jurusan kuliah yang santai dan mudah
7 Jurusan Kuliah Paling Santai dan Mudah
11 Desember 2022
double degree
Apakah Program Double Degree Itu Worth It? Simak Syarat Mengikuti Serta Manfaatnya Yuk
12 Desember 2022

Sejarah Korea Selatan Dan Fakta Unik Bernilai Historis Negeri Ginseng

Sejarah Korea Selatan

Sejarah Korea Selatan sekarang ini lagi banyak di cari karena tren K-Pop yang lagi melejit. Negara ini udah pasti populer atas budaya dan tentunya kualitas pendidikan tinggi yang nggak kaleng-kaleng. Tapi di balik itu semua ternyata selain kaya akan sejarah, Korea Selatan pun banyak fakta uniknya lho! Mau tau apa aja? Yuk terus baca artikel ini!

Negeri Kpop ini sendiri terdiri dari wilayah yang memiliki cerita dan sejarah sampai fakta yang unik penuh nilai budaya. Negeri Gingseng kini dipandang sebagai negara berkembang yang membuka diri bagi dunia. Korsel menjadi salah satu tujuan wisata paling populer karena kuliner, hingga budaya yang unik dengan nilai historis.

Sejarah Singkat Korea Selatan Dan Korea Utara

Film Sejarah Korea selatan

 

Setelah dua ribu tahun menjadi negara dengan berbagai kerajaan independen yang punya ikatan kuat dengan China, Korea dianeksasi oleh Jepang pada 1910. Sejak saat itu Sejarah Korea Selatan dalam prosesnya selalu terkait oleh sistem yang demokratis dan otokratis secara bergantian. 

Kala itu Jepang menguasai Korea sebagai koloni sampai 1945, ketika mereka menyerah kepada pasukan Sekutu di akhir Perang Dunia II. Waktu itu sebenarnya Syngman Rhee, membentuk Komite Persiapan untuk Pendirian Negara Korea tepatnya saat 13 Agustus namun secara resmi di deklarasikan jadi tanggal 15 agustus.

Sejarah Konflik Korea Selatan Dan Utara

Sejarah konflik kedua negara korea selatan dan utara ini sangat panjang dan berakhir perang saudara. Namun semua itu dimulai karena penjajahan yang di lakukan oleh Jepang.

Saat Jepang mundur, pasukan Soviet menduduki wilayah utara Korea dan pasukan Amerika Serikat memasuki semenanjung selatan. Kemudian pada 1948, pembagian Semenanjung Korea menjadi Korea Utara yang komunis dan Korea Selatan yang kapitalis diformalkan. Garis lintang paralel ke-38 berfungsi sebagai garis pemisah.

Korea menjadi pion dalam berkembangnya Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet. Hal ini berakibat perbedaan paham antar pemimpin yaitu Syngman rhee(Blok kanan) dengan Kim Il Sung (Blok Kiri). Sejarah mencatat pada akhirnya 9 September 1948, Korea Utara memisahkan diri menjadi Republik Demokratik Korea Utara. 

Setelah pemisahan diri, terlihat ketidakeimbangan antara wilayah utara dan selatan dari segi militer dan finansial. Karena hal tersebut meletuslah perang saudara antar korea utara dengan selatan yang terjadi pada tahun 1950-1953. Perang saudara antara korea selatan dan korea utara ini disebabkan oleh saling mengklaim wilayah yurisdiksi di semenanjung Korea.

Sejarah konflik kelam ini menelan kurang lebih 2,5 juta jiwa baik itu dari pihak militer maupun masyarakat awam. Akhirnya perang saudara ini berakhir dengan negosiasi perdamaian antara korea Utara dan Selatan.

Kedua negara ini sepakat untuk menandatangani Korean Armistice Agreement (Perjanjian Gencatan Senjata Korea) pada Juli di tahun 1953. Begitulah secara singkat sejarah korea selatan dan korea utara terjadi.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022 Qatar Udah Tau Fakta Menariknya?

Sejarah Hari Kemerdekaan Korea Selatan

Kepo soal Sejarah hari kemerdekaan Korea Selatan? Dirgahayu di korsel, yang juga dikenal sebagai National Liberation Day yang jatuh pada 15 Agustus setiap tahunnya. Di hari ini mereka juga memperingati jasa para pahlawan Korea Selatan yang berkontribusi bagi kemerdekaan.

Sejarah Hari kemerdekaan Korea Selatan sendiri dikenal sebagai “Gwangbokjeol“, yang diterjemahkan menjadi “membawa kembali cahaya”. Nama ini mewakili akhir dari kegelapan kekuasaan Jepang atas Korea Selatan.

Gwangbokjeol adalah salah satu dari sedikit hari libur nasional yang sama dengan Korea Utara, yang juga memperingati Hari Kemerdekaan mereka pada tanggal 15 Agustus. Liburan ini dirayakan dengan perayaan, upacara, dan parade di seluruh negeri.

Setelah itu, sejarah Korea Selatan berlanjut dengan terjadinya perang Korea yang berlangsung pada 1950 antara Korsel dan Korut. Kalo kamu masih kepo soal sejarah korea selatan, banyak banget lho film yang membahas Korsel di masa lalu yang bisa kamu tonton! 

Seperti yang udah dijelaskan di atas, kalo kamu mau tau lebih banyak soal sejarah Korea Selatan dan pahlawan Korea Selatan, udah banyak banget film yang menceritakan kisah mereka. Salah satu yang terkenal dan bisa kamu tonton adalah film biografi “A Resistance”.

BACA JUGA: Biaya Hidup di Korea Selatan untuk Mahasiswa Indonesia 2022

Fakta Unik Dengan Nilai Sejarah Di Korea Selatan

hari kemerdekaan korea selatan

 

Setelah tau sejarah Korea Selatan, yuk move on ke pembahasan yang lebih ringan! Sebagai calon mahasiswa yang mau kuliah di korsel, pastinya mau dong lebih kenal dengan budayanya?

1. Umum Tanya Golongan Darah

Salah satu fakta umum adalah orang Korsel menganggap golongan darah itu penting. Dijamin setiap orang Korea Selatan pasti tau deh golongan darah mereka! Menurut mereka, golongan darah ada hubungannya dengan karakteristik dan kepribadian. Hal ini juga merupakan bagian dari sejarah korea selatan yang orang percayai sejak zaman perang dunia ke II. 

BACA JUGA: Cek di Sini! Rekomendasi 4 Negara Destinasi Studi di G20

2. Umur Satu Tahun Sejak Lahir

Fakta unik lainnya adalah saat orang Korea Selatan lahir, mereka secara otomatis berusia satu tahun. Artinya, mereka akan menganggap bayi yang baru lahir berusia satu tahun. Kenapa? Soalnya mereka menilai bayi sudah berada di dalam rahim ibu selama sembilan bulan, yaitu sekitar satu tahun lamanya.

BACA JUGA: 5 Fakta Wajib Militer Korea Selatan yang Akan Dijalani BTS

3. Peminum Terbesar di Asia

Banyak yang nggak tau kalo Korea Selatan adalah negara peminum alkohol terbesar di Asia lho! Mereka punya budaya minum yang kuat dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.

Berminat Untuk Kuliah Ke Korea Selatan?

Gimana? Setelah tau sejarah Korea Selatan, rekomendasi film bahkan tau pahlawan Korea Selatan, pasti kamu makin pingin kuliah dan belajar di Korea Selatan kan!

Eits tunggu dulu! Sebelum cabut ke Korea Selatan, jangan lupa bekali diri dengan informasi studi luar negeri terlengkap. Baca semuanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun! Kamu juga bisa terus update info terbaru study abroad dengan download SUN Education Mobile App via PlayStore ataupun Apple Store.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan