International_ExpoAgustus2022
SUN International Education Expo 2022
6 Juli 2022
IELTS_Essentials
Promo IELTS Essentials 2022
6 Juli 2022

Skill Wajib Lulusan Gelar Sarjana Teknik Industri, Harus Kamu Kuasai!

Memimpin projek

Bagi sebagian orang, bisa melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana teknik industri menjadi impian. Sebab, begitu tinggi permintaan dari berbagai perusahaan untuk merekrut lulusan sarjana teknik, terutama teknik industri. Mulai dari industri ritel, logistik dan pergudangan, konsultan, hingga manufaktur.

Selain bekerja di bidang industri, lulusan teknik industri juga memiliki peluang yang besar untuk bisa masuk ke perusahaan bergengsi dan multinasional. Karena, mereka dianggap mampu membuat strategi untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksi sebuah perusahaan. Nantinya, optimalisasi itu dapat berujung pada peningkatan penjualan dan persentase keuntungan.

Sekilas tentang Teknik Industri

Sebelum berbicara lebih jauh, mari kita lihat apa saja sih kerjaan dan tanggung jawab seorang dengan gelar sarjana teknik industri. Sebagai lulusan teknik industri, kamu menjadi andalan perusahaan untuk membangun sebuah sistem di divisi yang kamu geluti. Sistem ini nantinya akan mampu meningkatkan efisien di setiap proses produksi, hingga produk jualan tersebut sampai pada pelanggan.

Dalam membangun sebuah sistem, sebagai seorang sarjana teknik industri kamu akan bekerjasama di sebuah tim dalam memadukan proses survey, ujicoba, produksi, distribusi, hingga proses peningkatan kualitas berdasarkan pengalaman pelanggan. Kamu juga harus bisa memadukan antara manusia dengan proses kerja komputer atau mesin, agar tercipta harmonisasi.

Dalam membangun sistem tersebut, selain berusaha untuk meningkatkan efisiensi produksi dan berorientasi pada hasil, kamu juga harus mempertimbangkan aspek keselamatan para pekerja, kualitas produk yang sesuai standar, hingga bagaimana produk mampu didistribusikan ke pelanggan dengan selamat.

BACA JUGA: Baca ini Buat Tau Kesulitan Jurusan Teknik Sipil dan Cara Atasinya!

Skill Wajib Seorang Sarjana Teknik Industri

 

Pertama, kemampuan matematika.

Melalui berbagai rumus matematika, seperti prinsip kalkulus dan trigonometri, seseorang dengan kemampuan matematika yang baik, mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis dan sistematis. Kedua hal tersebut vital bagi seorang sarjana teknik industri yang akan bekerja membangun sebuah sistem. 

 

Kedua, mampu berpikir secara konseptual.

gelar sarjana teknik industri

Sebuah sistem bekerja berdasarkan konsep yang matang. Apa yang sudah tertuang dalam konsep harus berjalan sesuai apa yang tertulis. Tantangannya, kamu harus mampu membuat sebuah konsep perencanaan yang matang dan melakukan presentasi ke setiap lapisan di dalam perusahaan. Mulai dari investor, direksi, kerabat satu tim, hingga orang yang berada di luar divisi atau perusahaan kamu.

 

Selanjutnya kemampuan berpikir kritis.

Dalam membangun sebuah sistem, kamu harus berangkat dari masalah yang timbul dari sistem sebelumnya. Apakah ada masalah di sektor produksi, distribusi, atau kurangnya harmonisasi antara mesin dengan sentuhan manusia. Di sinilah kemampuan berpikir kritis kamu akan diuji agar mampu membereskan masalah tersebut. 

 

Tambahkan kemampuan memecahkan masalah.

gelar sarjana teknik industri

Setelah mampu menemukan masalah dalam sistem, kamu harus mampu memperbaiki atau bahkan membangun sistem baru dari awal. Di sinilah kemampuan problem solving seorang sarjana teknik industri dapat membantu. Berangkat dari masalah yang kamu pecahkan sebelumnya, ditambah kemampuan memecahkan masalah, kamu bisa membangun sistem tersebut agar berjalan efektif dan efisien.

 

Berikutnya, visioner dan berorientasi pada hasil.

Tujuan dari sistem yang kamu bangun adalah dapat berjalan dengan efisien, tanpa mengorbankan kualitas produk dan memastikan keselamatan pekerja. Makanya, dari awal kamu membangun sistem, kamu harus sudah mampu membayangkan seperti apa sistem tersebut akan berjalan di kemudian hari dan memberikan hasil terbaik. 

 

Terakhir, kemampuan bekerjasama dalam tim.

gelar sarjana teknik industri

Sebaik apapun kemampuan lainnya, kamu tetap harus mengutamakan kemampuan bekerjasama dalam tim untuk membangun sistem. Di sini kamu akan berada dalam sebuah tim konseptor, yang tidak berada langsung di lapangan. Nantinya, yang akan menentukan sistem tersebut berjalan efektif dan efisien adalah para orang benar-benar bekerja di lapangan. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik antar tim tersebut, serta memberikan rasa empati dalam merasakan masalah yang dihadapi oleh masing-masing individu antar tim.

gelar sarjana teknik industri

Hal yang Kamu Pelajari di Perkuliahan Teknik Industri 

Untuk bisa lulus perkuliahan membutuhkan waktu 4 tahun atau 8 semester untuk meraih gelar sarjana teknik industri. Selama perkuliahan berlangsung, proses pengajaran berlangsung dengan memadukan teori dan praktik secara langsung, agar para mahasiswa mampu mengaplikasikan teori secara tepat dan maksimal.

Sebagai gambaran, kamu akan mendapatkan mata kuliah berikut ini. Mulai dari Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Pengendalian dan Penjaminan Mutu, Analisis dan Perancangan Perusahaan, Supply Chain Management, Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Kerja, dan lain sebagainya.

Untuk melengkapi keahlian seorang mahasiswa teknik industri, kamu juga dapat kesempatan untuk mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman komputer, seperti ilmu kecerdasan buatan, pemrograman data berdasarkan data historis, simulasi dan optimasi pelayanan yang terkomputerisasi, dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: 5 Hal yang Identik dengan Kehidupan Mahasiswa Arsitektur!

Pilihan Karir Lulusan Gelar Sarjana Teknik Industri

Setelah mengetahui skill wajib dan pelajaran yang akan kamu pelajari, kamu pasti penasaran seperti apa peluang karir lulusan dari seorang sarjana teknik industri. Sebagai seorang yang bekerja untuk membangun sebuah sistem, seluruh perusahaan selalu membutuhkan seorang teknik industri. Nah, berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih.

 

1. Industri manufaktur

gelar sarjana teknik industri

Industri manufaktur merupakan salah satu industri paling kompleks karena melibatkan banyak divisi dari berbagai lapisan karyawan. Di sini kamu akan ditantang untuk membangun sistem mulai dari bagian produksi hingga distribusi produk. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut sudah memiliki cabang di berbagai daerah, nasional maupun internasional.

Kamu bisa menjabat di bagian Quality Control untuk menjamin kualitas produk sesuai standar, Product Analyst untuk membangun konsep sebuah produk yang akan diperlukan masyarakat,, hingga membangun sistem Supply Chain Management untuk memastikan proses distribusi produk berjalan lancar. 

 

2. Pengembangan aplikasi

Saat ini, begitu banyak perusahaan dan startup berbasis teknologi dan aplikasi yang lahir, namun hanya beberapa yang bertahan hingga sekarang. Alasannya, karena mereka mampu membuat produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Di sinilah kamu sebagai lulusan gelar sarjana teknik industri harus mampu mengembangkan produk terbaik.

Salah satu divisi yang bisa kamu pilih di antaranya Project Manager. Di sini kamu akan banyak berhubungan dengan tim lainnya, mulai dari tim Bisnis, tim Marketing, hingga tim IT. Di sini kamu akan membangun sebuah konsep produk yang sesuai berdasarkan diskusi dari berbagai divisi. 

 

3. Industri keuangan dan perbankan

Berada dalam sebuah industri keuangan artinya produk kamu akan terlibat oleh banyak pengguna dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari ibu rumah tangga, orang tua, hingga kebutuhan kredit para pebisnis. Itu mengapa produk yang kamu kembangkan harus mampu menjangkau calon pengguna kamu. 

 

4. Wirausaha

Jika kamu merasa sudah banyak pengalaman di bidang professional, dengan menggeluti berbagai bidang industri, tidak ada salahnya kamu membuka bisnis sendiri untuk memberi pengajaran, pengalaman, atau bahkan jasa konsultasi kepada perusahaan baru yang sedang berkembang.

Kamu bisa membangun kantor konsultan kecil bersama temanmu, membuka jasa webinar seputar membangun bisnis, hingga menjadi content creator yang fokus membagikan konten seputar manajemen sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan.

 

Di era teknologi ini, kebutuhan lulusan gelar sarjana teknik industri terus meningkat. Artinya, ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan dan memilih jurusan kuliah selanjutnya. Nah, begitu banyak kampus di luar negeri yang menyediakan program teknik industri nih! Jika kamu bingung menentukan pilihannya, langsung aja konsultasikan dengan tim SUN Education. Selain informatif, kamu tidak dipungut biaya alias GRATIS!

Selain itu, cek juga  SUN E-Guide Book untuk mengetahui serba serbi seputar pilihan universitas di luar negeri. Kamu bisa akses e-guide book ini di mana saja dan kapan sajalangsung dari gadget kamu loh! Dan tentunya, itu semua GRATIS!
Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan