Kuliah di Belgia vs Belanda: Beda atau Sama Berkualitasnya?
23 November 2020
Siap Wujudkan ‘Life Goals’ Kamu? Ini Cara Lengkap Mendaftar Kuliah di Luar Negeri!
25 November 2020

Tips untuk S3 Lebih Cepat dan Biaya Lebih Murah

kuliah s3 cepat dan murah

Photo by Chichi Onyekanne on Unsplash

Normalnya, pendidikan tinggi untuk jenjang S1 berdurasi 4 tahun, jenjang S2 adalah 2 tahun, dan S3 berdurasi sekitar 3-7 tahun. Namun, beberapa negara di dunia memiliki program gelar yang jauh lebih singkat, yaitu 3 tahun untuk S1, 1 tahun untuk S2 dan, 3-4 tahun untuk S3. Perbedaan ini tentunya juga relatif berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan untuk studi. 

Jika di jenjang S1 dan S2 kamu mungkin mendengar istilah fast-track di mana gelar S1 dan S2 dapat dilakukan sekaligus sehingga memangkas waktu studi. Sementara jika kamu ingin kuliah S3 lebih cepat, caranya adalah mencari program yang dapat ditempuh dalam waktu singkat. Jika kamu ingin melanjutkan kuliah S3 ke luar negeri, pastikan negara yang kamu tuju menyediakan program S3 yang tidak berdurasi lebih dari 5 tahun. 

Pendidikan S3

kulia

Photo by Arlington Research on Unsplash

Pada jenjang pendidikan S1, studimu akan lebih ke pengetahuan yang luas dalam bidang yang kamu fokuskan. Kemudian kamu akan diminta menulis karya tulis berupa skripsi untuk menguji pemahamanmu terhadap hal yang sudah kamu pelajari. Sementara untuk mendapatkan gelar S2, kamu harus memiliki ketertarikan pada suatu isu atau masalah tertentu yang nantinya akan kamu teliti dan tulisannya harus diterbitkan. 

Sementara itu, perkuliahan pada tingkat S3 sama sekali berbeda dengan dua jenjang sebelumnya. Proses ini adalah proses jangka panjang sekitar 3-7 tahun yang sebagian besarnya akan kamu habiskan dengan melakukan penelitian. Hasil dari penelitian yang dijadikan persyaratan lulus S3 harusnya benar-benar memberi manfaat bagi ilmu pengetahuan dan dapat dijadikan referensi akademik. 

Biaya Kuliah S3

biaya kuliah s3

Photo by Arlington Research on Unsplash

Jika dibandingkan dengan dua jenjang pendidikan sebelumnya yaitu S1 dan S2, biaya kuliah S3 akan terasa lebih mahal. Hal ini karena kamu tidak hanya memahami pembelajaran di kelas, namun juga harus melakukan penelitian. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang membutuhkan beasiswa untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang ini. Kesempatan beasiswa yang tersedia umumnya membutuhkan kualifikasi yang tinggi untuk dapat diterima. 

Tips untuk dapat kuliah S3 lebih murah dan dengan durasi lebih cepat

s3 cepat

Photo by CDC on Unsplash

Rata-rata kuliah S3 membutuhkan waktu sedikitnya 3 tahun dan di beberapa negara bahkan bisa mencapai 7 tahun. Berikut adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk memangkas durasi dan biaya agar bisa kuliah S3 dengan cepat dan murah. 

  1. Pastikan kamu telah menyelesaikan pendidikan S2, hal ini akan mempermudah studi dan mempersingkat kursus yang harus kamu ambil nantinya. 
  2. Pilih program S3 yang memang dirancang untuk selesai dalam waktu dekat, misalnya sekitar 3-4 tahun saja. 
  3. Penting untuk mempersiapkan dengan matang hal yang akan kamu teliti sejak awal kamu berencana ingin melanjutkan studi ke jenjang S3. 
  4. Pilih negara yang menawarkan program S3 dengan biaya rendah (atau gratis), biasanya dengan fokus yang tinggi terhadap penelitian tertentu. 

Ingin lanjut studi S3 ke luar negeri?

kuliah s3 luar negeri

Photo by Scott Graham on Unsplash

Banyak universitas di luar negeri yang menawarkan program dengan waktu yang relatif singkat jika dibandingkan dengan program S3 di dalam negeri. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan S3 di luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.