Kuliah di Shanghai Lulus di Inggris, Cuma di Sino-British College!
Kuliah di Shanghai Lulus di Inggris, Cuma di Sino-British College!
28 Oktober 2021
6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu
6 Fakta Menarik Singapura yang Wajib Kamu Tahu
29 Oktober 2021

Sudah Tahu Belum? Ini Opsi Konsesi Transportasi di Australia bagi Mahasiswa Internasional!

transportasi di australia

Source: Unsplash

Menavigasi jalan di kota baru di negara asing yang jauh dari rumah bisa menjadi salah satu kesulitanmu jika ingin studi di luar negeri. Penyesuaian menggunakan transportasi umum untuk pergi dari tempat tinggalmu ke kampus dapat membuatmu kesusahan dalam beberapa minggu pertama setelah pindah ke luar negeri. Pastinya hampir semua mahasiswa internasional telah melewati kesulitan serupa. It’s totally fine to feel nervous!
Jika kamu berencana untuk pindah dan belajar di Australia, dan merasa khawatir akan tersesat saat bepergian sehari-harinya, baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai transportasi di Australia!

Apa Itu Konsesi Mahasiswa Internasional?

Ketika kamu masuk universitas, ada banyak fasilitas yang menyertainya. Salah satunya adalah kartu konsesi siswa. Di Australia, ada banyak konsesi mahasiswa dan salah satunya adalah untuk transportasi umum. Ini berarti kamu bisa mendapatkan diskon transportasi umum selama masa studimu. 

Setiap negara bagian dan wilayah memiliki otoritas jaringan transportasi masing-masing dan mereka bertanggung jawab untuk mengelola sistem transportasi umum di negara bagian mereka. Pemerintah negara bagian dan teritori Australia memberlakukan tarif konsesi transportasi umum. Hal ini diharapkan dapat memungkinkan pelajar internasional untuk mengakses transportasi di Australia.

Walaupun siswa internasional memenuhi syarat untuk mendapatkan konsesi transportasi umum di negara bagian dan teritori tertentu, ada beberapa wilayah di mana kamu harus membayar biaya penuh saat bepergian dengan transportasi di Australia.

Pilihan transportasi yang tersedia di Australia termasuk bus, kereta api, trem, dan feri. Aksesmu terhadap layanan transportasi ini tergantung di mana kamu menetap. Selain itu, kamu juga dapat mengakses layanan mobil pribadi dan umum dari taksi hingga limusin mewah.

Sejumlah universitas besar di Australia juga memiliki sistem transportasi sendiri. Hal ini terutama berguna jika kamu harus meninggalkan kampus pada larut malam atau tinggal di daerah yang sulit dijangkau.

Biaya transportasi di Australia juga bergantung pada di mana kamu tinggal dan jenis transportasi yang akan kamu gunakan. Kamu harus cermat dan melihat situs pemerintah negara bagian atau teritori yang relevan untuk mengetahui layanan transportasi yang tersedia, jadwal, dan biaya yang terkait.

Biasanya, biaya transportasi akan berkurang setengah jika kamu menggunakan konsesi, yang merupakan keuntungan besar karena biaya perjalanan bisa jadi mahal.

Konsesi transportasi penting bagi mahasiswa internasional! Untuk itu, cek informasi di bawah ini mengenai konsesi transportasi di setiap negara bagian dan teritori, ya!

Australian Capital Territory Government (ACT)

transportasi di australia

Source: Unsplash

Pemerintah wilayah ACT, yang mencakup Canberra, memberikan konsesi transportasi kepada siswa internasional dengan menunjukkan kartu identitas siswa milikmu atau setelah kamu aplikasi permohonanmu diterima oleh MyWay Students Concession Card.

Jika memiliki kartu konsesi, kamu bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan potongan harga atau tarif gratis saat bepergian dengan transportasi di Australia, khususnya dengan bus Transport Canberra atau layanan kereta setempat.

Sebagai mahasiswa internasional, kamu akan membutuhkan kartu identitas pelajar perguruan tinggi. Kartu identitasmu harus lengkap dengan nama, tanggal lahir, foto pemegang kartu, serta status Full Time sebagai mahasiswa. Kartu pelajar ini harus dikeluarkan oleh lembaga pendidikan di Australia.

New South Wales (NSW)

Jika kamu berencana untuk kuliah di NSW, siswa internasional umumnya tidak berhak atas konsesi transportasi di wilayah tersebut. Hanya segelintir siswa internasional yang studinya sepenuhnya didanai oleh beasiswa dari pemerintah Australia mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan konsesi transportasi di Australia.

Menurut situs transportasi NSW, mahasiswa internasional yang belajar di Australia dengan  Endeavour Scholarship, Australian Awards Scholarship, atau International Postgraduate Research Scholarship juga berhak atas tarif konsesi bagi transportasi di Australia, khususnya wilayah NSW.

Kalau kamu termasuk pelajar internasional yang memenuhi syarat, kamu harus membawa bukti hak yang sah untuk bepergian dengan tarif konsesi di seluruh NSW. Kota-kota yang termasuk di NSW adalah Sydney, Newcastle, Wollongong, Griffith, dan lainnya.

Northern Territory

transportasi di australia

Source: Unsplash

Terkait transportasi di Australia bagi wilayah Northern Territory, siswa sekolah dasar, SMP, dan SMA dapat bepergian gratis dengan menunjukkan kartu siswa yang berlaku. Sementara itu, mahasiswa universitas dapat bepergian dengan bus secara tanpa batas selama tiga jam menggunakan layanan bus umum yang terjadwal. Untuk menikmati konsesi ini, kamu perlu menunjukkan kartu pelajar yang valid dan kamu hanya akan membayar $1 di hari kamu membeli kartu transport!

Untuk mendapatkan tarif konsesi, kamu hanya perlu menunjukkan kartu pelajar kepada sopir bus. Kartu pelajarmu harus memiliki fotomu, nama universitasmu, dan tanggal kedaluwarsa.

Setelah mendaftar, kamu dapat menikmati tarif konsesi dengan hanya membayar $2 untuk daily trip, $7 untuk multi-trip, dan $7 untuk weekly trip.

Queensland

Siswa internasional yang belajar di lembaga pendidikan Queensland dalam kursus yang telah mendapat approval oleh Centrelink for Austudy, Abstudy atau Youth Allowance memenuhi syarat untuk mendapatkan konsesi transportasi umum.

Tarif konsesi bagi transportasi di Australia, khususnya Queensland, berlaku bagi layanan transportasi umum TransLink, layanan bus qconnect regional, dan sejumlah layanan feri regional. Kamu hanya perlu mengajukan permohonan konsesi jika berpindah universitas atau status pendaftaranmu berubah.

South Australia

transportasi di australia

Source: Unsplash

Pemerintah South Australia memberikan konsesi transportasi bagi semua mahasiswa internasional dengan menunjukkan kartu pelajar resmi milikmu.

Victoria

Victoria memiliki sistem trem, kereta api, dan bus yang komprehensif dan sistem tiket tunggal Myki yang mudah kamu gunakan.

Mahasiswa internasional bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu konsesi jika mereka menjadi bagian dari program pertukaran luar negeri yang disetujui. Atau, jika memiliki status pengungsi atau jika memegang Australian Development Scholarship. 

Tasmania

Mahasiswa internasional yang belajar di Tasmania memenuhi syarat untuk mendapatkan konsesi transportasi di Australia yang sama dengan siswa lokal.

Western Australia

Source: Unsplash

Sementara itu, mahasiswa internasional yang belajar penuh waktu di Western Australia memenuhi syarat untuk mendapatkan konsesi transportasi umum. Transperth menyediakan layanan transportasi umum di wilayah metropolitan Perth, dengan jaringan bus, kereta api, dan feri yang terintegrasi. Artinya, hanya dengan satu tiket, kamu bisa naik bus, kereta api, atau feri apa pun. Selain itu, kamu dapat berpindah antarlayanan dalam jangka waktu tertentu.

Nah, itu dia opsi-opsi konsesi transportasi di Australia yang tentu bisa membantumu bepergian di negara tersebut!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan