan ini dilakukan dengan mengevaluasi data yang dikumpulkan mengenai perilaku konsumen melalui wawancara, kuesioner, focus group, survei pasar, hingga public opinion polls untuk memprediksi tren yang akan datang.

Karir ini juga pastinya cocok buat lulusan jurusan sosiologi yang berpengalaman dalam melakukan berbagai metode penelitian dan analisis statistik.

 

BACA JUGA: Pilihan Tepat untuk Siswa yang Ingin Berkarir Internasional

 

5. Spesialis Humas

 

Public relations specialist atau spesialis humas bertanggung jawab untuk mengelola komunikasi eksternal dan citra publik organisasi. Hal ini termasuk membuat siaran pers, menanggapi permintaan media, menulis dan menyampaikan pidato, dan masih banyak lagi.

Spesialis humas kadang disebut sebagai spesialis komunikasi atau media, sementara dalam bidang pemerintahan, pekerjaan ini lebih dikenal dengan nama public information officers atau sekretaris pers.

Kenapa spesialis humas bisa jadi salah satu opsi karir jurusan sosiologi? Soalnya kemampuan untuk menyajikan informasi dan menyampaikannya secara efektif juga termasuk dari salah satu hal yang dipelajari di jurusan sosiologi. Pemahaman lulusan jurusan sosiologi tentang masyarakat dan perilaku manusia juga bisa membantu menyusun pesan yang efektif.

 

6. Konselor Sekolah

 

Konselor sekolah membantu siswa menavigasi karir akademis mereka dan mendukung perkembangan sosial mereka. Tanggung jawab dalam pekerjaan ini tergantung pada kelompok usia para siswa. 

Misalnya, untuk siswa sekolah dasar, konselor dapat bertemu dengan orang tua atau wali untuk mendiskusikan kemajuan, tantangan, dan kebutuhan perkembangan anak mereka; di sekolah menengah, konselor membantu mempersiapkan siswa untuk transisi mereka ke sekolah menengah; dan di sekolah menengah, konselor menasehati siswa dalam membuat rencana setelah lulus.

Nah, karena mahasiswa sosiologi menganalisis semua aspek masyarakat dan banyak masalah, mereka memenuhi syarat untuk menjadi agen perubahan di komunitas mereka. Salah satu cara untuk membuat perbedaan dalam masyarakat adalah dengan bekerja dengan anak-anak dan menangani masalah dalam pendidikan.

Itu dia beberapa prospek karir yang bisa kamu jalani setelah lulus dengan gelar dari jurusan sosiologi. Pilihannya bener-bener beragam kan! Terbukti kalo kamu memilih ambil jurusan ini, pastinya kamu bakal punya fleksibilitas tinggi saat masuk dunia kerja.

Masih kepo soal banyak hal mengenai kuliah, terutama studi di luar negeri? Semua yang kamu cari ada di SUN E-Guide Book! Akses E-Guide Book ini secara GRATIS kapanpun dan dari gadget mana pun. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan