University of Waterloo Mengembangkan Radar yang Dapat Memantau Tanda Vital
9 Mei 2019
INTO Students All Over the World
10 Mei 2019

Yang Menarik dari Ramadan di Berbagai Negara

ramadan

Ramadan adalah bulan suci yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Indonesia sendiri memiliki banyak tradisi unik dalam menyambut datangnya bulan suci ini. Mulai dari bebersih diri, doa bersama, hingga saling bermaafan. Secara keseluruhan, Ramadan di Indonesia identik dengan berburu takjilan, buka puasa bersama, serta tarawih berjamaah.

Sama halnya dengan di Indonesia, beberapa negara dari berbagai wilayah benua ini memiliki tradisi yang tidak kalah menariknya.

1. Tiongkok

ramadan in china

Sumber: youlinmagazine.com

Kashgar atau Kashi adalah sebuah kota di bagian barat Tiongkok yang merupakan tempat tinggal bagi umat muslim yang merupakan minoritas di negara tersebut. Pada masa lalu, umat muslim di sini terpengaruh langsung oleh kerajaan Roma, Persia, Mongolia, dan Cina.

Meski merupakan minoritas, masyarakat di sini memiliki tradisi unik yang disebut Muqam. Dalam tradisi ini, masyarakat muslim menyambut Ramadan dengan tarian dan nyanyian. Selain itu, bulan Ramadan dijadikan ajang untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi bagi warga masyarakatnya.

2. Swedia

Tidak seperti di negara-negara Eropa pada umumnya, Islam merupakan agama yang cukup diakui di Swedia. Sejarah mengisahkan bahwa sekitar abad ke-18, Swedia pernah bersekutu dengan Kesultanan Utsmaniyah. Hal ini membuat Islam bukan lagi merupakan hal baru di negara tersebut. Masyarakat Swedia sangat toleran dan cenderung menghargai ibadah yang dilakukan umat muslim di sana, termasuk ibadah puasa. Di negara ini umat muslim saling mengunjungi dan memberi selamat dalam rangka menyambut bulan Ramadan.

3. Mesir

Sumber: pinterest

Sama halnya dengan Indonesia, Islam merupakan agama mayoritas di Mesir yang membuat Ramadan terasa semarak. Tradisi yang unik dalam rangka menyambut Ramadan di negara ini adalah menghiasi rumah dan jalan di sepanjang kota dengan lentera yang disebut fanoos. Pada awal Ramadan, anak-anak yang berkeliling membawa lentera sambil menyanyikan lagu “wahawi ya wahawi”.

4. USA

potluck in USA

Sumber: latimes.com

Sebagai minoritas, umat muslim di USA biasanya berkumpul di masjid pada bulan Ramadan untuk melakukan potluck iftar. Dalam tradisi ini, setiap orang yang datang ke masjid dianjurkan membawa makanan untuk dimakan bersama-sama. Selain itu, ada pula yang mengundang para tetangga ke rumah mereka untuk makan besar di saat berbuka puasa.

5. Singapura

ramadan in singapore

Sumber: trover.com

Singapura merupakan negara Asia yang multietnik dengan penduduk muslim sekitar empat belas persen. Meski demikian, suasana Ramadan di Singapura tetap terasa dengan tersedianya berbagai tempat yang menjual menu takjil. Keseruan Ramadan di negara ini berpusat di Masjid Sultan dimana yang setiap tahunnya menjadi tempat berdagang bagi para penjual takjil. Beraneka makanan ringan tersedia di sini dengan harga yang relatif murah.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!