SUNEnglish_SeminarBandung
Seminar Sun English Bandung
15 November 2021
Jika kamu kuliah di University of Nottingham Malaysia, ada 5 rekomendasi cafe buat chill setelah lelah berkuliah.
Kuliah di University of Nottingham Malaysia, Ini 5 Rekomendasi Cafe Buat Chill Setelah Kuliah
17 November 2021

Selain Subject Tests, Apa Aja Bentuk Tes SAT Lainnya?

sat subject tests

Source: Unsplash

Calon mahasiswa asing! Sudah tau belum soal SAT? Perguruan tinggi internasional umumnya menggunakan SAT sebagai faktor penerimaan saat mengevaluasi aplikasimu. Salah satu bentuk tes SAT yang paling dikenal adalah SAT Subject Tests atau juga biasa disebut SAT Essay.

SAT Subject Tests dirancang untuk mengukur pengetahuan di bidang tertentu seperti biologi, sejarah, bahasa Prancis, atau matematika. Banyak perguruan tinggi membutuhkan SAT sebagai bagian dari aplikasi yang lengkap.

Secara sederhana, SAT Subject Tests dapat dilihat sebagai informasi penerimaan yang membantu memberikan gambaran lengkap tentang siapa kamu dan apa saja minatmu.

Sementara itu secara umum, banyak perguruan tinggi dan universitas dalam proses penerimaan mahasiswa baru mereka memakai SAT sebagai tes standar. Tes ini bertujuan mengukur kesiapan siswa SMA untuk kuliah. 

Sudah Tau Soal Penghapusan SAT Subject Test Belum?

Nah, tapi kamu udah tau belum sih, ternyata dewan yang menyelenggarakan tes SAT, College Board, sudah menghapus SAT Subject Tests sejak awal 2021!

Pada 19 Januari 2021, College Board mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menyelenggarakan SAT Subject Tests. Ini adalah perubahan besar dalam dunia pengujian standar dan menimbulkan banyak pertanyaan.

Keputusan ini berarti kamu sebagai pelajar internasional hanya memiliki dua kesempatan lagi untuk mengikuti jenis tes tersebut. Dua tanggal tes terakhir ini adalah 8 Mei dan 5 Juni 2021. Maka dari itu, kini SAT Subject Tests sudah tidak lagi ditawarkan secara internasional.

Mereka yang saat itu sudah mendaftar untuk mengikuti SAT Subject Tests akan dibatalkan pendaftarannya dan mendapatkan refund secara penuh. 

Format SAT Test Lainnya

Walaupun SAT Subject Test sudah dihapus, masih ada format tes SAT lainnya yang bisa kamu ambil! SAT sendiri akan berjalan selama 3 jam dan terdiri dari empat bagian yakni Reading, Writing, Math (dengan kalkulator), dan Math (tanpa kalkulator).

Dalam Reading dan Writing, kamu akan menemukan soal-soal yang berkaitan dengan kata-kata yang relevan dalam konteks tertentu serta ada bagian command of evidence. Sementara itu, kamu juga akan ketemu soal-soal mengenai expression of ideas dan konvensi bahasa Inggris standar di Writing.

Terkait bagian command of evidence, untuk setiap bagian dalam Reading, setidaknya satu pertanyaan akan memintamu untuk mengidentifikasi bagian mana dari teks yang paling mendukung jawaban untuk pertanyaan sebelumnya. Writing pun berfokus pada command of evidence yang akan memintamu menganalisis serangkaian kalimat atau paragraf dan memutuskan apakah itu masuk akal.

Sementara itu, bagian Math akan membahas soal aljabar dan pemecahan masalah serta analisis data.

Reading akan berlangsung selama 65 menit dengan 52 soal, Writing akan berlangsung selama 35 menit dengan 44 soal, Math (dengan kalkulator) selama 55 menit dengan 38 soal, sementara Math (tanpa kalkulator) berlangsung selama 25 menit dengan 20 pertanyaan.

Persiapan Simple

sat subject tests

Source: Unsplash

Setelah kenalan sama tes SAT dan mengetahui bentuk lain selain SAT Subject Tests, kini kamu perlu tau cara-cara persiapan simple yang bisa memberikanmu dorongan ekstra saat hari-H ujian!

1. Watch What You Eat!

Source: Unsplash

Ini ada hubungannya dengan tes SAT-mu! Kalau kamu makan makanan yang terlalu berminyak, kamu akan menghadapi konsekuensinya. Kamu pastinya nggak mau tiba-tiba sakit perut dong pas lagi mengerjakan soal? Maka dari itu, coba makan malam dan sarapan yang ringan yang tidak akan memicu sakit perut saat hari kamu harus menghadapi tes SAT.

Menjalankan ujian dengan keadaan perut nggak enak pasti akan mengurangi kemampuan fokusmu secara drastis. Bawa juga camilan cepat dan mudah kamu makan seperti granola bar atau air minum saat lapar.

2. Tarik Napas, Buang Napas

Source: Unsplash

Setelah menjernihkan pikiran, kamu harus ingat untuk jangan panik ketika menghadapi soal-soal yang sulit. Cara mudah untuk menenangkan diri adalah dengan fokus pada pernapasanmu. Coba ambil 30 detik untuk menenangkan diri dan kembali fokus.

3. Duduk Tegak!

Fun fact: Duduk tegak diketahui dapat menangkal efek negatif stres! Kalau kamu biasa duduk bungkuk, hal ini harus menjadi kebiasaan, tetapi latihan itu dapat memiliki efek mendalam!

Gimana? Sudah tau kan sekarang soal penghapusan SAT Subject Tests serta format-format tes SAT lainnya? Jangan lupa bahwa persiapan tes SAT juga bisa dilakukan di SUN English! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan