Deretan Fakta Ini Membuktikan Keunggulan Selandia Baru Sebagai Destinasi Studi
13 Juni 2019
Alumni VFS: Menyandang Peran Dibalik Suksesnya Serial TV Game of Thrones
14 Juni 2019

Ribuan Cahaya di Kampung Kuantan Fireflies Park

Kapan terakhir kali kamu melihat kunang-kunang?

Indonesia memiliki banyak daerah yang seharusnya cocok sebagai habitat kunang-kunang. Meski demikian, saat ini kunang-kunang seolah langka dan sulit ditemukan bahkan di daerah pedesaan sekalipun. Jika kamu lahir dan tinggal di daerah perkotaan, tidak aneh jika kamu belum pernah melihat hewan ini secara langsung di sekitar tempat tinggalmu.

Kunang-kunang adalah serangga dalam famili lampyridae dalam ordo kumbang coleoptra. Hewan ini dapat di temukan di daerah empat musim maupun daerah tropis di seluruh dunia. Sebagian besar spesiesnya hidup di wilayah hutan lembab atau rawa-rawa yang menyediakan banyak makanan untuk larvanya.

selangor fireflies

Sumber: istock

Gambar di atas menunjukkan pemandangan yang barangkali hanya pernah kamu lihat dalam sebuah foto atau film. Hal tersebut pasti akan membuatmu mengira-ngira apakah ada tempat dimana hal tersebut bisa kamu lihat secara langsung di dunia nyata. Jika kamu berada di Malaysia, Kampung Kuantan Fireflies Park adalah tempat yang harus kamu kunjungi untuk mendapatkan jawabannya.

Kampung Kuantan Fireflies Park adalah salah satu tempat wisata alam dimana pengujung bisa menyaksikan ribuan kunang-kunang secara langsung. Pengunjung akan melihat hutan bakau habitat kunang-kunang di sepanjang Selangor River dengan menggunakan sampan. Penggunaan sampan dalam wisata ini dianggap eco-friendly karena mengurangi polusi udara, air dan suara yang akan mengganggu habitat hewan tersebut.

selangor fireflies

Sumber: str2.com

Kunang-kunang di Kampung Kuantan ini disebut-sebut sebagai salah satu koloni kunang-kunang yang terbesar di dunia. Cahaya kelap-kelip yang ditimbulkan koloni ini tidak lain merupakan ajakan kawin dari para pejantan untuk para betina. Pertunjukan kelap-kelip cahaya itu akan dapat dinikmati saat bulan cerah, dan maksimal hanya sampai pukul delapan malam, karena setelahnya biasanya para kunang-kunang telah menemukan pasangan dan berhenti bercahaya.

Terletak di Kuala Selangor, Kampung Kuantan Fireflies Park berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Kuala Lumpur. Di lokasi wisata disewakan sampan dengan kapasitas maksimal empat orang seharga 50 Ringgit atau sekitar 175.000 Rupiah. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat ini, disarankan untuk mendaftar paket perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya karena ada banyak sekali wisatawan yang berkeinginan untuk berkunjung ke tempat ini.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!