skripsi di luar negeri
Skripsi di Luar Negeri, Seperti Apakah?
9 Februari 2020
universitas bisnis terbaik di dunia
Rekomendasi Universitas Bisnis Terbaik di Dunia Asal Inggris
11 Februari 2020

10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

jurusan kuliah yang menjanjikan

jurusan kuliah yang menjanjikan

Setiap tahun, baik di dalam  dunia industri maupun pendidikan, selalu terjadi pembaruan dan penyesuaian. Oleh sebab itu, muncul jurusan kuliah yang mudah dan menjanjikan di bidang-bidang baru yang lebih menjanjikan prospek kerja di masa mendatang. Kira-kira jurusan kuliah yang menjanjikan untuk kamu yang akan kuliah tahun ini apa saja ya?

Tidak Berbeda Jauh dengan Tahun Sebelumnya

Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk tahun 2020, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun 2019. Hampir seluruh jurusan bidang teknik masih memiliki prospek kerja yang baik untuk 5 tahun ke depan. Selain itu, beberapa jurusan yang perlu mulai dilihat karena memiliki kaitan yang erat dengan perkembangan teknologi serta bisnis dan ekonomi baik secara nasional maupun internasional seperti data science

10 Jurusan yang Menjanjikan Prospek Kerja Sesuai Kebutuhan Industri Terbaru

jurusan kuliah yang menjanjikan

Sumber: Freepik

Sepuluh jurusan berikut ini diperkirakan memiliki prospek kerja yang baik dalam beberapa tahun ke depan. Hal tersebut disebabkan oleh kesesuaiannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan industri. Apa saja jurusan-jurusan tersebut?

Baca Juga : Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Actuarial Sciences

Actuarial Sciences atau ilmu aktuarial mungkin belum terlalu familiar di Indonesia. Belum banyak universitas di tanah air yang menawarkan pilihan jurusan ini, baik negeri maupun swasta. Meski demikian, jurusan ini disebut-sebut memiliki peluang kerja yang menjanjikan mengingat semakin berkembangnya bidang bisnis seperti asuransi di Indonesia. 

Jurusan aktuarial adalah mempelajari pengelolaan risiko keuangan di masa mendatang. Aktuarial mengkombinasikan matematika, peluang, statistika, keuangan dan program komputer. Dengan ilmu ini, seorang aktuarial bisa menghitung dan mengelola risiko keuangan untuk berbagai jenis keperluan dan industri. 

Saat ini, seorang aktuaris adalah profesi yang cukup bergengsi dengan gaji yang juga tinggi di luar negeri. Kamu dapat memanfaatkan belum familiarnya jurusan ini serta belum banyaknya aktuaris di Indonesia. Caranya adalah mengambil jurusan ini untuk studi lanjutanmu di tingkat sarjana maupun pascasarjana. 

Computer Sciences and Information Technology

Kedua bidang ini saling berkaitan satu sama lain dalam kemajuan bidang teknologi. Beberapa bidang dalam ilmu komputer bahkan sudah dikembangkan menjadi satu program jurusan khusus di beberapa tempat. Bidang-bidang tersebut memiliki potensi yang besar di masa mendatang seperti desain program, desain sistem, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). 

Tidak berbeda dengan ilmu komputer, teknologi informasi juga akan selalu dibutuhkan dalam bidang industri hingga bertahun-tahun mendatang. Banyak program yang menawarkan jurusan ini dalam bidang dan cakupan yang umum dengan konsentrasi pada bidang tertentu. Beberapa konsentrasi dalam teknologi informasi antara lain manajemen informasi, sistem informasi, dan lain-lain. 

Cyber Security

Secara umum, cyber security adalah salah satu bagian dari information technology, hanya saja belakangan banyak universitas yang membuka program khusus untuk cyber security. Hal tersebut memiliki kaitan erat dengan semakin dibutuhkannya tenaga ahli yang secara khusus dipersiapkan untuk menghadapi ancaman di dunia maya. Berkembangnya bisnis dan ekonomi dan semakin bergantungnya kedua bidang tersebut pada internet adalah hal yang melatarbelakangi tingginya kebutuhan tersebut. 

Baca Juga : Pengalaman Berharga Saat Kuliah di Luar Negeri

Semakin bergantungnya perkembangan bisnis dan ekonomi pada internet, ancaman bahaya dari kejahatan siber (cyber crime) suka semakin besar. Kehilangan data di internet bisa menimbulkan kerugian besar baik bagi individu maupun korporasi, belum lagi potensi penyerangan seperti peretasan (hacking). Oleh karena itu, diperlukan “pertahanan” untuk melindungi keamanan transaksi di dunia maya yaitu dengan cyber security. 

Mechatronics Engineering and Robotics

Secara umum, semua bidang teknik masih memiliki prospek yang besar untuk beberapa tahun ke depan. Baik itu elektronika, mesin, perminyakan, nuklir, kimia, sipil, industri akan selalu membutuhkan banyak tenaga ahli untuk keperluan pembangunan ekonomi dan industri. Hanya saja, beberapa jurusan teknik akan mendapat perhatian lebih karena menawarkan hal “baru” seperti robotika. 

Teknik mekatronika adalah perpaduan antara teknik mesin dan elektronika yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan robot, sehingga sangat terkait dengan robotika. Sementara itu bidang robotika semakin dikembangkan karena beberapa hal, robot dipercaya dapat dimanfaatkan untuk membantu bahkan menggantikan pekerjaan manusia. 

Healthcare

Tenaga kerja di bidang kesehatan akan terus dibutuhkan seiring dengan selalu bertambah dan berkembangnya populasi. Hal ini sama pentingnya dengan fasilitas dan teknologi yang membuat manusia hidup lebih sehat dan lebih lama. Meski dibantu kecanggihan teknologi dan alat-alat kesehatan pun, dokter, perawat serta apoteker akan tetap memiliki peran penting yang akan selalu dibutuhkan. 

Data Sciences

Sebagai elemen utama revolusi industri 4.0 data adalah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang dalam teknologi informasi. Ilmu data mempelajari bagaimana data berada di tengah-tengah bisnis, matematika/statistika, serta teknologi informasi. Misalnya, untuk meningkatkan keuntungan, sebuah perusahaan akan menganalisa data pengguna mereka melalui perangkat lunak. Di sinilah pentingnya peran ahli data baik itu sebagai data analis, konsultan, ahli teknologi database dan sebagainya. 

Bioinformatics and Biomedical Engineering

Perkembangan teknologi juga akan menyentuh ranah kesehatan dan biologi. Bidang ini membutuhkan orang dengan keahlian gabungan dari bidang biologi dan teknologi sebagai kunci dari produk-produk teknologi bidang kesehatan. Akan banyak tenaga ahli dibutuhkan untuk membuat inovasi di bidang-bidang tersebut sehingga lulusan bioinformatika dan biomedis akan sangat dicari.

Jika kamu mengambil jurusan di bidang ini, kamu akan mempelajari kombinasi dari ilmu biologi, kesehatan, serta ilmu dasar dari ilmu teknik dan ilmu komputer.  

Business

Hampir segala hal yang dibuat dan akan dibuat di dunia ini berkaitan dengan bisnis, namun seiring berjalannya waktu beberapa hal dan cara membutuhkan pembaruan. Untuk itu, ilmu bisnis tidak akan pernah habis dan selesai untuk dipelajari dan dikembangkan. Jurusan ilmu bisnis akan mengajarkanmu bagaimana membangun dan menjalankan sebuah bisnis dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat akan sesuatu. 

Bidang-bidang terkait bisnis lainnya yang dapat kamu pelajari di antaranya adalah manajemen dan keuangan. 

Baca Juga : Rekomendasi Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2020

Tourism and Hospitality

Seiring semakin meningkatkan peningkatan taraf hidup, kebutuhan akan hiburan dan liburan juga akan meningkat. Hal ini mendorong orang-orang untuk mengunjungi daerah lain untuk tujuan wisata dan hiburan. Dengan demikian, kebutuhan akan orang-orang yang handal dalam bidang pariwisata dan hospitality juga akan meningkat. Jika kamu mempelajari dan mendalami kedua bidang ini, kamu memiliki peluang yang besar untuk karirmu ke depannya. 

Architecture and Construction Management

Bidang yang satu ini juga memiliki kaitan yang erat dengan populasi manusia. Semakin berkembangnya manusia kebutuhan akan hunian serta fasilitas terkait konstruksi lainnya juga akan meningkat. Selain itu, kendala-kendala baru terkait lahan serta kondisi alam juga akan membutuhkan pembaruan dan pengembangan di bidang ini. Selain itu, bidang ini ini menawarkan peluang yang besar bagi lulusannya untuk dapat bekerja dan berkembang sesuai dengan bidangnya. 

Tentukan Jurusan Pilihanmu

tips memilih jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Dengan demikian, selain harus memikirkan faktor ketertarikan serta kemampuan dalam memilih jurusan, kamu juga perlu mempertimbangkan prospek karir dari jurusan tersebut. Kamu harus banyak mencari informasi dan berdiskusi dengan banyak orang seperti orang tua, guru pembimbing serta teman-teman. Selain itu kamu juga dapat mendiskusikannya dengan konselor SUN Education. Kunjungi kantor cabang SUN Education terdekat dan konsultasikan kebutuhan studi ke luar negerimu ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!