Monash University akan Melebarkan Sayap Hingga ke Indonesia
13 Februari 2020
sun english
What is Test Preparation?
14 Februari 2020

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA 2020

jurusan kuliah untuk anak ipa

jurusan kuliah untuk anak ipa

Sejak diberlakukannya Kurikulum 2013, pelajar tingkat SMA di Indonesia sudah harus menentukan ingin masuk IPA atau IPS sejak awal. Pelajar harus sudah memiliki gambaran tentang bidang apa yang mereka ingin pelajari setelah lulus. Sebagaimana kita ketahui, ilmu yang dipelajari di tingkat SMA tersebut akan menjadi dasar untuk pendalaman ilmu di tingkat selanjutnya. Jika kamu sudah memilih jurusan IPA selama SMA, kamu hanya perlu mencari tahu jurusan kuliah untuk anak IPA. 

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA 2020

Jika kamu mengambil jurusan IPA, bidang apakah yang tertarik untuk kamu dalami? 

Sebagian besar anak IPA menginginkan bidang teknik atau bidang kesehatan untuk mereka pelajari di bangku kuliah. Kedua bidang tersebut memang memiliki prospek kerja yang jelas serta peluang yang cukup besar. Namun, seiring berjalannya waktu ada beberapa jurusan yang memiliki peluang lebih besar untuk didalami dan dikembangkan karena menawarkan peluang pekerjaan yang baru. Sementara ada pula jurusan yang masih tetap dan akan selalu dibutuhkan di masa mendatang. 

Jurusan-jurusan teknik dan kesehatan masih sangat pantas untuk kamu pertimbangkan karena peluang kerjanya. Meski demikian, 5 jurusan berikut adalah jurusan baru dan spesifik yang juga memiliki peluang besar untuk karir di masa mendatang. Baca penjelasannya ya!

Baca Juga : Macam-macam Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Di Masa Depan

1. Data Sciences

data science

Sumber: Freepik

Tahukah kamu bahwa data sciences merupakan bidang yang sedang “naik daun” saat ini? Bidang ini dinilai memiliki potensi yang besar seiring dengan semakin bergantungnya pihak industri pada data-data. Tenaga ahli di bidang data science masih terbilang jarang, sementara perkembangan teknologi industri terus membutuhkan data scientist. Profesi ini bahkan memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata karyawan lain di bidang teknologi informasi. 

Jurusan ini akan cocok bagi kamu yang ingin mempelajari teknologi informasi, terutama jika kamu juga jago matematika dan tertarik dengan dunia bisnis. 

2. Cyber Security

jurusan kuliah untuk anak ipa

Sumber: Freepik

Sebagian dari kamu mungkin belum pernah mendengar tentang jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA yang satu ini. Cyber security mempelajari tentang keamanan internet, melindungi data yang tersimpan di dalamnya bebas dari ancaman pencurian dan sebagainya. Jurusan ini pada dasarnya merupakan bagian konsentrasi dari teknologi informasi, hanya saja beberapa universitas sudah membuka program ini secara khusus, misalnya saja Oregon State University. 

Baca Juga : 5 Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Jika kamu sebelumnya ingin mengambil jurusan teknologi informasi atau ilmu komputer, kenapa tidak buat studimu lebih spesifik dengan cyber security?

3. Mechatronical Engineering

mechatronical engineering

Sumber: Freepik

Teknik mekatronika merupakan gabungan dari teknik elektro dan teknik mesin. Termasuk di dalamnya dasar-dasar elektronik, mesin, ilmu komputer, sistem, telekomunikasi, kontrol dan lain-lain. Teknik Mekatronika sendiri adalah dasar dalam pembuatan robot, sehingga memiliki kaitan yang erat dengan robotika. Robotika sendiri sedang gencar-gencarnya dikembangkan untuk berbagai keperluan. Banyak yang berpendapat bahwa dalam beberapa hal, robot diperkirakan dapat menggantikan pekerjaan manusia. 

Teknik Mekatronika cocok orang-orang yang tertarik untuk selalu dan mengembangkan sesuatu dan berinovasi di bidang teknik. Saat ini teknik mekatronika merupakan salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang mulai banyak dilirik dibandingkan teknik mekanik, teknik elektronika atau teknik informatika saja. 

4. Biomedical Engineering

biomedical engineering

Sumber: Freepik

Jika sains dan teknologi berkembang, maka dunia kesehatan juga akan berkembang. Bidang ini mengajarkan penerapan prinsip-prinsip teknik dan konsep desain ke dalam bidang kesehatan dan biologi untuk kepentingan layanan kesehatan. Biomedical engineering mempersiapkan lulusannya untuk dapat mengembangkan teknologi untuk digunakan dalam dunia kesehatan. 

Kamu menyukai ilmu teknik dan tertarik untuk menerapkannya dalam bidang kesehatan, ini adalah jurusan yang tepat buatmu!

5. Nuclear Engineering

nuclear engineering

Sumber: Freepik

Seperti yang sebelumnya disebutkan, jurusan teknik secara umum memang masih sangat layak untuk dijadikan pilihan. Namun, teknik nuklir merupakan teknik yang tidak biasa dan masih cukup jarang ditemui terutama di Indonesia. Jurusan ini akan mempelajari tentang inti atom dan prinsip-prinsip fisika nuklir. Bidang ini akan mulai banyak mendapat perhatian karena pemanfaatannya dalam berbagai bidang. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Jurusan teknik nuklir cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan perhitungan. 

Siap untuk mempelajari bidang yang spesifik baru?

5 rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA di atas mungkin terdengar asing karena masih jarang ditawarkan di perguruan tinggi tanah air. Namun, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membutuhkan jurusan-jurusan yang spesifik seperti 5 jurusan tersebut. Selain itu, bagi kamu yang tertantang untuk mempelajari hal-hal baru dan berbeda, 5 jurusan di atas harus pertimbangkan! 

Segera hubungi SUN Education jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri dan mendalami bidang-bidang tersebut ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!