Biru Bahari Kepulauan Perhentian di Malaysia
11 Juli 2019
Tak Hanya Menarik, Prospek Studi ‘Cybersecurity’ Juga Dicari di Singapura
22 Juli 2019

Salah Satu Proyek Horizon 2020 ini Dipimpin oleh University College Dublin

Kampus-pilihan-pertama di Irlandia ini memimpin salah satu proyek besar yang ada dalam program penelitian dan inovasi terbesar di Uni Eropa. Seperti apakah proyek tersebut?

Sumber: University College Dublin

University College Dublin (UCD) merupakan salah satu universitas riset terkemuka di Eropa. Memiliki komitmen terhadap inovasi dan kewirausahaan, UCD peduli akan pentingnya kolaborasi aktif untuk memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan mutakhir. Dilansir dari portal berita UCD (7/3/19), mereka baru-baru saja memimpin salah satu proyek Horizon 2020 dalam mengatasi dampak iklim terhadap keamanan pangan.

Sumber: University College Dublin

Proyek senilai €2.1 ini ditujukan untuk melatih para peneliti dalam mengevaluasi dampak perubahan iklim terhadap keamanan pangan. Profesor Enda Cummins dari Biosistem dan Rekayasa Pangan UCD adalah Penyelidik Utama Jaringan Pelatihan PROTECT. PROTECT, yang didanai oleh Marie Sklodowska-Curie Actions memang dirancang untuk berbagi praktik dan mengajarkan para peneliti. Hal tersebut bertujuan agar peniliti memahami berbagai alat pemodelan prediktif dalam mempelajari dampak perubahan iklim terhadap keamanan pangan.

“Ketika populasi di seluruh dunia terus meningkat dan adanya ketidakpastian dari dampak perubahan iklim, terlihat tekanan pada suplai makanan yang rentan,”. Profesor Cummins pun mengatakan bahwa peningkatan suhu dan variasi curah hujan, dapat menghasilkan peningkatan kerentanan isu pangan tersebut.

Sumber: Jan FM Van Impe – @janfmV (Twitter)

Pada pertemuan perdana PROTECT, Komisaris Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Uni Eropa meyakini bahwa proyek ini sangat relevan untuk masa depan ketahanan pangan Eropa. Tak ketinggalan, Profesor Cummins juga mengatakan bahwa Jaringan Pelatihan PROTECT akan memberikan “pengetahuan berbasis ilmiah yang sehat”. Pengetahuan tersebut, nantinya berguna bagi opsi manajemen dan keputusan terkait ancaman keamanan pangan baru serta yang muncul karena perubahan iklim.

“Peralatannya berfokus pada perubahan tingkat reaksi kimia dan populasi mikroba serta menilai bagaimana tingkatannya akan berubah dibawah tekanan perubahan iklim.” Profesor Cummins juga berharap agar pengetahuan yang didapatkan melalui jaringan tersebut menjadi langkah penting menuju manajamen suplai pangan yang lebih baik kedepannya.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!