negara bebas visa
Malaysia: Salah Satu Destinasi Studi Terbaik di Asia
28 Januari 2020
biaya kuliah di malaysia
Kuliah di Universitas Swasta Malaysia dengan Harga Terjangkau
30 Januari 2020

Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Kamu Persiapkan

syarat kuliah di jerman

Jerman memang memiliki daya tarik yang membuat banyak pelajar dari berbagai negara di dunia ingin melanjutkan studi di negara tersebut. Jerman memiliki latar belakang keilmuan yang kuat dan bahkan dikenal sebagai “negara para penemu”. Jika kamu adalah salah satu pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Jerman, kamu harus mengetahui syarat kuliah di Jerman terlebih dahulu. 

Syarat Kuliah di Jerman

requirements

Sama dengan negara manapun di dunia, Jerman memiliki standar dan persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk menuntut ilmu di negara tersebut. Syarat-syarat ini berlaku untuk pelajar internasional, termasuk dari Indonesia. Berikut adalah persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum melanjutkan studi di Jerman.

1. Persyaratan Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa standar yang harus dikuasai seseorang sebelum kuliah di negara manapun di luar negeri. Kemampuan bahasa Inggris ini biasanya dijadikan persyaratan masuk utama untuk mendaftar sebuah program, termasuk di Jerman. Sertifikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan umumnya adalah IELTS dengan minimal skor 6.0 atau TOEFL IBT dengan skor minimal 80. 

Baca Juga : Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya

Meski sudah banyak program yang diajarkan dalam bahasa Inggris, kamu akan tetap membutuhkan kemampuan berbahasa Jerman. Kamu akan diminta untuk memberikan sertifikasi kemampuan bahasa Jerman untuk mendaftar program gelar di Jerman. Selain untuk keperluan kuliah, kemampuan ini juga kamu gunakan sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. 

studienkolleg

2. Mengikuti Studienkolleg 

Sebelum memulai program gelar sarjana di Jerman biasanya pelajar internasional harus mengikuti studienkolleg. Program ini merupakan penyertaan kompetensi bagi pelajar internasional agar dapat mengikuti program gelar di universitas Jerman. Program ini berlangsung selama dua semester (1 tahun) dengan masa pengulangan maksimal 1 tahun. 

Di akhir periode pembelajaran, akan aka ujian kualifikasi untuk masuk perguruan tinggi dan mengambil program gelar. Kamu baru akan dapat mendaftar ke perguruan tinggi Jerman setelah kamu lulus ujian kualifikasi ini. 

3. Persyaratan Akademik

Setiap program gelar baik sarjana maupun pascasarjana memiliki persyaratan masuk yang berbeda. Perbedaan ini akan sangat variatif tergantung program dan universitas terbaik di Jerman yang akan kamu masuki. Di antara persyaratan masuk umum antara lain adalah telah memiliki sertifikasi bahasa, lulus dari satuan pendidikan sebelumnya, hingga memiliki nilai akademik yang cukup dalam bidang tertentu. 

Sebelum mendaftar, kamu harus memperhatikan baik-baik persyaratan masuk dari program yang kamu ambil sehingga kemungkinan untuk diterima menjadi lebih besar. 

syarat kuliah di Jerman

4. Pendanaan

Hal penting lainnya yang harus kamu ketahui dan persiapkan adalah soal pendanaan. Agar bisa mendapatkan visa Jerman, pihak kedutaan akan meminta kamu menunjukkan bukti bahwa kamu mampu mendanai segala biaya terkait studi dan biaya hidup. Kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki pendanaan yang cukup untuk semua hal tersebut baik secara mandiri maupun melalui beasiswa. 

Sekalipun kamu akan masuk universitas milik negara di mana tidak ada biaya kuliah di Jerman, kamu masih harus menunjukkan bukti bahwa kamu mampu membayar biaya administratif setiap semesternya. Kamu juga harus menyiapkan dana selama tinggal di Jerman yaitu sebesar setidaknya 8700 euro per tahun. Biaya lainnya adalah asuransi kesehatan dengan besaran biaya sekitar 80 euro per bulan. 

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman

5. Visa Pelajar dan Izin Tinggal

Untuk dapat tinggal di Jerman sebagai pelajar kamu harus memiliki visa pelajar yang dapat diajukan di kedutaan Jerman yang berada di Indonesia. Biasanya kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen seperti paspor, bukti penerimaan, sertifikat bahasa, bukti jaminan finansial, bukti pemesanan tiket keberangkatan, bukti keikutsertaan asuransi dan dokumen lainnya. Proses pengajuan visa ini akan memakan waktu sekitar 6 hingga 12 minggu. 

Selain itu, begitu sampai di Jerman kamu harus mengurus izin tinggal dengan mendaftarkan alamat tempat tinggal kamu. Tanpa izin ini, kamu hanya dibenarkan tinggal selama tiga bulan di Jerman meskipun kamu memiliki visa pelajar. Pengurusannya juga dibatasi dalam beberapa waktu tertentu setelah kedatangan, jika tidak, kamu akan dideportasi. 

visa

Pastikan kamu menenuhi syarat ya!

Agar dapat diterima di universitas di Jerman dan mengikuti perkuliahan kamu harus memperhatikan syarat-syarat di atas. Persyaratan akademik dari program yang ingin kamu ambil seperti minimal nilai untuk mata pelajaran tertentu juga sudah harus kamu persiapkan. Jika saat ini kamu masih duduk di bangku SMA dan sudah berencana untuk melanjutkan kuliah di Jerman, persiapkan semua mulai dari sekarang ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!